YouTube Studio, Aplikasi Multifungsi Favorit Para YouTuber!

Fathiya Rahmah . April 27, 2023

Sumber: https://kedipan.com/internet/youtube-studio-desktop

Teknologi.id - Anda pasti sudah mengenal aplikasi YouTube. Namun, belum semua orang tahu mengenai YouTube Studio. YouTube Studio adalah platform resmi dari YouTube yang menjadi tempat bagi para kreator konten untuk mengelola kehadiran, mengembangkan channel YouTube, berinteraksi dengan penonton, dan menghasilkan uang dari satu tempat. Aplikasi ini pun dapat digunakan secara gratis.

YouTuber pemula juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk belajar dan mengembangkan karirnya. Yuk, pahami terlebih dahulu fungsi dari YouTube Studio sebelum membuka channel YouTube Anda!


Sumber: https://hindi.gizbot.com/news/now-you-can-download-youtube-videos-on-desktop-021303.html

Fungsi YouTube Studio

YouTube Studio tentu saja menawarkan berbagai fungsi seperti aplikasi pada umumnya. Beberapa fungsi utama dari aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  1. Menganalisis Kinerja Video

YouTube Studio memberikan informasi kepada kreator tentang jumlah tayangan video, jumlah like dan dislike, komentar, dan data lain yang berhubungan dengan kinerja video. Hal ini akan sangat membantu para kreator untuk menganalisis aspek yang perlu dikembangkan dari channel yang mereka buat.

  1. Mengedit Video

Aplikasi ini memungkinkan kreator untuk mengedit video mereka, seperti memotong video, menambahkan judul dan deskripsi, atau menambahkan layar akhir.

  1. Menerima Pemberitahuan

YouTube Studio akan memberitahu kreator apabila ada komentar baru, tayangan baru, dan data kinerja lainnya yang berkaitan dengan channel YouTube.

  1. Mengelola Komentar

Tidak hanya memberitahu kreator apabila ada komentar baru, YouTube Studio juga akan menandai komentar sebagai spam atau membalas komentar dari penonton yang masuk.

  1. Mengelola Playlist

Kreator juga dapat membuat dan mengelola playlist pada channel YouTube mereka melalui aplikasi YouTube Studio.



  1. Live Streaming

Kreator juga dapat melakukan live streaming pada channel YouTube mereka. Namun, hanya kreator yang memenuhi persyaratan saja yang dapat melakukan live streaming.

  1. Kreatif Studio

Youtube Studio menyediakan alat bantu untuk para kreator, seperti tayangan lanjutan, kebijakan konten, dan rekomendasi untuk membantu kreator konten dalam membuat konten video yang lebih baik lagi.

  1. Fitur AI

Fitur AI membantu para kreator konten dalam memberikan rekomendasi kata kunci yang judul yang relevan untuk video mereka.

  1. Monetisasi

Fungsi terakhir dari YouTube Studio adalah monetisasi. Dengan adanya fungsi ini, para kreator konten bisa mendapatkan penghasilan dari konten yang mereka buat selama mereka memenuhi persyaratan yang diberikan oleh YouTube. 


Baca juga: Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Meski Layar HP Dimatikan


Cara Membuka YouTube Studio

YouTube Studio dapat dibuka langsung melalui aplikasinya. Cara lain untuk membuka YouTube Studio adalalah sebagai berikut.

  • Login ke akun YouTube milik Anda
  • Di bagian kanan atas, pilih foto profil Anda.
  • Pilih YouTube Studio.‚Äč


Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2zN2zlIfh5k

Tema Gelap

Anda juga dapat mengubah tema atau latar belakang YouTube Studio menjadi gelap. Dengan mengubah tema menjadi gelap, Anda bisa mengurangi silau cahaya dari layar.


  • Login ke YouTube Studio.
  • Di bagian kanan atas, pilih foto profil Anda.
  • Pilih Tampilan, lalu pilih Tema Gelap. Anda juga dapat memilih "Gunakan tema perangkat" untuk mengikuti setelan tema gelap perangkat Anda.

Sumber: https://telset.id/apps/fitur-download-video-youtube-di-pc-dan-laptop/

Mengelola Channel

Pada aplikasi YouTube Studio, Kreator dapat mengelola channel dan video mereka melalui menu yang terdapat di sebelah kiri.

  • Dasbor: Untuk mendapatkan gambaran umum tentang aktivitas baru di channel Anda, serta berbagai hal baru di YouTube.
  • Konten: Untuk menemukan ringkasan video, live stream, postingan, dan playlist Anda.
  • Analytics: Pantau performa channel dan video Anda dengan metrik dan laporan di YouTube Analytics.
  • Komentar: Lihat dan balas komentar di video Anda. Anda juga dapat melihat sebutan dari kreator lain tentang channel Anda.
  • Subtitel: Tambahkan subtitel dan teks ke video Anda. 
  • Penghasilan: Jika tergabung dalam Program Partner YouTube, Anda dapat mengelola setelan monetisasi. 
  • Penyesuaian: Sesuaikan tata letak, branding, dan info dasar channel.
  • Koleksi Audio: Untuk mendapatkan musik dan efek suara tanpa biaya untuk digunakan di video.


Nah, itulah fungsi, cara membuka, mengubah tema, dan mengelola channel di YouTube Studio. YouTube Studio adalah platform yang sangat berguna bagi para konten kreator untuk mengelola channel YouTube mereka dengan lebih efektif.

Dengan fitur-fitur seperti analisis performa video, manajemen komentar, dan pengelolaan thumbnail, para kreator dapat lebih mudah mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas konten mereka.

Baca juga: Cara Akses YouTube Premium Gratis Selamanya!

Selain itu, YouTube Studio juga menyediakan berbagai sumber daya dan pelatihan yang berguna bagi para kreator, seperti Academy for Ads dan Creator Academy. Apakah Anda tertarik untuk menjadi kreator konten?

(fr)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar