Foto: Pixabay/PhotoMIX-Company
Teknologi.id - Twitter adalah media sosial yang diinisiasi oleh Jack Dorsey dan pada akhirnya pada 2022 lalu diakuisisi oleh Elon Musk. Sosial media berlogo burung ini menjadi salah satu sosial media yang banyak digunakan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia hingga menembus angka 556 juta pengguna manurut riset We Are Social dan Hootsuite.
Dengan jumlah pengguna tersebut menandakan kenaikan sampai 27,4% dibanding tahun sebelumnya. Ada top 10 negara yang paling banyak menggunakan Twitter.
Di peringkat pertama ada Amerika Serikat sebanyak 95,4 juta pengguna, kedua ada Jepang dengan 67,45 juta pengguna, ketiga ada India dengan 27,25 juta pengguna, keempat ada Brasil dengan 24,30 juta pengguna dan kelima ada Indonesia yang mencapai angka 24 juta pengguna.
Dari Peringkat enam sampai sepuluh diisi oleh Inggris, Turki, Meksiko, Arab Saudi dan Thailand dengan masing-masing 23,15 juta, 18,55 juta, 17,2 juta, 15,5 juta dan terakhir, 14,6 juta pengguna.
Sebagai informasi, dari masifnya pengguna Twitter di berbagai belahan dunia, sosial media ini menempati peringkat 14 sebagai aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan terbanyak di dunia.
Baca juga: Tersebar Rumor Twitter Akan Bangkrut, Berikut 2 Cara Unduh Tweet Lawas Kamu!
Melihat data di atas, Teknologi.id telah merangkum 8 potensi karier yang dapat dimanfaatkan melalui Twitter di Indonesia pada tahun 2023
1. Social Media Manager
Foto: Pixabay/geralt
Social Media Manager akan bertanggung jawab mengelola akun Twitter untuk bisnis atau merek tertentu. Twitter menjadi salah satu sosial media yang mesti diulik oleh Social Media Manager karena banyak pasar yang akan dicapai jika bisa memanfaatkan Twitter dengan baik.
Jika kamu tertarik untuk menjadi Social Media Manager, kamu harus mampu membuat strategi konten yang efektif, menjadwalkan tweet, serta memantau dan menanggapi respons dari pengguna Twitter. Dalam peran ini, kamu perlu memahami tren dan algoritma Twitter serta mampu membangun komunitas pengikut yang kuat dan militan.
2. Public Relations Specialist
Foto: Pixabay/Tumisu
Public Relations Specialist menjadi salah satu karier yang bisa diperdalam melalui Twitter, kamu akan dituntut untuk memanfaatkan Twitter dan mempromosikan merek atau bisnis dan membangun hubungan dengan audiens.
Kamu juga harus mampu menanggapi respons dari pengguna Twitter dengan sopan, menyenangkan sekaligus menghibur agar followers-mu betah berada di akun Twittermu. Juga, kamu harus menghasilkan konten yang positif untuk membangun reputasi merek atau bisnis.
3. Content Creator
Foto: Pixabay/Artem_Apukhtin
Sebagai seorang Content Creator, kamu dapat memanfaatkan Twitter untuk membangun merek pribadi dan menarik perhatian audiens. Kamu dapat membagikan konten yang bermanfaat, seperti tutorial, ulasan, atau berita terbaru. Dalam peran ini, kamu perlu terus memperbarui diri tentang tren dan topik yang populer di Twitter dan membangun audiens yang terlibat dengan kontenmu.
4. Digital Marketer
Foto: Pixabay/Pexels
Digital Marketer cocok untuk kamu yang pandai dalam berdagang, jika kamu juga pandai dalam hal komunikasi dan negosiasi, Digital Marketer bisa menjadi salah satu pilihan karier yang bisa kamu coba.
Kamu harus dapat memanfaatkan Twitter untuk mempromosikan produk atau layanan dan membangun hubungan dengan audiens. Kamu harus dapat membuat kampanye iklan yang efektif, memantau hasilnya, dan membuat rencana pemasaran berdasarkan respons pengguna Twitter.
Baca juga: 17 Jam Sehari, Elon Musk dan Kebiasaan Gila Kerjanya
5. Brand Ambassador
Sebagai seorang Brand Ambassador, kamu dapat memanfaatkan Twitter untuk mempromosikan merek atau produk tertentu dengan cara yang kreatif dan menarik. Kamu perlu membangun audiens yang kuat terlebih dahulu agar dapat menampilkan merek atau produk tersebut dengan cara yang positif dan efektif.
6. Data Analyst
Foto: Pixabay/4832970
Jika kamu senang berkutat dengan data dan mahir mengolah data tersebut hingga menjadi laporan yang bisa disampaikan dengan mudah dan membantu pekerjaan orang semakin efektif dan efisien, maka jadilah Data Analyst.
Kamu dapat memanfaatkan data yang dihasilkan dari Twitter untuk memahami tren dan perilaku pengguna. Kamu dapat menggunakan data tersebut untuk membuat laporan dan rekomendasi yang dapat membantu bisnis memahami audiens mereka dengan lebih baik dan meningkatkan kinerja mereka di Twitter.
7. Customer Service Representative
Seorang Customer Service Representative dapat memanfaatkan Twitter untuk memberikan layanan pelanggan yang efektif dan responsif. Kamu harus dapat merespons pertanyaan dan keluhan dari pengguna Twitter dengan cepat dan membantu mereka menyelesaikan masalah mereka. Dalam peran ini, kamu perlu memahami produk atau layanan yang kamu wakili dan dapat bekerja dengan cepat dan efisien.
8. Influencer
Sebagai seorang Influencer, kamu dapat memanfaatkan Twitter untuk membangun merek pribadi dan mempengaruhi audiens dengan konten yang menarik dan bermanfaat. Kamu perlu dapat membangun audiens yang kuat dan dapat menampilkan dirimu dengan cara yang positif dan autentik. Sebagai seorang influencer, kamu dapat bekerja sama dengan merek atau bisnis tertentu untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.
Baca juga: 5 Janji Elon Musk Setelah Beli Twitter: Edit Twit hingga Super Apps
Dalam memanfaatkan Twitter sebagai platform karier, kamu perlu memperhatikan kualitas konten dan konsistensi dalam menghasilkan konten yang menarik dan berkualitas. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan aturan dan kebijakan yang berlaku di Twitter untuk memastikan kontenmu aman dan memenuhi standar platform tersebut.
(aa)
Tinggalkan Komentar