Nearby Share Update Fitur untuk Saingi AirDrop Apple

Fabian Pratama Kusumah . April 20, 2022

Foto: The Keyword

Teknologi.id - Saat Google meluncurkan Nearby Share pada tahun 2020, pengguna Android menyambut antusias.

Mereka akhirnya memiliki alat untuk menyaingi AirDrop Apple, cara sederhana untuk memindahkan file antar perangkat tanpa harus melampirkannya ke email atau mengunggahnya ke Google Drive hanya untuk mengunduhnya lagi di perangkat baru.

Sekarang, sebelum Google I/O, beberapa pengguna telah melihat peningkatan yang mengintai di Layanan Google Play yang membuat Berbagi Terdekat lebih mudah.

Mode "berbagi sendiri" yang baru, tampaknya memungkinkan Anda mengirim file antar perangkat Anda sendiri dengan satu ketukan.

Fitur ini telah dikabarkan selama berbulan-bulan tetapi sekarang tampaknya lebih dekat untuk siap dirilis.

Sampai saat ini, Google telah mewajibkan penerima bagian untuk menerimanya, yang merupakan ide yang sangat bagus untuk alasan keamanan dan trolling, tetapi langkah tambahan yang mengganggu ketika Anda hanya ingin mengirim foto dari ponsel Anda ke laptop di sisi lain.

Dilansir dari The Verge, berbagi tanpa batas yang baru hanya berfungsi untuk perangkat yang mengaktifkan Berbagi Langsung, secara fisik dekat dengan Anda, dan masuk ke akun Google Anda.

Orang lain yang tidak ada di akun Anda tetap harus menerima setiap pembagian dari perangkat Anda.

Berbagi Terdekat adalah fitur penting bagi Google, terutama karena ekosistem Android terus berkembang di seluruh perangkat.

Jika Google akan berada di dalam ponsel, laptop, TV, speaker, dan jam tangan pintar Anda, Google perlu memudahkan pengguna untuk memindahkan barang di antara semua perangkat tersebut.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Bisa Atur Last Seen ke Kontak Tertentu

Apple terus menunjukkan apa yang mungkin di sini, dengan AirDrop tetapi juga dengan fitur-fitur seperti Kontrol Universal.

Ini bisa menjadi hal yang sulit untuk diperbaiki, meskipun: untuk setiap pengalaman layar kedua yang ajaib yang ditawarkan Apple, itu juga mengirimkan fitur yang membuat AirPods Anda beralih dari ponsel Anda ke laptop Anda pada saat yang paling buruk.

Belum ada kabar kapan pembaruan Berbagi Terdekat akan dirilis, tetapi dengan Google I/O dijadwalkan akan dimulai pada 11 Mei, kemungkinan tidak akan lama lagi.

(fpk)

Share :