WhatsApp Kembangkan Fitur Double Tap untuk 'Like' Pesan, Mirip Instagram

Afroza . July 31, 2024


fitur double tap WhatsApp
Foto: AiChat


Teknologi.id - WhatsApp, aplikasi perpesanan populer di bawah naungan Meta, terus berinovasi untuk meningkatkan pengalaman penggunanya. Dalam perkembangan terbaru, WhatsApp sedang menggarap fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi cepat pada pesan dengan cara mengetuk dua kali (double tap) layar.

Menurut laporan dari WABetaInfo, fitur inovatif ini ditemukan dalam WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.16.7. Meskipun demikian, fitur ini masih dalam tahap pengembangan awal dan belum dapat diakses oleh pengguna reguler maupun beta tester.

Cara kerja fitur ini cukup sederhana dan mirip dengan yang sudah ada di Instagram. Pengguna hanya perlu mengetuk dua kali (double tap) pada sebuah pesan untuk meninggalkan reaksi berupa emoji hati. Saat ini, reaksi yang ditinggalkan hanya memiliki satu opsi default, yaitu emoji hati.

Baca juga: Meta AI Studio: Bisa Bikin Karakter AI untuk Interaksi dengan Pengguna Lain

Perbandingan dengan Fitur Reaksi Saat Ini

Fitur baru ini diharapkan dapat mempercepat proses pemberian reaksi pada pesan. Saat ini, pengguna WhatsApp yang ingin memberikan reaksi pada pesan harus menekan dan menahan pesan tersebut untuk membuka pop-up tray berisi pilihan emoji. Pengguna kemudian dapat memilih salah satu dari enam emoji yang tersedia secara default, atau menggunakan pilihan emoji lainnya dengan mengetuk ikon '+'.

Meskipun fitur ini terdengar menarik, WABetaInfo melaporkan bahwa mereka belum menemukan opsi untuk menonaktifkan fitur ini. Hal ini menimbulkan kekhawatiran tentang potensi kesalahan pengguna, seperti tidak sengaja meninggalkan reaksi pada pesan lama atau pesan penting dari atasan.

Selain fitur double tap, WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna meninggalkan reaksi untuk foto, video, dan GIF langsung dari halaman media. Fitur ini sudah tersedia untuk sejumlah beta tester dan diharapkan dapat memperkaya interaksi pengguna dengan konten multimedia di platform tersebut.

Baca juga: Siap-siap, WhatsApp Kembangkan Fitur Mirip AirDrop di iPhone

Belum ada informasi pasti mengenai kapan WhatsApp akan merilis fitur double tap untuk meninggalkan reaksi di chat secara luas. Seperti kebanyakan fitur baru, fitur ini harus melewati tahap pengembangan dan uji coba beta terlebih dahulu sebelum digulirkan secara massal kepada seluruh penggun

Pengembangan fitur double tap oleh WhatsApp menunjukkan komitmen aplikasi ini untuk terus berinovasi dan meningkatkan pengalaman penggunanya. Meskipun masih dalam tahap awal, fitur ini berpotensi mengubah cara pengguna berinteraksi dengan pesan-pesan di platform tersebut. Namun, WhatsApp juga perlu mempertimbangkan potensi masalah yang mungkin timbul dan menyediakan opsi kustomisasi bagi pengguna untuk memastikan pengalaman yang optimal.

Sementara kita menantikan peluncuran fitur ini, pengguna WhatsApp dapat terus menikmati fitur-fitur yang sudah ada dan mengikuti perkembangan terbaru dari aplikasi perpesanan favorit mereka. 

Baca Berita dan Artikel yang lain di  Google News

(afr)

Share :