Mengenal ChatGPT Vision, Bisa Apa Aja Sih?

Ahmad Naufal Tsani Azizy . October 05, 2023

Foto: Pexels/Matheus Bertelli

Teknologi.id - Kecerdasan buatan (AI) berkembang dengan cepat di era digital saat ini. ChatGPT Vision, yang dikembangkan oleh OpenAI, menawarkan kemampuan analisis gambar yang luar biasa. Dalam artikel ini, kami akan membahas ChatGPT Vision secara menyeluruh, membahas kemampuan dan keterbatasannya, dan memberikan contoh penggunaan yang baik.

Apa Itu ChatGPT Vision?

ChatGPT Vision bukanlah robot dengan kemampuan penglihatan yang sebanding dengan manusia. Sebaliknya, ChatGPT Vision adalah sebuah chatbot AI dengan kemampuan khusus dalam menganalisis gambar. Kamu bisa menganggapnya sebagai Sherlock Holmes fotografi dalam era digital.

Produk terbaru dari OpenAI ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah gambar melalui aplikasi ChatGPT di perangkat iOS atau Android. Setelah gambar diunggah, chatbot akan menganalisis gambar tersebut dan menambahkan detail visual ke dalam percakapan.

Bagaimana Menggunakan ChatGPT Vision?


Foto: Pexels/Airam Dato-on

Penggunaan ChatGPT Vision sangatlah mudah. Jika Anda adalah anggota ChatGPT Plus, ikuti langkah-langkah berikut:

Pasang aplikasi ChatGPT di smartphone iOS atau Android: Pastikan aplikasi ChatGPT terpasang di perangkat Anda dan Anda merupakan anggota ChatGPT Plus.

Unggah gambar: Kirimkan gambar yang ingin Anda analisis melalui aplikasi ChatGPT.

Percakapan: Setelah gambar diunggah, mulailah percakapan biasa menggunakan ChatGPT. Chatbot akan mempertimbangkan gambar tersebut saat merumuskan balasannya.

Baca Juga: ChatGPT Kini Dukung Perintah Suara dan Gambar

Kemampuan dan Keterbatasan ChatGPT Vision

Tentunya, ada beberapa hal yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh ChatGPT Vision, seperti halnya model dasar ChatGPT. Berikut adalah kemampuan dan keterbatasan ChatGPT Vision:

Apa yang Dapat Dilakukan oleh ChatGPT Vision

ChatGPT Vision memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan pengguna, antara lain:

  1. Mendekode Aturan yang Rumit:ChatGPT Vision dapat membantu memahami aturan parkir yang rumit, memudahkan kehidupan sehari-hari.
  2. Menerjemahkan Tulisan Tangan: ChatGPT Vision dapat membaca dan menerjemahkan catatan tulisan tangan, memberikan kehidupan pada dokumen-dokumen lama.
  3. Membuat Website dengan Mudah: Jika Anda ingin memiliki website tetapi tidak tahu cara coding, ChatGPT Vision dapat membuat website berdasarkan sketsa yang Anda berikan.
  4. Umpan Balik Artistik: Bagi pecinta seni,ChatGPT Vision dapat memberikan kritik konstruktif untuk membantu Anda mengasah keterampilan seni Anda.

Apa yang Tidak Dapat Dilakukan oleh ChatGPT Vision

Versi ChatGPT Vision saat ini (GPT-4V) menolak permintaan untuk mengidentifikasi orang-orang dalam gambar 98% dari waktu untuk melindungi privasi pengguna. Versi sebelumnya dari GPT-4V juga mengalami masalah, di mana chatbot kadang-kadang membuat asumsi tentang orang lain berdasarkan ciri-ciri fisik mereka atau memperkuat prasangka. Untuk menghindari hal ini, ChatGPT Vision saat ini menolak permintaan semacam itu 97,2% dari waktu.

Selain itu, meskipun ChatGPT Vision semakin baik dalam mengidentifikasi ujaran kebencian dan gambar yang merugikan, tetapi tidak selalu akurat, terutama saat berurusan dengan terminologi atau simbol yang tidak umum. Oleh karena itu, ChatGPT Vision bukanlah pertahanan yang sempurna terhadap setiap perilaku negatif.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang Pakai ChatGPT, Dijamin Mudah!

Maksimalkan ChatGPT Vision dengan Kreativitas

Untuk memanfaatkan ChatGPT Vision secara efektif, berikut beberapa penerapan praktis yang dapat Anda lakukan:

  1. Podcast: Ajak ChatGPT Vision untuk berpartisipasi dalam podcast Anda. Chatbot ini dapat berperan sebagai tamu fiktif, pemeriksa fakta, atau bahkan pelatih percakapan real-time.
  2. Asisten Berbasis Suara: Manfaatkan kemampuan linguistik ChatGPT untuk riset dan produksi konten dengan asisten berbasis suara. Asisten ini dapat mengumpulkan informasi, merangkum artikel, dan menulis teks sesuai dengan permintaan Anda.
  3. Deskripsi Otomatis: Gunakan ChatGPT untuk memberikan deskripsi audio bagi artikel Anda dan caption gambar yang dioptimalkan untuk mesin pencari, sehingga konten Anda dapat diakses dengan lebih mudah.
  4. Transkripsi: Biarkan ChatGPT mengubah percakapan menjadi teks tertulis dan membantu Anda mengorganisir gagasan-gagasan Anda. Berdasarkan percakapan Anda, chatbot ini bahkan dapat memberikan saran-saran baru.
  5. Kecantikan Visual: Pelajari cara meningkatkan konten visual Anda dengan wawasan dari ChatGPT. Chatbot ini dapat memberikan saran visualisasi data, gambar, atau infografis untuk membantu menjelaskan poin Anda dengan lebih jelas.
  6. Jawaban yang Disesuaikan: Unggah foto untuk mendapatkan jawaban yang disesuaikan dengan pertanyaan berbasis gambar. Fitur ini berguna dalam berbagai industri, termasuk ritel dan kesehatan.
  7. Gambar ke Kode: Sekarang, ChatGPT dapat menerjemahkan gambar halaman web menjadi kode HTML berkat kemampuan visual yang lebih baik. Ini dapat menghemat banyak waktu dalam pembuatan website.
  8. Cerita Interaktif: Gabungkan suara dan gambar untuk membuat cerita interaktif, materi instruksional, dan mungkin bahkan video game

Pada kesimpulannya, ChatGPT Vision adalah teknologi AI revolusioner yang mengubah cara kita berinteraksi dengan materi digital. Meskipun OpenAI telah mengambil langkah-langkah untuk bertanggung jawab dan melindungi privasi pengguna, penting untuk menggunakan teknologi ini dengan bijak.

Seiring dengan perkembangan teknologi ini, kita dapat mengharapkan produsen menggabungkan ChatGPT Vision ke dalam proses mereka dengan cara yang semakin kreatif, menciptakan peluang baru yang menarik di berbagai industri. Mari kita nantikan perkembangan lebih lanjut dalam bidang kecerdasan buatan!

(anta)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar