5 Game Google yang Gratis dan Seru Dimainkan untuk Mengisi Waktu Luang

Foto: Unsplash.com/Nathana Rebou├žas

Teknologi.id - Industri game di Indonesia sendiri telah berkembang secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, tidak hanya pada platform konsol dan komputer, tetapi di perangkat seluler juga meningkat. Bahkan, Indonesia menempati peringkat kedua di dunia dalam bermain game pada berbagai perangkat. Selain itu, apa kalian tahu, jika Google memiliki game gratis yang dapat dimainkan oleh semua orang.

Selain berfungsi sebagai mesin pencari, ternyata Google juga memiliki beragam game gratis yang bisa dimainkan. Tentunya, kalian tidak perlu khawatir juga, karena game ini dapat dengan mudah dimainkan di perangkat apa pun. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini, Teknologi.id akan memberikan beberapa rekomendasi game dari Google yang gratis untuk dicoba jika ingin menghabiskan waktu kosong dan bersenang-senang tanpa perlu mengunduh (install) apa pun pada perangkat. 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Iklan di Game Android

Negara Indonesia Jadi Peringkat Kedua dalam Bermain Game

Foto: We Are Social

Seperti yang kalian tahu, orang-orang di Indonesia sangat senang bermain game, seperti jenis game Battle Royale, Multiplayer Online Battle Arena atau MOBA maupun bermain game di BC.Game Indonesia. Negara ini menduduki peringkat kedua di seluruh dunia dalam kategori bermain game di perangkat apa pun dengan 93,4 persen. Selain itu, pada posisi pertama ada Filipina dengan 95,9 persen. Thailand menduduki posisi ketiga dengan 92,9 persen. Sementara, pada posisi keempat dan kelima ditempati oleh Turki dan Arab Saudi dengan 92 persen dan 91,9 persen.

Tentunya, hal ini menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam industri video game di Indonesia. Selain itu, secara signifikan akses internet di Indonesia juga mulai meluas, baik melalui Wi-Fi ataupun data seluler, melalui ini memungkinkan orang untuk terhubung ke berbagai platform game dan berinteraksi dengan pemain lain secara online di seluruh dunia.

Kehadiran komunitas game yang aktif juga berperan dalam meningkatnya popularitas video game di negara ini, dengan bantuan media sosial; forum; dan event; orang-orang dapat berinteraksi satu sama lain, bertukar tips, dan bahkan berpartisipasi dalam turnamen. Salah satunya acara eSports yang saat ini sedang populer di Indonesia.

Selain itu, dengan adanya komunitas ini membantu membangun ekosistem yang sehat dan saling mendukung dalam industri game. Diharapkan dengan pertumbuhan yang berlanjut ini, Indonesia akan terus menjadi pasar yang menarik dan mendorong perkembangan bagi industri game.

5 Game Google Gratis yang dapat Dimainkan

Google game adalah salah satu fitur yang sangat menarik yang disediakan oleh Google. Hal menarik lainnya adalah hadirnya berbagai macam permainan yang tersedia. Mulai dari teka-teki yang melatih logika, game petualangan yang memacu adrenalin, dan game strategi yang menantang kecerdasan, semuanya dapat dimainkan secara online tanpa perlu diunduh (instal). Artinya, siapapun bisa menikmati bermain game kesukaannya kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga: Gampang, Begini Cara Mudah Ganti Kata Sandi (Password) Gmail lewat HP

  • Google Tic Tac Toe

Foto: Google

Game yang pertama ada Tic Tac Toe atau yang juga dikenal dengan 'SOS'. Kalian bisa dengan mudah memainkan game ini dengan mengetik "Tic Tac Toe" pada halaman pencarian Google. Nantinya, akan ditampilkan papan berukuran 3x3 di panel atas. Selain itu, permainan ini juga menyediakan beragam pilihan tingkat kesulitan hanya dengan mengklik menu di pojok kiri atas layar. Untuk mulai permainan, kalian hanya perlu mengklik papan, kemudian komputer akan mulai bermain secara otomatis.

  • Doodle Slalom Canoe

Foto: Google

Selanjutnya, ada Doodle Slalom Canoe, yang dirilis pada Agustus 2012 untuk merayakan pembukaan Olimpiade London. Game ini menampilkan jalur kano yang menantang dan menyenangkan, dimana pemain harus bergerak secepat dan setepat mungkin. Dengan gameplaynya yang sederhana dan intuitif, permainan ini menyenangkan dimana pemain menggunakan keyboard atau layar sentuh untuk mengontrol kano untuk melalui gerbang-gerbang lintasan. Kalian juga bisa mengakses game ini dengan mengetikkan kata kunci "Slalom Canoe" di mesin pencari Google.

  • Doodle Baseball

Foto: Google

Kemudian, ada simulator baseball yang dirilis pada tahun 2011 dalam rangka merayakan dimulainya musim Major League Baseball. Disini pemain berperan sebagai pemukul yang berusaha untuk memukul sebanyak mungkin bola yang diberikan dan ditampilkan sebagai berbagai makanan yang mungkin kalian lihat pada pertandingan bisbol Amerika, seperti hotdog, nachos, dan keju, sedangkan tim lawan sebagai kacang.

Cara bermainnya, pemain cukup mengeklik mouse untuk mengayunkan pemukulnya. Kalian bisa menemukan game ini dengan mengetikkan "Google Baseball" pada mesin pencari.

  • Google Champion Island Games

Foto: Google

Salah satu game lainnya yang menarik adalah Doodle Champion Island Games. Game ini memiliki grafis RPG yang gayanya seperti Nintendo lama. Awalnya game ini dihadirkan untuk memperingati Olimpiade Tokyo 2020 dan dirilis ulang pada awal Paralimpiade. Selain itu, terdapat 7 mini game bertema olahraga, termasuk skateboard, renang artistik, rugby, maraton, panjat tebing, panahan, dan tenis meja. Disini pemain berperan sebagai Lucky the Ninja Cat yang akan berkeliling pulau untuk mengikuti cabang olahraga dan menghadapi lawan untuk memenangkan permainan.

  • History of Pizza

Foto: Google

Terakhir, ada Google Doodle History of Pizza yang dirilis pada Desember 2020 untuk merayakan sejarah dari pizza. Pada game ini pemain diharuskan untuk mengiris pizza berdasarkan tugas yang diberikan dengan menggunakan mouse atau layar sentuh. Selain itu, game ini dirancang sederhana dan intuitif sehingga dapat dimainkan oleh pemain dari segala usia. Jika kalian tertarik, bisa melakukan pencarian "Google History of Pizza" pada Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(raa)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar