Nissan Magnite Vs KIA Sonet, Harga Mirip, Siapa Unggul?

Fabian Pratama Kusumah . January 26, 2021

Foto: IndianAuto

Teknologi.id – Nissan Magnite dan KIA Sonet memiliki harga yang cukup mirip. Nissan Magnite dibanderol dari Rp208 juta hingga Rp238 jutaan. Sedangkan KIA Sonet dihargai Rp207 juta hingga Rp303 jutaan untuk varian tertingginya.

Kedua mobil ini bergenre compact SUV, siapa yang lebih unggul dari segi dapur pacu, fitur, dan juga keiritan bahan bakar? Berikut selengkapnya

Dapur pacu

Foto: Detik

Nissan Magnite menggunakan dapur pacu 1.0 liter turbocharged. Mesin ini diklaim sanggup menghasilkan tenaga puncak 99 daya kuda dan torsi maksimum hingga 160 Nm.

Sedangkan KIA Sonet mengusung mesin 4 silinder berkapasitas 1.500 cc. Power maksimumnya mencapai 115 daya kuda pada putaran mesin 6.300 rpm, sementara torsi puncaknya mencapai 144 Nm di 4.500 rpm.

Baca juga: Mitsubishi Pajero Sport Facelift akan Dirilis di Indonesia?

Disadur dari otomotifnet, pengujian akselerasi dari 0-100 km/jam, Magnite bisa mencatatkan waktu 11,5 detik.

Angka tersebut masih lebih lambat dari KIA Sonet yang bisa mendapatkan waktu 11,4 detik dengan parameter yang sama.

Fitur

Foto: Detik

Nissan Magnite memiliki beberapa fitur interior modern di antaranya panel instrumen 7 inci TFT dengan Drive Assist Display, cruise control, hingga layar sentuh 8 inci yang dapat terhubung ke smartphone.

Magnite juga sudah dilengkapi kunci smart keyless dengan tombol Start-Stop untuk kemudahan dalam penggunaan sehari-hari.

Sedangkan untuk fitur keselamatan terdapat  beberapa fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Hydraulic Brake Assist (HBA), dan Vehicle Dynamic Control (VDC).

Selain itu dilengkapi juga dengan Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), hingga airbag ganda SRS dengan sabuk pengaman pretension dan load limiter untuk pengemudi dan penumpangnya. 

Baca juga: Suzuki XL5 Hanya Beda Tampilan dari Karimun Wagoon R?

KIA Sonet memiliki fitur interior yang tidak kalah menarik. Dikutip dari kompas, terdapat beberapa fitur mulai dari pengaturan audio dan cruise control di lingkar kemudi, tombol start-stop engine, sampai layar speedometer yang bisa menampilkan ragam informasi penting seputar kendaraan.

Terdapat juga head unit touchscreen seluas 8 inci dengan ragam koneksi dan sudah terintegrasi dengan Apple Car Play serta Android Auto.

Beberapa fitur kemanannya yaitu Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), dan Hill Start Assis Control (HAC).

Keiritan bahan bakar

Foto: Kumparan

Mengutip dari otomotifnet, Nissan Magnite mencatatkan konsumsi BBM di angka 15,6 km/l.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Sementara KIA Sonet sedikit lebih boros di angka 14,9 km/l yang sebenernya sudah terhitung irit untuk ukuran SUV compact.

Namun konsumsi BBM di rute Tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, Nissan Magnite justru lebih boros yakni 17,8 km/l dibanding KIA Sonet yang mencatat 20,4 km/l.

Kesimpulan

Foto: Times Now

Baca juga: Toyota C-HR GR Sport Dirilis, Tampil Elegan dan Tangguh

Dengan budget Rp200-300 jutaan, kedua SUV compact ini memiliki keunggulan masing-masing dan layak untuk dijadikan suatu pilihan.

Selain spesifikasi, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah layanan after sales dari masing-masing mobil agar perawatan tetap terjamin sehingga keawetan mobil tetap terjaga.

(fpk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler