Tangkal Penipuan di Messenger, Facebook Tampilkan Peringatan Pop-up

abdurrahmansaleh . May 22, 2020
 


Ilustasi (Foto: WhatMobile)

Teknologi.id - Penipuan melalui sosial media marak terjadi diberbagai negara. Seorang penipu biasanya menggunakan modus tertentu untuk memperlancar aksinya. Hal ini pasti merugikan pengguna platform media sosial tertentu.

Salah satu raksasa media sosial yakni Facebook menaggapi bahaya tersebut dengan meluncuran fitur baru untuk mendeteksi penipuan melalui Messenger.

Baca JugaGojek Hadirkan Fitur Informasi Suhu Tubuh Pengemudi

Dilansir dari Phone Arena, Jumat (22/5/2020) fitur itu menampilkan pesan peringatan ketika orang yang mencurigakan menghubungi pengguna.

Pengguna di bawah usia 18 tahun akan melihat peringatan Pop-up jika mereka menerima pesan dari orang dewasa yang tidak mereka kenal.

Modus yang sama juga digunakan ketika pengguna dihubungi oleh seseorang yang tidak ada dalam daftar teman mereka. Keamana algoritma mesin canggih akan mengidentifikasi bahwa itu sebagai scammers.

"Ketika seseorang mencoba menyamar sebagai salah satu teman Anda, misalnya, sistem akan melihat kesamaan dalam nama dan menampilkan pesan "Obrolan ini dengan seseorang yang namanya mirip dengan teman", demikian keterangan Facebook dilansir dari Phone Arena.

Pengguna dapat dengan mudah memblokir orang yang dicurigai melalui jendela obrolan yang sama.

"Fitur-fitur ini menunjukkan integrasi besar alat-alat teknis yang akan membantu mengekang perilaku buruk di platform, sementara juga mengingatkan orang-orang tentang kendali mereka sendiri atas akun mereka," kata Stephen Balkam, CEO Family Online Safety Institute.

Fitur baru di Messenger bertujuan agar pengguna mendapat informasi dan mengingatkan mereka untuk berhati-hati saat mengobrol dengan orang yang tak dikenal.

Baca JugaFacebook Jamin Keamanan Pengguna untuk Fitur Peta Pencegahan Penyakit Miliknya

(Rmn)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar