Aplikasi yang Ramah Bagi Mahasiswa, Ini Cara Gunakan Mendeley

Gita Fitria Ramadani . March 08, 2023

Picture: pexels

Teknologi.id - Bagi kamu yang sering menulis karya ilmiah, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Mendeley. Aplikasi ini dikenal sebagai salah satu perangkat lunak yang membantu peneliti mengumpulkan dan mengelola berbagai kutipan.

Tidak hanya itu, Mendeley bisa membantu pengguna membuat daftar pustaka lebih cepat tanpa mengkonfigurasinya secara manual. Aplikasi yang mudah diakses dan terkoneksi di Microsoft Word ini menjadi andalan bagi pengguna dari berbagai kalangan, terutama pelajar, mahasiswa dan peneliti.

Seperti yang kita ketahui, karya ilmiah yang baik selalu menyertakan bukti referensi yang valid. Penulis tidak boleh sembarangan dalam menulis karya ilmiah, karena harus sesuai dengan kaidah-kaidah tertentu. Maka, perangkat lunak Mendeley yang dikembangkan oleh Elseveir ini hadir untuk memudahkan mahasiswa dan akademisi dalam mengatur referensi dengan cepat.

Apa Itu Mendeley dan Bagaimana Awal Mulanya Ditemukan?

Mendeley adalah pengelola referensi gratis yang dapat membantu pengguna mengumpulkan referensi, mengatur kutipan, dan membuat bibliografi. Mendeley juga merupakan jejaring sosial akademik yang memungkinkan pengguna berbagi penelitian dengan orang lain.

Pada aplikasi Mendeley, peneliti dapat berkolaborasi secara online di grup publik atau pribadi. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mencari berbagai artikel untuk membantu dalam proses pembuatan karya ilmiah.

Aplikasi ini tersedia dan dapat diakses di berbagai perangkat antara lain Windows, OS X, Linux, Mendeley Web, Android, dan iOS.

Mendeley memiliki beberapa fungsi, yakni dapat menyimpan, mengatur, dan mencari referensi, menyisipkan referensi dan bibliografi ke dalam Microsoft Word menggunakan plugin Mendeley Cite, serta dapat membaca, menyorot, dan menganotasi file PDF dan berkolaborasi dengan orang lain dengan berbagi referensi

Mendeley didirikan pada November 2008 oleh tiga mahasiswa PhD Jerman dari London, yaitu Victor Henning, Paul Foeckler dan Jan Reichelt. Awal mula ide ini muncul dari pengalaman ketiganya yang kesulitan mengatur referensi dan literatur untuk penelitiannya. Maka, dimulailah ide untuk mengembangkan aplikasi ini sebagai alat manajemen referensi dan penelitian.

Nama “Mendeley” sendiri diambil dari nama ahli biologi Gregor Mendel dan ahli kimia Dmitri Mendeleev. Mereka adalah dua tokoh terkenal di bidang sains. Nama ini diambil sebagai cara untuk menghormati kontribusi kedua ilmuwan tersebut dalam dunia sains.

Versi beta publik pertama dari perangkat lunak ini dirilis pada tahun 2008 dan mulai memenangkan beberapa penghargaan pada tahun 2009. Salah satunya adalah Plugg.eu "European Startup of the Year 2009".

Hingga saat ini, aplikasi Mendeley terus berkembang dan sejauh ini memiliki beberapa fitur, seperti:

  • Memasukkan kutipan perpustakaan Mendeley ke dalam dokumen baru, termasuk kutipan dalam teks, catatan akhir, dan catatan kaki (foot note)
  • Mendukung 1000+ gaya kutipan
  • Penyimpanan online gratis hingga 1GB dan dapat diperluas hingga 2GB dengan versi berbayar
  • Menetapkan preferensi untuk mengganti nama dan menyimpan folder PDF secara otomatis
  • Mengganti nama PDF secara otomatis menurut penulis, judul jurnal, tahun, dan lainnya, serta dapat mengatur PDF ke dalam folder dan lainnya

Baca juga: Mengenal Odiga, Aplikasi Perencana Perjalanan Berbasis AI Buatan Mahasiswa ITB

Cara Menggunakan Mendeley

Picture: Dosen Perbanas - PERBANAS INSTITUTE

Mendeley sangat berguna bagi peneliti yang ingin mengatur kutipan dan bibliografi. Oleh karena itu, beberapa pengguna menginstal plugin Mendeley di Microsoft Word untuk dapat mempermudah prosesnya. Lalu, bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah untuk menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word.

  • Unduh Add-in Mendeley untuk Word di mendeley.com
  • Kemudian scroll ke bawah dan klik "Plugin Kencan"
  • Klik "Get Mendeley Cite" dan pilih "Get it now"
  • Kemudian masukkan akun Microsoft Word kamu
  • Pengguna akan diminta untuk login dengan e-mail Microsoft
  • Pengguna kemudian akan diminta untuk mengisi detail di Mendeley, termasuk nama, email, negara dan lain-lain, lalu klik "Lanjutkan"
  • Setelah itu, Mendeley sudah terinstal di Word
  • Klik "Referensi" untuk mengakses Mendeley, dan aplikasi ini siap dipakai

Namun, adakalanya pengguna ingin referensi yang ia temukan sendiri dari internet atau website. Lalu bagaimana cara menambahkan referensi manual di Mendeley? Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Mendeley
  • Klik file dan klik tambahkan entri manual
  • Masukkan data-data yang diperlukan seperti judul, pengarang, tahun, link website, dll.
  • Sebelum mengisi data yang dibutuhkan, pastikan untuk memilih jenis artikel yaitu halaman web
  • Klik simpan untuk menyimpan referensi secara online
  • Sinkronkan referensi yang kamu simpan dengan MS Word
  • Masukkan kutipan dan bibliografi dengan mengklik tab referensi
  • Klik insert citation untuk memasukkan pada sitasi, dan bibliography untuk memasukkan pada daftar pustaka
  • Jangan lupa untuk mengubah gaya kutipan dan bibliografi sesuai dengan persyaratan susunan kata yang diminta

Baca juga: Fresh Graduate, Yuk Kuasai 5 Skill Bidang Teknologi Ini agar Lebih Mudah Dapat Kerja

Dengan menggunakan Mendeley, kamu tidak perlu lagi membuat sitasi atau daftar pustaka dengan cara manual yang rumit. Kamu hanya cukup menggunakan aplikasi ini, dan sitasi serta daftar pustaka milikmu akan sudah jadi secara otomatis.

(gfr)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar