4 Aplikasi yang Berguna Saat Terjadi Keadaan Darurat

Teknologi.id . January 20, 2021

Foto: Popular Science


Teknologi.id - Keadaan darurat terjadi tanpa pandang bulu, entah itu bencana alam atau pun bentuk tindak kejahatan yang dialami seseorang, kejadian itu bisa menimpa siapa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Meski kita tidak bisa menolak atau melawannya, karena mungkin hal itu terjadi atas kehendak Sang Pencipta, kita masih bisa setidaknya meminimalisir resiko yang akan kita dapatkan.

Nah, dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, di toko aplikasi sudah tersedia beberapa aplikasi yang bisa membantu kita saat sedang berada dalam keadaan darurat. Apa saja aplikasinya?

4 Aplikasi yang Berguna Saat Terjadi Keadaan Darurat

1. bSafe


Aplikasi yang ditawarkan oleh Mobile Software AS ini dibuat dalam upaya menekan angka pemerkosaan dan pelecehan seksual. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat meminta seseorang untuk "mengikuti" dan memperhatikan pengguna saat dalam perjalanan melalui peta.

Pengguna dapat mengirim sinyal alarm ketika bahaya mendekat dan penerima sinyal tersebut akan mengetahui di mana lokasi pengguna. Ketika tombol SOS telah diaktifkan dengan alarm, pengguna tidak perlu menekan tombol tersebut. 

Bahkan ketika ponsel berada di dalam saku atau tas, karena penerima sinyal dapat melihat dan mendengar segala sesuatu yang terjadi melalui live streaming.

Audio dan video direkam secara otomatis dan langsung dikirim ke kedua perangkat yang saling terhubung tersebut.

Aplikasi bSafe juga memiliki fitur tambahan seperti panggilan palsu yang dapat membantu pengguna keluar dari situasi yang mengancam. Bagi yang ingin mengunduh aplikasi ini, bisa membuka Google Play Store ataupun App Store.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX Designer, Product Research, Esport Business Class, Digital Marketing, dan Sales & Marketing Professional bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Baca juga: 7 Platform Gratis Ini Bisa Bikin Aplikasi Tanpa Coding!

2. Red Panic Button

Saat berada dalam bahaya, pengguna dapat menekan Red Panic Button. Pengguna cukup mengatur nomor telepon atau alamat email yang akan menerima pesan berisi lokasi akurat pengguna berdasarkan dengan GPS.

Karena dilengkapi fitur nomor darurat, pengguna juga dapat mengatur nomor darurat yang dipanggil saat menekan Red Panic Button. Nomor juga dapat diatur dari pengaturan aplikasi. Selain itu, pengguna akan mendapatkan fitur rekam suara yang dapat mengirim rekaman ke daftar email yang diatur.

Aplikasi yang ditawarkan Ultimate Communication Software LTD ini dapat diunduh di Google Play Store dan App Store, namun untuk beberapa fitur seperti integrasi ke Apple Watch atau menambahkan jumlah kontak tak terbatas, pengguna harus membayar.

3. Life360 - Pelacak Keluarga



Aplikasi ini cocok untuk kamu yang selalu ingin memantau anggota keluarga satu sama lain. Di Life360 kamu bisa membuat private grup sendiri yang disebut "Circle" orang-orang terkasih.


Selain itu, kamu juga bisa melihat keberadaan atau lokasi siapapun yang masuk dalam grup secara real time, ketika tiba atau meninggalkan tujuan dengan mendapatkan notifikasi. Menariknya kamu juga bisa melihat lokasi telepon kamu ketika hilang ataupun dicuri. Life360 bisa diunduh di Android ataupun iOS.

4. My Safetipin

Aplikasi ini dirancang untuk keamanan dan keselamatan jiwa, di mana dapat membantu penggunanya untuk mengetahui suatu lokasi berdasarkan skor keamanan suatu daerah. My Safetipin ini dapat menghitung skor keamanan suatu tempat dengan 9 parameter dan kontribusi dari para pengguna.

Safetipin mengumpulkan data premier tentang keselamatan wanita di ruang publik pada malam hari. Menu di dalamnya memungkinkan kamu untuk mengetahui apakah daerah tersebut sudah cukup penerangan cahaya, ketersediaan jalan setapak, ketersediaan angkutan umum hingga kehadiran polisi atau penjaga keamanan di sekitar lokasi.

Baca juga: Instagram Berencana Kembalikan Tampilan Jumlah Like

(dwk)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler