Perbandingan 5 Layanan Cloud Storage, Mana yang Lebih Bagus?

Luthfiana Mifta . August 06, 2020


Foto: CPO Magazine


Teknologi.id - Pada umumnya sebuah layanan cloud storage memiliki fitur dan aplikasi untuk mensinkronisasikan data antara server yang menjadi tempat penyimpanannya dengan komputer atau peralatan yang diintegrasikan ke dalamnya. Dengan demikian, file atau data yang sudah kita unggah ke server cloud storage akan bersifat permanen, dan tidak akan hilang dalam waktu tertentu dikarenakan kadaluwarsa atau expired. Dengan adanya fitur sinkronisasi, proses backup data dapat berjalan secara otomatis.

Layanan cloud storage telah membantu kita dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Kemampuannya untuk menyimpan file di cloud dan mengaksesnya di mana saja dan kapan saja memberikan fleksibilitas yang nyaman.

Baca juga: Update Windows 10 Malah Jadi Lemot? Ini Cara Mengatasinya

Bagi kalian yang bingung dalam memilih, berikut ini merupakan perbandingan layanan cloud storage yang populer di masyarakat, yaitu Dropbox, OneDrive, Google Drive, iCloud, dan Box. Perbandingan ini meliputi kapasitas penyimpanan, batas ukuran file, dan platform yang didukung.


Perbandingan Dropbox OneDrive Google Drive iCloud Box
Kapasitas gratis 2 GB 5 GB 15 GB 5 GB 10 GB
Kapasitas berbayar 1 TB: $ 10 50 GB: Rp 31.000 100 GB: $2
1 TB: $10

50 GB: Rp 15.000,
200 GB: Rp 45.000,
1 TB: Rp 149.000
100 GB: $ 11.5
Ukuran maksimal file
10 GB via website,
Tanpa batas via aplikasi
10 GB 5 TB 15 GB 250 MB (gratis),
1 GB (berbayar)
Platform
Windows (PC dan Mobile), Mac, Linux, iOS, Android, Blackberry, Kindle Fire
Windows (PC dan Mobile), Mac, iOS, Android Windows (PC), Mac, Android, iOS iOS, Mac, Windows (PC) Windows (PC dan Mobile), Mac, iOS, Android


Kalau membandingkan dari sisi kapasitas gratis, Google Drive memberikan penawaran yang menggiurkan juga dengan ukuran maksimal file yang dapat ditransfer. Sementara jika dilihat dari segi dukungan platform, Dropbox jelas lebih bisa digunakan secara leluasa, terutama untuk berkolaborasi dengan teman atau rekan kerja.

OneDrive, Google Drive, dan iCloud memiliki kelebihan tersendiri karena telah terintegrasi dengan platform. OneDrive dengan Windows, Google Drive dengan Android (dan Chromebook), sedangkan iCloud dengan iOS dan macOS. Sementara itu dari sisi kemudahan akses, OneDrive tetap lebih leluasa karena memiliki lebih banyak platform yang mendukung.

Baca juga: Cara Mudah Setting Google Assistant ke Bahasa Indonesia

(lm)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya