Untuk lebih jelas, selain meningkatnya penggunaan internet di Indonesia. Ada juga daftar penetrasi internet tertinggi berdasarkan kategori provinsi yang dipublikasikan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menurut "Survei Penetrasi Internet Indonesia Tahun 2023", yaitu sebuah survei yang dilakukan selama 10 Januari - 27 Januari 2023 dengan melibatkan 38 provinsi di Indonesia dan jumlah responden sebanyak 8.510 orang. Data infografis yang dibuat oleh Indonesia Baik berdasarkan data survei APJII dapat dilihat di bawah ini.
Jika dirinci berdasarkan kategori provinsi, bahwa penetrasi pengguna internet tertinggi atau di atas 80 persen dengan 89,10% di Banten, 86,96% di DKI Jakarta, 82,73% di Jawa Barat, 82,66% di Kepulauan Bangka Belitung, 81,26% di Jawa Timur, 80,88 di Bali, 80,48% Jambi, dan 80,31 di Sumatera Barat.
"Peningkatan penetrasi ini masih didorong oleh penggunaan internet yang kian jadi kebutuhan masyarakat, khususnya semenjak pandemi Covid-19 pada 2020," disampaikan Arif dalam konferensi pers di kantor APJII, Rabu (8/3/2023).
Lebih lanjut, dalam laporan "Digital Trends 2023" oleh We Are Social dan Meltwater disebutkan bahwa rata-rata waktu penggunaan internet di Indonesia bervariasi saat mengakses media digital. Menurut data di bawah, rata-rata waktu yang dihabiskan untuk mengakses internet setiap harinya adalah 7 jam 42 menit.
Lebih rinci lagi, rata-rata waktu yang digunakan dalam menonton televisi (siaran, streaming, dan video on demand) adalah sekitar 2 jam, 53 menit (naik 1,8% atau naik sekitar 3 menit), mengonsumsi media sosial di perangkat apapun sekitar 3 jam, 18 menit, mendengarkan musik sekitar 1 jam, 37 menit, dan bermain game sekitar 1 jam, 15 menit.
Ada juga beberapa fakta menarik dalam laporan tersebut, terdapat beberapa alasan utama mengapa pengguna di Indonesia menggunakan internet. Menurut hasil survei disebutkan bahwa sebanyak 83,2% mencari informasi, 73,2% mencari ide dan inspirasi baru, 73,0% terhubung dengan teman dan keluarga, 65,3% mengisi waktu luang, 63,9% mengikuti berita dan kejadian terkini, 61,3% menonton video, tv, dan film, dan lain-lain.
Selain itu, terdapat juga 20 (dua puluh) daftar situs web yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna di Indonesia pada tahun 2023 dalam laporan tersebut berdasarkan penilaian dari Similarweb, yaitu Google.com, Youtube.com, Facebook.com, Instagram.com, Twitter.com, Whatsapp.com, Shopee.co.id, Detik.com, Kompas.com, Hotstar.com, dan lainnya.
Namun, meskipun pengguna di Indonesia tembus hingga 212 juta pada tahun 2023. Seperti yang dicatat oleh We Are Social, ada sekitar 63,5 juta pengguna di Indonesia yang belum terhubung ke internet pada awal tahun 2023, jumlah ini merupakan yang terbesar ke-8 di dunia. Adapun posisi pertama di India dengan total 730 juta orang yang belum terhubung ke internet.
Sebagai catatan, laporan data yang dibagikan oleh We Are Social dan Meltwater ini dirangkum dari berbagai sumber termasuk pusat data pemerintah dan juga lembaga penelitian lainnya. Selain itu, menyebutkan juga bahwa ada data tersebut mungkin berbeda dengan data yang ada di lapangan saat ini, mengingat metode penelitian yang dilakukan berbulan-bulan sebelum data tersebut dirilis. Jika ingin membaca lebih lanjut, kalian bisa dengan mengunjungi tautan berikut Digital 2023 Indonesia.
(raa)