iOS 14.5 Developer Beta Bisa Unlock Face ID Saat Bermasker

Rima Fidayani Rizki . February 03, 2021

Foto: MacRumors

Teknologi.id - Apple baru saja meriliis versi developer beta dari iOS 14.5, yang memiliki sejumlah fitur baru. Salah satunya, fitur yang membuat pengguna dapat membuka kunci layar (unlock) iPhone menggunakan Face ID bahkan saat sedang mengenakan masker.

Baca Juga: Fenomena Coronasomnia dan Cara Atasinya

Dilansir dari Gizmochina, Rabu (3/2), fitur ini dinamakan Unlock iPhone pada jam tangan Apple. Jika fitur ini berhasil lolos pengujian beta, maka pengguna yang memiliki iPhone dan sedang bermasker serta memiliki jam tangan Apple yang sudah tidak terkunci, ponselnya akan terbuka secara otomatis ketika sistem pengenalan wajah Apple menangkap bahwa penggunanya sedang bermasker. Hal ini terjadi karena Passcode pengguna untuk membuka kunci jam tangannya sudah terverifikasi

Sejak Maret tahun lalu, gelombang pandemi COVID-19 yang melanda seluruh dunia membuat penggunaan masker wajah menjadi hal yang wajib. Hal ini berdampak pada terblokirnya Face ID pengguna iPhone dan tidak dapat membuka kunci sehingga harus memasukkan kode Passcode di layar. 

Agar pengguna tak perlu membuka maskernya untuk membuka kunci layar, walau hanya sebentar, Apple menambahkan fitur baru pada iOS 13.5 Mei lalu. Cara kerjanya, jika algoritma pengenalan wajah Apple mendeteksi sang pengguna sedang mengenakan masker, layar Passcode akan muncul seketika, sehingga tidak perlu menunggu hasil Face ID yang salah akibat wajah yang tertutupi masker. 

Selain itu, iOS 14.5 versi developer ini juga memuat fitur App Tracking Transparency yang akan menanyakan kepada pengguna apakah ingin opt-in sehingga dapat terlacak oleh aplikasi pihak ketiga dan akan terus menerima iklan yang spesifik. 

Untuk dapat menikmati fitur dari iOS 14.5 dan watchOS 7.4 developer beta, pengguna harus teregistrasi sebagai iOS developer. Berikut adalah tahapannya.

  1. Buka 

    https://developer.apple.com/enroll/

  2. Pilih ‘Start Your Enrollment‘.

  3. Masuk dengan Apple ID yang sudah dimiliki untuk dapat membuat Apple ID baru. 

Selanjutnya, daftar untuk menjadi iOS beta tester. Caranya:

  1. Buka https://beta.apple.com/sp/betaprogram/
  2. Klik tombol “Sign up.”
  3. Gunakan Apple ID untuk lanjut dan ikuti perintah yang ada di layar. 
  4. Ketika versi beta ini sudah dipublikasikan, pengguna yang telah bergabung di program beta bisa mengunduh dan memasang pembaruan tersebut dengan cara: buka Settings > General > Software Update.

Baca Juga: Cerita di Balik Meme Viral Bernie Sanders

Sebagai catatan, versi beta dari sistem operasi biasanya tidak stabil. Jika iPhone yang kamu gunakan sekarang merupakan ponsel utama, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu sebelum menjadi iOS beta tester.

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler