Ciri-ciri Nomor WhatsApp yang Diblokir Orang lain

Vanessa Netanya . September 03, 2024


Ciri-Ciri Nomor WhatsApp Diblokir
Foto: iMore


Teknologi.id - Melalui WhatsApp, setiap orang dapat menjalin komunikasi dalam sebuah ruang obrolan. Lantas, bagaimana jika komunikasi tersebut diputuskan dari satu arah? Artikel ini menjadi pedoman untuk mengatahui ciri nomor WA yang diblokir oleh orang lain.

WhatsApp (WA) menjadi aplikasi tukar pesan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Menurut data World Visualized, pengguna WA di Indonesia mencapai 86,9 juta, yang menjadikannya sebagai pengguna nomor 4 terbesar di dunia, dikutip dari RRI.co.id pada Selasa (3/9/2024).

Jumlah tersebut menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap platform WA. Aplikasi ini dapat dipakai dengan mudah, sehingga menjadi pilihan orang-orang untuk bertukar pesan antar keluarga, teman, hingga rekan kerja.

WA menyediakan berbagai fitur yang menunjang performa penggunaannya. Salah satu fitur yang disediakan adalah blokir kontak. Setiap pengguna memiliki hak untuk memblokir nomor WA yang terhubung pada kontak yang tersimpan di ponsel atau nomor telepon.

Baca juga: Cara Ganti Nomor Lama WhatsApp ke Nomor Baru Tanpa Ganti Akun

Ketika pengguna memblokir kontak seseorang, WA akan memutuskan sambungan dengan kontak tersebut. Pesan dari nomor yang diblokir tidak akan sampai ke pengguna. Selain itu, kontak yang diblokir akan hilang dari daftar kontak WA dan tidak dapat melihat status.

Hal tersebut juga dirasakan oleh pengguna yang terblokir. Pesan yang dikirim tidak akan sampai pada pemblokir kontak.

Perlu diketahui, WA tidak akan memberikan notifikasi terhadap pemblokiran kontak. Nomor yang terblokir tidak akan mendapatkan informasi mengenai pemblokiran dari orang lain.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui bahwa nomor WA diblokir seseorang? Simak penjelasan berikut untuk memastikan kemungkinan nomor telah diblokir.

Ciri-Ciri Nomor WhatsApp Diblokir

  • Pesan centang satu

Ketika pengguna mengirim pesan, terdapat ikon centang yang menandakan status pengiriman. Centang satu diartikan sebagai pesan yang belum terkirim, centang dua berarti sudah terkirim, warna biru berarti pesan sudah dibaca.

Pesan dengan centang satu bisa dikarenakan nomor tujuan belum aktif atau belum terhubung ke internet. Namun, hal ini juga bisa berarti penerima menolak untuk mendapatkan pesan. Dengan kata lain, nomor WA pengirim telah diblokir.

Orang yang memblokir nomor WA lain tidak akan menerima pesan dari nomor tersebut. Begitu pun sebaliknya, yang diblokir tidak akan dapat mengirimkan pesan.

Ketika mendapati status pesan tetap centang satu setelah memastikan nomor WA penerima masih aktif, bisa jadi nomor Anda telah diblokir.

  • Foto profil kosong

Foto profil yang kosong juga dapat menjadi tanda seseorang telah memblokir nomor Anda.

Tidak jarang pengguna yang sengaja mengosongkan foto profil WA dengan berbagai alasan pribadi. Perlu diingat, tanda tersebut juga berlaku pada nomor yang telah diblokir.

Ketika foto profil hilang dari kontak seseorang secara tiba-tiba, juga hal ini diikuti dengan pesan yang tidak dapat terkirim, bisa menjadi tanda nomor Anda telah terblokir.

  • Tidak bisa lihat status online

Hilangnya tanda online seseorang, seperti status "Online" atau "Last seen" yang berada di bawah nama kontak, adalah ciri pemblokiran nomor yang berikutnya.

Fitur ini juga dapat dihilangkan pengguna secara sengaja melalui menu pengaturan. Namun, hilangnya status pada kontak seseorang secara mendadak juga perlu dicurigai sebagai ciri nomor Anda telah diblokir.

  • Tidak bisa lihat status Story WA

Selain status online, terdapat juga fitur yang menunjukkan eksistensi kontak lain di aplikasi WA. Terdapat fitur Story WA, di mana penggunanya dapat mengunggah foto, video, atau teks yang dapat dilihat selama 24 jam. Anda tidak akan dapat melihat status dari orang yang memblokir nomor Anda.

  • Tidak bisa melakukan panggilan telepon

Ciri lain yang memperkuat tanda nomor WA telah diblokir adalah tidak dapat melakukan panggilan telepon. Status yang tertera adalah "Calling", bukan "Ringing" yang diartikan bahwa panggilan telah tersambung dan menunggu untuk diangkat. Hal ini terjadi karena panggilan telepon tidak tersambung ke orang yang memblokir nomor Anda.

  • Tidak bisa mengundang ke grup WA

Terakhir, tidak dapat mengundang nomor yang memblokir Anda ke grup WA.

WA memberikan fitur agar penggunanya dapat mematikan akses yang memungkinkan nomor lain mengundang ke grup. Namun, begitu pun dengan nomor yang telah memblokir Anda. Jika Anda tidak dapat mengundang seseorang ke grup disertai dengan ciri-ciri lain yang tertera sebelumnya, besar kemungkinan nomor Anda telah diblokir.

Baca juga: Cara Hapus Akun WhatsApp dengan Nomor HP yang Sudah Tidak Aktif

Demikian ciri-ciri untuk mengetahui nomor WhatsApp yang diblokir oleh orang lain. Perlu diingat, deretan ciri-ciri di atas hanyalah kemungkinan yang tidak dapat dipastikan kebenarannya karena WA sendiri tidak memberikan notifikasi tentang pemblokiran.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :