Jokowi Tekankan Digitalisasi UMKM di Sidang Tahunan MPR 2021

Dira Afiani . August 16, 2021

Foto: ANTARA Foto

Teknologi.id - Penyelenggaraan Sidang Tahunan MPR 2021 di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen Jakarta pada Senin (16/8/2021) digelar secara terbatas sekitar 60 orang. Sebagai Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan salah satu aspek dalam pidatonya terkait pentingnya dukungan pemerintah terhadap UMKM.

Jokowi yang nampak memakai pakaian daerah asal Baduy tersebut menyampaikan kinerja pemerintah untuk menangani sektor ekonomi selama masa pandemi COVID-19 masih bisa dimaksimalkan. Oleh karena itu, pemerintah harus bekerja lebih keras guna meningkatkan digitalisasi UMKM sehingga mampu memperluas kesempatan untuk masuk ke pasar global.

Perluasan ke akses-akses pasar digital menjadi perhatian utama bagi pemerintah saat ini. Hal ini sesuai dengan apa yang Jokowi sampaikan pada sidang hari ini.

"Program Bangga Buatan Indonesia terus kita gencarkan, sembari meningkatkan daya saing produk lokal dalam kompetisi global," ucap Jokowi.

Ia menekankan peran pemerintah dalam ekonomi digital sangat penting, sehingga ia ingin pemerintah terus mendorong perkembangan dalam sektor ini  guna meningkatkan daya produktivitas masyarakat Indonesia.

Di era dimana teknologi sudah menguasai hampir seluruh aspek kehidupan, Jokowi mengaku bahwa proses digitalisasi UMKM yang masuk ke aplikasi perdagangan elektronik jumlahnya semakin meningkat. Berdasarkan data yang ia miliki, tercatat sudah lebih dari 14 juta UMKM hingga Agustus 2021.

"Pandemi COVID-19 juga memberikan hikmah kepada bangsa Indonesia bahwa krisis menurut konsolidasi kekuatan negara untuk melayani rakyat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meraih Indonesia maju yang kita cita-citakan," lanjutnya.

Dengan adanya dukungan dari seluruh pihak, terutama lembaga-lembaga berwenang yang memiliki tanggung jawab sentral menjadi salah satu faktor kesuksesan program digitalisasi UMKM. Tak hanya itu, sinergitas antar lembaga negara yang efektif dan efisien akan merespons segala perubahan yang datang di masa depan.

(DA)

Share :