Ini Dia Arti Istilah "Vampir Listrik" yang Sedang Viral di TikTok

Andi Nabiilah Nur Ashiilah . September 13, 2024
TikTok vampir listrik

Foto: Pexels

Teknologi.id - TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang aktif memunculkan berbagai tren baru, termasuk istilah "vampir listrik". Banyak pengguna TikTok membahas fenomena ini, terutama karena dampaknya yang nyata terhadap konsumsi listrik sehari-hari. Namun, tidak semua orang memahami makna sebenarnya dibalik istilah tersebut, dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi tagihan listrik mereka.

Melalui artikel ini, kita akan mengupas lebih dalam apa yang di maksud dengan "vampir listrik" dan mengapa istilah ini relevan dalam kehidupan modern.

Arti "Vampir Listrik"

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan sebutan "vampir" yang biasa merujuk pada makhluk mitos yang menghisap darah manusia. Namun, kata "vampir" pada istilah vampir listrik memiliki makna yang sedikit berbeda.

"Vampir listrik" adalah istilah untuk menggambarkan perangkat elektronik yang tetap mengonsumsi energi meskipun dalam keadaan mati atau siaga. Kata "vampir" ini digunakan karena mirip dengan perangkat-perangkat elektronik tersebut yang menyedot listrik secara diam-diam meski tidak digunakan.

Walaupun jumlah listrik yang tersedot cukup sedikit, namun dengan banyaknya perangkat "vampir listrik" di rumah, jumlahnya akan menjadi cukup signifikan. Hal ini akan mengakibatkan tagihan bulanan listrik mu yang bertambah tiap bulannya.

Baca Juga: Mengenal Teknologi PSS Dalam Taekwondo PON XXI Aceh-Sumut

Contoh "Vampir Listrik"

Terdapat beberapa contoh perangkat elektronik yang mungkin kamu tidak sadar bahwa itu adalah vampir listrik yang sedang menghisap listrik mu. Berikut adalah contoh perangkat yang harus kamu waspadai:

  1. Charger : Mungkin kamu sudah seringkali mendengar jika charger ponsel yang terhubung ke stop kontak akan tetap menghisap listrik. Hal itu adalah benar, dan charger ponsel menjadi salah satu perangkat vampir listrik yang dapat kamu temukan dengan mudah. Hal ini juga termasuk charger laptop yang memiliki konsep yang sama dengan charger ponsel.
  2. Komputer : Komputer yang sedang dalam mode sleep sebenarnya juga menjadi salah satu contoh vampir listrik. Meski tidak kamu gunakan, komputer tetap menggunakan listrik untuk mempertahankan data dan pengaturan yang ada.
  3. Televisi : Faktanya, televisi yang dalam keadaan mati tetap memerlukan energi listrik untuk mempertahankan fitur jam dan siaga.
  4. Microwave : Alat ini juga dapat menjadi vampir listrik apabila tetap terhubung ke stopkontak walaupun tidak sedang kamu gunakan. Maka dari itu, lebih baik jika kamu mencabut kabel microwave jika sedang tidak menggunakannya untuk menghemat pengeluaran listrik bulananmu.
  5. Dispenser : Dispenser yang sering kamu gunakan untuk membuat air dingin dan panas juga termasuk vampir listrik yang mungkin tidak kamu sadari.

Baca Juga: Fitur Add Yours YouTube Shorts Resmi Dirilis untuk Semua Pengguna

Lima contoh di atas adalah sedikit contoh dari vampir listrik yang umum kamu gunakan. Masih ada banyak lagi contoh alat elektronik yang menguras listrik mu secara diam-diam. Kamu dapat mencoba berkeliling rumahmu untuk mengetahui alat-alat mana sajakah yang mungkin menjadi vampir bagi tagihan listrik. 

Cara mengatasi "Vampir Listrik"

Vampir listrik jika dibiarkan saja tentu dapat menimbulkan beberapa masalah yang cukup merepotkan. Tagihan listrik bulananmu pun juga akan membengkak akibat penggunaan listrik yang tidak dibutuhkan.

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah "Vampir Listrik", antara lain:

  1. Cabut perangkat elektronik jika tidak digunakan
  2. Gunakan stopkontak pintar yang dapat mematikan peralatan elektronik secara otomatis jika tidak digunakan
  3. Pilih peralatan hemat energi yang telah memiliki sertifikasi hemat energi

Itu dia pengertian dari istilah "vampir listrik" yang sedang viral di TikTok saat ini. Fenomena ini menunjukkan pentingnya kesadaran kita terhadap penggunaan listrik yang tidak efisien di rumah. Agar listrikmu tidak terbuang sia-sia, pastikan selalu mencabut perangkat elektronik sedang tidak kamu gunakan, terutama yang sering dibiarkan dalam mode siaga.

Selain itu, penting juga untuk menerapkan tiga tips sederhana untuk mencegah "vampir listrik" agar kamu bisa lebih menghemat biaya listrik bulanan. Dengan mematikan perangkat secara penuh, menggunakan stopkontak pintar, dan memilih perangkat hemat energi, kamu bisa menghindari pemborosan listrik dan menjaga pengeluaran tetap terkendali.



Baca berita dan artikel lainnya di: Google News

(ANNA)


Share :