Ini Dia, 10 Film Tentang Programmer yang Wajib Kamu Tonton

Teknologi.id . May 23, 2020

Teknologi.id - Setiap programmer pasti suka melihat profesi mereka dari sudut pandang yang lain. Entah itu karena rasa bangga, ataupun untuk menjadi semacam inspirasi diri.

Sebagian besar film Hollywood menggambarkan programmer dalam gambaran yang agak muram, tetapi ada juga yang menggambarkannya dengan baik.

Tanpa basa basi, berikut ini daftar 10 film tentang programmer yang mungkin akan mencerminkanmu atau menginspirasimu.

1. Sneakers (1992)

Sneakers adalah salah satu film yang paling disukai oleh para programmer, karena ini adalah film classic action thriller yang melibatkan banyak humor. Film ini bahkan mungkin bisa dikategorikan sebagai film komedi.

Premis dari Sneakers sederhana: Sebuah tim peretas harus mencuri kotak hitam rahasia. Namun, tim peretas juga harus berurusan dengan agen NSA nakal, tuduhan pembunuhan palsu, dan banyak dilema lainnya.

Dan yang paling penting, Sneakers memiliki beberapa rentetan peretasan paling realistis yang ditampilkan di film layar lebar.

2. The Social Network (2010)

Gambar terkait

The Social Network adalah film menarik yang bercerita tentang mahasiswa Harvard dan programmer jenius Mark Zuckerberg, yang berjuang membuat Facebook, dan mengubah dunia selamanya.

Tapi, seperti yang kita ketahui, kisah pendirian Facebook penuh dengan komplikasi interpersonal dan hukum yang dramatis. The Social Network diyakini berdasarkan pada kisah nyata untuk sebagian besar aspek filmnya, meskipun Zuckerberg sendiri telah secara terbuka menyangkal aspek film dalam kehidupan nyata.

Sebagian besar coders termotivasi dari The Social Network, karena film ini menggambarkan prestasi luar biasa yang dapat dicapai hanya dengan belajar bahasa pemrograman .

3. Office Space (1999)

Gambar terkait

Office Space adalah salah satu komedi paling terkenal yang menggambarkan kehidupan fiktif dari programmer Peter Gibbons dan rekan kerjanya di perusahaan.

Gibbons membenci pekerjaannya di sebuah perusahaan peranti lunak, dan benci berurusan dengan pengawasan manajerial yang berlebihan sehari-harinya.

Untungnya, keuntungan menjadi seorang programmer telah sangat meningkat sejak masa Office Space. Tapi film ini masih mengolok-olok nasib banyak karyawan TI di masa lalu.

Baca juga: Film Hacker Terbaik Menurut Teknologi.id (Bag.1)

4. Hackers (1995)

Gambar terkait

Hackers adalah film kejahatan tahun 90-an bercerita tentang peretas remaja yang masuk ke jaringan komputer perusahaan besar, menemukan bukti adanya skema penggelapan, dan harus menyelamatkan diri sebelum ditangkap oleh polisi.

Film ini menyenangkan sekaligus menegangkan dan juga memiliki soundtrack yang hebat. Bahkan film ini mencakup beberapa aspek pemrograman yang realistis, yang seharusnya membuatmu merasa sangat bahagia.

5. WarGames (1983)

Gambar terkait

WarGames adalah film era Perang Dingin tentang seorang bocah yang meretas superkomputer militer AS.

Menurut artikel New York Times, WarGames benar-benar mempengaruhi Presiden AS Ronald Reagan untuk menyelidiki apakah peretasan yang digambarkan dalam film itu mungkin dalam kehidupan nyata. Ini akhirnya menyebabkan perubahan dalam kebijakan keamanan nasional, penciptaan ARPANET, dan internet modern seperti yang kita kenal.

Bahkan ketika membandingkan teknologi lama yang digunakan dalam film dengan teknologi modern saat ini,  WarGames adalah film memikat yang membuatmu terkagum-kagum.

6. We Are Legion: The Story of The Hacktivists (2012)

Hasil gambar untuk We Are Legion: The Story of The Hacktivists (2012)

We Are Legion adalah film dokumenter tentang keyakinan dan gerakan massal dari kelompok "hacktivist" Anonymous.

Film dokumenter ini menyoroti asal-usul Anonymous, titik balik dalam sejarah Anonymous, dan bagaimana kelompok ini bersatu saat-saat ketika kebebasan internet atau privasi pribadi terancam.

7. TPB AFK - Pirate Bay Away From Keyboard (2013)

Gambar terkait

TPB AFK adalah film dokumenter tentang kehidupan tiga pendiri The Pirate Bay,  salah satu situs file sharing terbesar di dunia, dan tentu saja yang paling terkenal.

The Pirate Bay sering dianggap sebagai kelompok kontroversial. TPB AFK adalah sebuah film dokumenter yang menyoroti isu-isu seputar kebebasan intelektual dan hukum hak cipta.

Film dokumenter ini juga memberikan wawasan luar biasa tentang cara kerja salah satu situs web yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

8. Antitrust (2001)


Antitrust adalah sebuah thriller fiktif yang melibatkan seorang programmer komputer jenius bernama Milo Hoffman yang lulus dari Stanford. Ia menerima pekerjaan dari seorang lelaki yang menggambarkan Bill Gates, dan menemukan bahwa sesuatu terlihat tidak sebagaimana mestinya.

Seperti yang terlihat di judul film, Milo Hoffman menjadi curiga terhadap kode sumber berkualitas tinggi dari produk perangkat lunak unggulan perusahaan. Ia segera menyadari bahwa mempercayai siapa pun bisa menjadi suatu kesalahan.

Baca juga: Morpheus, AI yang Mampu Membuat Film

9. American Experience: Silicon Valley (2013)

Hasil gambar untuk American Experience: Silicon Valley 2013 American Experience: Silicon Valley adalah film dokumenter tentang Shockley Semiconductor Laboratory, yang merupakan tonggak pendiri industri semikonduktor, dan memicu industri di Silicon Valley.

Dokumenter itu juga merinci kisah tentang delapan orang pengkhianat dan kelahiran komputasi seperti yang kita kenal sekarang.

10. The Matrix (1999)

Hasil gambar untuk the matrix 1999

Ini adalah film fiksi ilmiah paling terkenal sepanjang masa (selain Star Wars). The Matrix menggambarkan masa depan dystopian yang melibatkan realitas simulasi yang dibuat oleh mesin-mesin hidup.

Neo, yang merupakan programmer komputer di siang hari, dan seorang hacker pada malam hari, akhirnya menemukan kebenaran tentang realitas simulasi ini, dan memutuskan untuk berperang melawan mesin.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler