Picture: pexels
Teknologi.id
- Bagi kamu yang sering
menulis karya ilmiah, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Mendeley. Aplikasi
ini dikenal sebagai salah satu perangkat lunak yang membantu peneliti
mengumpulkan dan mengelola berbagai kutipan.
Tidak hanya itu, Mendeley bisa membantu
pengguna membuat daftar pustaka lebih cepat tanpa mengkonfigurasinya secara
manual. Aplikasi yang mudah diakses dan terkoneksi di Microsoft Word ini
menjadi andalan bagi pengguna dari berbagai kalangan, terutama pelajar, mahasiswa
dan peneliti.
Seperti yang kita ketahui, karya ilmiah
yang baik selalu menyertakan bukti referensi yang valid. Penulis tidak boleh
sembarangan dalam menulis karya ilmiah, karena harus sesuai dengan
kaidah-kaidah tertentu. Maka, perangkat lunak Mendeley yang dikembangkan oleh
Elseveir ini hadir untuk memudahkan mahasiswa dan akademisi dalam mengatur
referensi dengan cepat.
Apa
Itu Mendeley dan Bagaimana Awal Mulanya Ditemukan?
Mendeley adalah pengelola referensi
gratis yang dapat membantu pengguna mengumpulkan referensi, mengatur kutipan,
dan membuat bibliografi. Mendeley juga merupakan jejaring sosial akademik yang
memungkinkan pengguna berbagi penelitian dengan orang lain.
Pada aplikasi Mendeley, peneliti dapat
berkolaborasi secara online di grup publik atau pribadi. Tidak hanya itu,
pengguna juga dapat mencari berbagai artikel untuk membantu dalam proses
pembuatan karya ilmiah.
Aplikasi ini tersedia dan dapat diakses
di berbagai perangkat antara lain Windows, OS X, Linux, Mendeley Web, Android,
dan iOS.
Mendeley memiliki beberapa fungsi, yakni
dapat menyimpan, mengatur, dan mencari referensi, menyisipkan referensi dan
bibliografi ke dalam Microsoft Word menggunakan plugin Mendeley Cite, serta
dapat membaca, menyorot, dan menganotasi file PDF dan berkolaborasi dengan
orang lain dengan berbagi referensi
Mendeley didirikan pada November 2008
oleh tiga mahasiswa PhD Jerman dari London, yaitu Victor Henning, Paul Foeckler
dan Jan Reichelt. Awal mula ide ini muncul dari pengalaman ketiganya yang
kesulitan mengatur referensi dan literatur untuk penelitiannya. Maka,
dimulailah ide untuk mengembangkan aplikasi ini sebagai alat manajemen
referensi dan penelitian.
Nama “Mendeley” sendiri diambil dari
nama ahli biologi Gregor Mendel dan ahli kimia Dmitri Mendeleev. Mereka adalah
dua tokoh terkenal di bidang sains. Nama ini diambil sebagai cara untuk
menghormati kontribusi kedua ilmuwan tersebut dalam dunia sains.
Versi beta publik pertama dari perangkat
lunak ini dirilis pada tahun 2008 dan mulai memenangkan beberapa penghargaan
pada tahun 2009. Salah satunya adalah Plugg.eu "European Startup of the
Year 2009".
Hingga saat ini, aplikasi Mendeley terus
berkembang dan sejauh ini memiliki beberapa fitur, seperti:
- Memasukkan kutipan perpustakaan Mendeley ke dalam dokumen baru, termasuk kutipan dalam teks, catatan akhir, dan catatan kaki (foot note)
- Mendukung 1000+ gaya kutipan
- Penyimpanan online gratis hingga 1GB dan dapat diperluas hingga 2GB dengan versi berbayar
- Menetapkan preferensi untuk mengganti nama dan menyimpan folder PDF secara otomatis
- Mengganti nama PDF secara otomatis menurut penulis, judul jurnal, tahun, dan lainnya, serta dapat mengatur PDF ke dalam folder dan lainnya
Baca juga: Mengenal Odiga, Aplikasi Perencana Perjalanan Berbasis AI Buatan Mahasiswa ITB
Cara
Menggunakan Mendeley
Picture: Dosen Perbanas - PERBANAS INSTITUTE
Mendeley sangat berguna bagi peneliti
yang ingin mengatur kutipan dan bibliografi. Oleh karena itu, beberapa pengguna
menginstal plugin Mendeley di Microsoft Word untuk dapat mempermudah prosesnya.
Lalu, bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah untuk menghubungkan Mendeley
dengan Microsoft Word.
- Unduh Add-in Mendeley untuk Word di mendeley.com
- Kemudian scroll ke bawah dan klik "Plugin Kencan"
- Klik "Get Mendeley Cite" dan pilih "Get it now"
- Kemudian masukkan akun Microsoft Word kamu
- Pengguna akan diminta untuk login dengan e-mail Microsoft
- Pengguna kemudian akan diminta untuk mengisi detail di Mendeley, termasuk nama, email, negara dan lain-lain, lalu klik "Lanjutkan"
- Setelah itu, Mendeley sudah terinstal di Word
- Klik "Referensi" untuk mengakses Mendeley, dan aplikasi ini siap dipakai
Namun, adakalanya pengguna ingin
referensi yang ia temukan sendiri dari internet atau website. Lalu bagaimana
cara menambahkan referensi manual di Mendeley? Berikut adalah
langkah-langkahnya.
- Buka aplikasi Mendeley
- Klik file dan klik tambahkan entri manual
- Masukkan data-data yang diperlukan seperti judul, pengarang, tahun, link website, dll.
- Sebelum mengisi data yang dibutuhkan, pastikan untuk memilih jenis artikel yaitu halaman web
- Klik simpan untuk menyimpan referensi secara online
- Sinkronkan referensi yang kamu simpan dengan MS Word
- Masukkan kutipan dan bibliografi dengan mengklik tab referensi
- Klik insert citation untuk memasukkan pada sitasi, dan bibliography untuk memasukkan pada daftar pustaka
- Jangan lupa untuk mengubah gaya kutipan dan bibliografi sesuai dengan persyaratan susunan kata yang diminta
Baca juga: Fresh Graduate, Yuk Kuasai 5 Skill Bidang Teknologi Ini agar Lebih Mudah Dapat Kerja
Dengan menggunakan Mendeley, kamu tidak perlu lagi membuat sitasi atau daftar pustaka dengan cara manual yang rumit. Kamu hanya cukup menggunakan aplikasi ini, dan sitasi serta daftar pustaka milikmu akan sudah jadi secara otomatis.
(gfr)
Tinggalkan Komentar