Hemat Waktu dan Lebih Seru! Begini Cara Pakai Fitur Baru YouTube 'Jump Ahead'

THOYYIB HASONANGAN S . May 14, 2024

YouTube Jump Ahead

Foto: Gamebrott

Teknologi.id - Ada kabar baru dari YouTube yang pasti bikin kalian makin betah nonton video. YouTube baru saja meluncurkan fitur baru bernama "Jump Ahead" yang didukung oleh AI, khusus buat pengguna Premium. Setelah sukses diuji coba sejak Maret, sekarang fitur ini sudah bisa kita gunakan, meski sementara hanya di Android. Yuk, kita bahas lebih lanjut!

BACA JUGA : Saingi TikTok, YouTube Hadirkan Opsi Baru Remix Musik di Shorts

Bayangin kalau kamu lagi nonton video tapi pengen langsung loncat ke bagian paling seru. Nah, "Jump Ahead" ini jawabannya! Fitur ini memungkinkan kita untuk melewati bagian-bagian yang kurang menarik dan langsung menuju ke bagian paling seru, berdasarkan prediksi AI dan data tontonan pengguna. Fitur ini bakal sangat berguna buat kamu yang suka skip-skip bagian nggak penting dan langsung pengen ke intinya.

Cara menggunakan "Jump Ahead" gampang banget! Pertama, kamu bisa mulai dengan mengetuk dua kali pada layar untuk melompat maju 10 detik seperti biasanya. Setelah kamu double tap, bakal muncul tombol "Jump Ahead" di pojok kanan bawah layar. Ketuk tombol itu, dan bakal ada pesan "Skipping over commonly skipped section." Daripada hanya melompat 10 detik, kamu langsung dibawa ke bagian paling menarik berikutnya yang ditentukan oleh AI.

Selain "Jump Ahead," YouTube juga punya fitur keren lain yaitu tombol "Ask". Fitur ini memungkinkan pengguna Premium untuk nanya langsung soal video atau cari konten terkait lewat chatbot, tanpa harus menghentikan video. Bayangin punya asisten mini yang siap jawab pertanyaan kamu langsung di layar! Kedua fitur ini bisa dicoba oleh pengguna Premium di youtube.com/new. Fitur "Jump Ahead" tersedia hingga 1 Juni, dan tombol "Ask" hingga 21 Mei. Kalau responsnya bagus, YouTube mungkin bakal memperpanjang masa uji coba atau bahkan menjadikannya fitur permanen.

BACA JUGA : YouTube Studio, Aplikasi Multifungsi Favorit Para YouTuber!

Fitur "Jump Ahead" ini bisa banget menghemat waktu kamu. Kamu bisa langsung ke bagian paling menarik tanpa harus cari-cari manual di sepanjang video. Ini terutama berguna buat video edukasi atau tutorial di mana sering kali kita perlu mengulang bagian tertentu atau melewati yang sudah kita tahu. Buat video hiburan, kamu bisa langsung ke momen-momen seru tanpa buang waktu. Meskipun ada kekhawatiran soal rentang perhatian kita yang makin pendek, fitur seperti "Jump Ahead" menunjukkan bagaimana YouTube serius memanfaatkan AI untuk membuat pengalaman menonton lebih personal dan efisien. Dengan AI, YouTube bisa memprediksi dan memenuhi preferensi penonton dengan lebih baik.

YouTube nggak cuma berhenti di "Jump Ahead" dan "Ask". Mereka terus mengembangkan cara baru menggunakan AI untuk meningkatkan rekomendasi konten, optimasi iklan, dan membantu kreator menghasilkan video yang lebih baik. Pendekatan ini menunjukkan visi YouTube untuk menciptakan pengalaman menonton yang lebih seru, efisien, dan personal.

Jadi, buat kalian pengguna Premium, jangan lewatkan kesempatan buat coba fitur-fitur baru ini. Yuk, eksplorasi alat-alat baru ini dan lihat bagaimana mereka bisa membuat pengalaman menonton kamu lebih menyenangkan. Dengan "Jump Ahead" dan tombol "Ask", masa depan menonton video di YouTube bakal makin keren dan seru. Let’s jump ahead to the fun parts!

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(TH)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar