Siap-siap, WhatsApp Kembangkan Fitur Mirip AirDrop di iPhone

Sekar Arum Pangastuti . July 24, 2024

Foto: WABetaInfo


Teknologi.id – WhatsApp kembangkan fitur berbagi foto, video, file tanpa perlu sambungan internet. Sekilas fitur ini, mirip dengan fitur AirDrop milik Apple.

Fitur ini pertama kali diuji coba pada ponsel Android. Namun, nantinya fitur ini juga segera hadir di iPhone. Dilansir dari WABetainfo, WhatsApp versi terbaru untuk iOS yang ada di TestFlight memiliki fitur Nearby Share yang berfungsi untuk berbagi file dengan orang-orang disekitarnya secara nirkabel dengan koneksi yang terenskripsi end-to-end sehingga hanya pihak yang terkait saja yang dapat melihat isi file.

Di Android, WhatsApp dapat langsung mendeteksi ponsel di sekitar. Sedangkan di iPhone, pengguna akan diminta untuk memindai kode QR terlebih dahulu sebelum berbagi file.

Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Fitur Penerjemah, Ngobrol Bahasa Asing Lebih Mudah

Hadirnya fitur ini diharapkan dapat mempermudah pengguna Android maupun iOS untuk berbagi file meskipun ponsel berbeda. Merujuk pada Statista, saat ini pengguna aktif WhatsApp hampir mencapai 3 milliar di seluruh dunia. Jangkauan aplikasi WhatsApp sangat luas di Amerika dan merupakan aplikasi berkirim pesan paling populer di dunia.

Kendati demikian, meski sudah tersedia pada WhatsApp versi Beta terbaru, fitur ini masih dalam tahap uji coba internal. Belum ada kepastian terkait kapan fitur Nearby Share yang dapat digunakan pengguna. Mungkin diperlukan beberapa waktu sebelum fitur ini muncul di perangkat Anda.

WhatsApp telah meningkatkan berbagai fitur beberapa waktu lalu. Di awal bulan ini, WhatsApp telah memperkenalkan fitur yang mampu memberikan pengguna lebih banyak konteks pada obrolan grup yang tidak dikenal. Sebelumnya, WhatsApp juga telah merilis fitur HD dalam berbagi gambar dan fitur penjelajahan saluran yang dapat dimanfaarkan pengguna.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(sap)

Share :