Membuat Perjalanan Pengguna untuk App Development

Sagara Technology . August 10, 2021


Perjalanan pengguna adalah garis waktu tindakan pengguna yang menggambarkan hubungan antara merek Anda dan pelanggannya. Ini adalah visualisasi semua interaksi pengguna dengan produk Anda, dari sudut pandang mereka.

Pemetaan perjalanan pengguna adalah representasi visual dari "kisah" dari perspektif pelanggan. Pemetaan perjalanan pengguna membuat garis waktu dari semua titik kontak antara pelanggan dan organisasi Anda, termasuk semua saluran tempat mereka terjadi.

Aspek terpenting dari peta adalah dari sudut pandang pengguna. Ini bukan peta jalan produk yang menguraikan bagaimana Anda berencana untuk merilis fitur baru selama setahun. Sebaliknya, ini adalah menceritakan kembali perjalanan pengguna dari naik ke konversi dan seterusnya.

Proses 8 langkah pemetaan perjalanan pengguna

Sebelum membuat peta perjalanan pengguna, penting untuk meninjau tujuan bisnis/layanan Anda. Pengetahuan ini akan membantu Anda menyelaraskan tujuan bisnis dan pengguna.

Pilih Ruang lingkup
Cakupan peta perjalanan pengguna dapat bervariasi dari peta tingkat tinggi yang menunjukkan pengalaman ujung ke ujung hingga peta yang lebih detail yang berfokus pada satu interaksi tertentu (misalnya, membayar tagihan).

Buat persona pengguna
Siapa pengguna Anda? Peta perjalanan pengguna selalu berfokus pada pengalaman satu aktor utama — persona pengguna yang mengalami perjalanan. Persona pengguna harus selalu dibuat berdasarkan informasi yang Anda miliki tentang audiens target Anda. Itu sebabnya selalu mulai dengan riset pengguna. Memiliki informasi yang solid tentang pengguna Anda akan mencegah Anda membuat asumsi yang salah.

Kumpulkan dan analisis semua informasi yang tersedia tentang audiens target Anda:
- Wawancarai pengguna asli atau potensial Anda
- Lakukan penyelidikan kontekstual
- Analisis hasil survei pengguna

Tentukan skenario dan harapan pengguna

Skenario menggambarkan situasi di mana alamat peta perjalanan. Itu bisa nyata atau diantisipasi. Penting juga untuk menentukan ekspektasi apa yang dimiliki persona pengguna tentang interaksi. Misalnya, skenarionya bisa — memesan taksi menggunakan aplikasi seluler dengan harapan mendapatkan mobil dalam 5 menit atau kurang.

Buat daftar titik kontak
Titik sentuh adalah tindakan dan interaksi pengguna dengan produk/bisnis. Sangat penting untuk mengidentifikasi semua titik kontak utama dan semua saluran yang terkait dengan setiap titik kontak. Misalnya, untuk titik kontak 'Beli hadiah', saluran dapat berupa — membeli secara online atau membeli di toko.

Mempertimbangkan niat pengguna
Apa yang memotivasi pengguna Anda untuk berinteraksi dengan produk Anda? Masalah apa yang ingin dipecahkan pengguna ketika mereka memutuskan untuk menggunakan produk Anda? Segmen pengguna yang berbeda akan memiliki alasan yang berbeda. Mari kita ambil situs web e-niaga. Ada perbedaan besar antara pengguna yang hanya melihat-lihat dan pengguna yang ingin menyelesaikan tugas tertentu (membeli produk tertentu). Untuk setiap perjalanan pengguna, penting untuk memahami:

- Motivasi. Mengapa mereka mencoba melakukannya?
- Saluran. Dimana interaksi terjadi
- Tindakan. Perilaku aktual dan langkah-langkah yang diambil oleh pengguna.
- Poin nyeri. Apa tantangan yang dihadapi pengguna?

Sketsa perjalanannya
Kumpulkan semua informasi yang Anda miliki dan buat sketsa perjalanan dalam format interaksi langkah demi langkah. Setiap langkah menunjukkan pengalaman yang dimiliki persona dengan layanan/produk atau orang lain.
Pertimbangkan keadaan emosional pengguna selama setiap langkah interaksi.

Apa yang dirasakan pengguna saat berinteraksi dengan produk Anda?
Produk yang kami desain harus mencerminkan keadaan pikiran pengguna kami. Saat kami mempertimbangkan keadaan emosional pengguna, pengetahuan ini akan membantu kami terhubung dengan pengguna di tingkat manusia. Itulah mengapa penting untuk menambahkan jalur emosional ke peta perjalanan pengguna. Dengan memvisualisasikan "naik" dan "turun" emosional dari pengalaman, Anda akan menunjukkan bidang pengalaman yang membutuhkan penyempurnaan.

Validasi dan sempurnakan perjalanan pengguna
Peta perjalanan harus menghasilkan narasi yang jujur, bukan dongeng. Bahkan ketika perjalanan pengguna didasarkan pada penelitian pengguna, sangat penting untuk memvalidasinya. Gunakan informasi dari sesi pengujian kegunaan dan analisis aplikasi untuk memastikan bahwa perjalanan Anda menyerupai kasus penggunaan nyata. Kumpulkan dan analisis informasi tentang pengguna Anda secara teratur. Misalnya, umpan balik pengguna adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman Anda tentang perjalanan pengguna. Penting untuk diingat bahwa tujuan membuat peta perjalanan pengguna adalah untuk menciptakan visi bersama. Itu sebabnya setelah peta perjalanan pengguna dibuat, bagikan dengan rekan Anda. Memungkinkan semua orang di tim Anda untuk melihat seluruh pengalaman dari sudut pandang pengguna dan menggunakan informasi ini saat membuat produk.

author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Your Company

Tinggalkan Komentar

0 Komentar