Fitur Baru Instagram Ini Mirip Aplikasi BeReal

Aprilia Khairul Amalia . August 09, 2022

Foto: gettyimages

Teknologi.id - Instagram dikatakan sedang menguji coba fitur baru yang disebut "Share Snapshots". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi mereka dengan pengguna lain melalui kode QR yang dapat dipindai. 

Fitur ini dianggap mirip dengan  aplikasi media sosial asal Prancis, BeReal, karena keduanya memungkinkan pengguna untuk berbagi lokasi dengan pengguna lain secara bersamaan. 

Bocoran informasi ini diunggah oleh peneliti aplikasi bernama Alessandro Paluzzi. Dalam tweet dengan pegangan @alex193a, ia menulis bahwa Instagram sedang menguji fitur "Share a Snapshot”.

Unggahan tersebut juga menyertakan gambar tangkapan layar (screenshot) dari uji coba tersebut. Terdapat kode QR yang dapat dipindai dan dibagikan pengguna sehingga pengguna lain dapat mengetahui titik lokasi dari pengguna tersebut. 


Foto: Twitter (@alex193a)

Ini bukan pertama kalinya Instagram dianggap mengadopsi fitur dari BeReal. Sebelumnya, fitur "Dual camera" yang diluncurkan Instagram mirip dengan fitur dari BeReal. Pasalnya, fitur ini memungkinkan pengguna secara bersamaan menggunakan kamera depan dan belakang untuk membuat video Reels.

Nah, jika fitur "Dual Camera" dan "Share Snapshots" digabungkan oleh Instagram, sepertinya itulah fungsi utama dari aplikasi BeReal, seperti dikutip dari Social Media Today. 

Hal yang dilakukan Instagram sebenarnya bukan hal baru. Sejauh ini, Instagram sudah banyak meniru sejumlah fitur dari para pesaingnya. 

Misalnya, Instagram meluncurkan fitur "Stories" yang mirip dengan Snapchat, lalu meluncurkan  fitur video berdurasi panjang (IGTV) seperti pada Youtube. 

Baru-baru ini, perombakan yang paling menonjol adalah Instagram mencoba menjadi "mirip" dengan TikTok dalam segi penampilan dan fungsi. 

Mulai ubah rasio video Reels menjadi 16:9 atau 9:16 untuk menggunakan sistem algoritma seperti TikTok, yang merekomendasikan konten dari akun lain secara acak. 

Baca juga : Diangkat Jadi Karyawan Tetap, AirAsia Tawarkan Gaji Driver Online Rp 10 Juta

Lalu apa itu BeReal? 

BeReal adalah media sosial asal Perancis yang memungkinkan pengguna untuk berbagi aktivitas sehari-hari mereka secara real time.


Jadi, setiap pengguna diajak untuk berbagi konten dengan pengguna lain pada waktu yang berbeda dalam setiap harinya. Pengguna juga dapat meminta pengguna lain untuk membagikan aktivitas yang mereka lakukan saat itu, dalam jangka waktu tidak lebih dari dua menit. 


(aka)


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar