Instagram akan menggabungkan IGTV dan feed video

Hazar Maliki Hidayat . October 06, 2021


Foto: Getty Images

Instagram sebagai salah satu media sosial yang besar memiliki sejumlah format video di platformnya, seperti video di feed, IGTV, dan Reels. Ketiganya merupakan format video yang terpisah dan ditampilkan dalam tab yang berbeda pula.

Namun kini, Instagram berencana membuat format video menjadi lebih ringkas. Instagram akan menggabungkan video IGTV dan feed video ke dalam satu format yang dinamakan Instagram Video. Video ini akan bisa diakses melalui sebuah Video baru pada tab profil. Setiap video dapat diputar hingga 60 detik, durasi yang sebelumnya hanya diperuntukkan bagi video IGTV, kecuali video yang diberi iklan, dalam hal ini Instagram mengatakan preview akan tetap di 15 detik.

"Kami senang bahwa para kreator telah memanfaatkan video sebagai wadah untuk bercerita, menghibur, dan terhubung dengan audiens mereka, dan itulah mengapa kami ingin membuatnya  lebih mudah menikmati video di Instagram," ujar salah seorang Company Facebook dalam sebuah blog.

Melalui tab video yang baru, pengguna dapat menekan di mana saja pada video untuk melihat dalam mode layar penuh. Mereka juga dapat memilih untuk tetap bergulir untuk menemukan lebih banyak video atau tekan tombol kembali untuk keluar. Disamping format shift, Instagram mengumumkan hal ini juga memperkenalkan fitur lainnya seperti pemangkasan, filter, dan tag pengguna atau lokasi untuk video. Instagram menambahkan bahwa hal ini juga menggabungkan feed post insight dan video insight ke dalam gabungan metrik untuk bisnis dan kreator.

Instagram memperkenalkan IGTV pada bulan juni 2018 dan membuat platform yang lebih kompetitif dengan raksasa media digital seperti YouTube. Hal ini juga memberi angin segar terkait pengembangan platform media dan periklanan bagi Facebook.


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler