Daging Palsu sampai Dokter AI, Berikut Teknologi yang Akan Merubah Dunia Tahun 2023

Muhammad Akhtar Jabbaran . December 23, 2022


Sumber Foto: DigitalBisa



Teknologi.id - Gagasan tentang daging yang dicetak 3D, implan untuk memperbaiki kelumpuhan atau bagian tubuh yang ditumbuhkan secara artifisial pernah menjadi ranah fiksi ilmiah, tetapi perkembangan ilmiah baru-baru ini berarti bahwa apa yang dulunya hanya fantasi kini semakin dekat untuk menjadi kenyataan. Penemuan baru dibuat setiap bulan, dan 2022 telah menjadi tahun yang sangat menarik untuk teknologi mutakhir. Banyak dari teknologi baru ini mengatasi masalah kemanusiaan yang paling mendesak, seperti krisis iklim, krisis energi, atau kekurangan pangan, tetapi ada beberapa yang juga keren.


Salah satu alasan mengapa ada begitu banyak perkembangan baru adalah karena para peneliti menemukan cara baru untuk memanfaatkan teknologi yang ada, dengan hal-hal seperti pencetakan 3D dan AI yang semakin mumpuni menjadi kekuatan pendorong di balik banyak inovasi terbesar. Cukup adil untuk mengatakan bahwa tahun ini telah melihat banyak studi yang menjanjikan menerbitkan teknologi fitur yang dapat merevolusi kehidupan sehari-hari banyak orang dalam beberapa tahun ke depan, dan inilah beberapa pilihan terbaik.


Steak Hasil Rekayasa 3D

Alternatif daging terus meningkat popularitasnya selama beberapa tahun terakhir, dengan para pendukung sering mengklaim alternatif ini lebih sehat bagi konsumen dan lebih baik bagi lingkungan (melalui Food Policy Center). Salah satu kritik paling umum yang ditujukan pada pengganti daging adalah bahwa mereka tidak pernah bisa benar-benar meniru pengalaman makan daging asli, karena kebanyakan dari mereka tidak cocok baik dalam tekstur, rasa, atau keduanya. Namun, itu mungkin akan segera menjadi masa lalu, karena beberapa startup sekarang mengklaim telah membuat "daging" cetak 3D yang lebih realistis daripada sebelumnya.


Pakaian anti bakteri dan anti noda

Nanoteknologi saat ini sedang dikembangkan untuk digunakan di banyak bidang yang berbeda, mulai dari kedokteran hingga manufaktur, tetapi salah satu perkembangan nanoteknologi yang paling tidak terduga berasal dari dunia mode. Dengan menggunakan lapisan nanofiber atau nanopartikel, beberapa perusahaan telah mengembangkan cara untuk meningkatkan sifat kain pakaian tanpa mengurangi rasa dan penampilan pemakainya. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal Nanomaterials, peningkatan ini mencakup lapisan yang menampilkan molekul hidrofobik, yang mampu menolak segala jenis cairan.


AI dalam diagnosis medis

Kecerdasan buatan digunakan dalam berbagai cara di industri perawatan kesehatan, dengan tujuan umum membuat akses ke perawatan kesehatan lebih mudah dan lebih komprehensif dari sebelumnya. Salah satu contohnya adalah IBM Watson Health, yang menggunakan pembelajaran mesin untuk menyerap banyak informasi dari catatan pasien, studi kasus, dan jurnal medis. Data ini kemudian diproses untuk memberi para peneliti wawasan tentang tren atau pola yang tidak mungkin dicapai hanya dengan analisis manusia.


Teknologi baterai EV baru

Siapa pun yang berada di pasar untuk mobil baru dalam beberapa tahun terakhir sangat menyadari bahwa revolusi EV sedang berlangsung, dan sebagian besar pabrikan sekarang menawarkan setidaknya satu model listrik dalam jajaran mereka. Salah satu hambatan terbesar yang mencegah adopsi teknologi lebih lanjut adalah keterbatasan teknologi baterai saat ini, yang berat dan besar serta membutuhkan waktu pengisian bahan bakar yang lebih lama daripada mobil bertenaga gas yang setara. Penelitian saat ini sedang berlangsung untuk mengoptimalkan desain baterai EV sehingga hampir setiap bagian kemasannya terbuat dari bahan aktif, yaitu dapat menahan muatan. Penempatan baterai di dalam mobil juga menjadi fokus utama para peneliti, dengan penempatan baterai yang lebih efisien yang mengarah pada peningkatan jangkauan dunia nyata yang berpotensi signifikan.


Internet Kuantum

Komputer kuantum menggunakan kekuatan bit kuantum (atau qubit) untuk bekerja secara signifikan lebih cepat daripada komputer tradisional, memungkinkan mereka memecahkan masalah yang sangat kompleks dengan kecepatan rekor. Meskipun membangun komputer kuantum bukan lagi ranah fiksi ilmiah, para peneliti, hingga saat ini, tidak dapat menyatukannya dengan cara apa pun yang berarti. Namun, pada Februari 2022, sebuah tim di Caltech menerbitkan studi kasus di mana mereka menggunakan qubit yang terbuat dari ion ytterbium, elemen tanah jarang, untuk membuat prototipe jaringan kuantum.


Baterai terbuat dari pasir

Mengurangi ketergantungan global pada bahan bakar fosil adalah salah satu langkah terbesar dalam mengatasi perubahan iklim, tetapi beralih ke sumber energi terbarukan bukannya tanpa masalah. Salah satu masalah terbesar adalah energi terbarukan cenderung tidak konsisten. Misalnya, panel surya hanya dapat menghasilkan listrik saat matahari bersinar, dan di banyak bagian dunia, musim dingin mengalami pengurangan drastis rata-rata jam sinar matahari. Sekelompok insinyur Finlandia baru-baru ini mengusulkan solusi – baterai pasir yang dapat menyimpan panas secara efektif untuk jangka waktu yang sangat lama (melalui BBC).


Bioprinting bagian tubuh

Setelah kehilangan hidungnya karena kanker pada tahun 2013 dan menjalani beberapa operasi rekonstruksi hidung yang gagal, seorang wanita Prancis baru-baru ini menjadi orang pertama yang menumbuhkan hidung baru – di lengannya. Operasi perintis melihat struktur hidung yang dicetak 3D ditanamkan ke lengan bawah pasien, yang kemudian menumbuhkan kulit dan akhirnya ditransplantasikan kembali ke wajahnya. Industri Percetakan 3D melaporkan bahwa struktur untuk menumbuhkan hidung baru dibuat oleh spesialis cangkok tulang CERHUM, menggunakan biokeramik biokompatibel di mana porositas struktur dapat disesuaikan.


Baca juga: Bioskop di Magetan Ini Manfaatkan VR Sebagai Pengganti Layar Tancap


(MAJ)

Share :