Foto: RawPixel
Teknologi.id - Dunia desain grafis tidak lagi hanya memikirkan seberapa indah karya Anda untuk dipandang, tetapi juga tentang menciptakan dampak yang tepat pada pandangan pertama yang melihatnya. Oleh karena itu sudah mulai bermunculan banyak tren baru yang akan membantu desainer grafis untuk mencapai tujuan ini.
Berikut ini adalah tren yang akan sangat popular jika ingin menaklukan dunia desain grafis di tahun 2023.
8 Tren yang Akan Menguasai Dunia Desain Grafis di Tahun 2023
1. Kreatifitas yang Bergerak / Motion Graphics
2023 akan menjadi tahun di mana gambar stasis menjadi tren kuno karena semakin banyak perusahaan menyampaikan pesan mereka melalui motion graphic dan animasi. Mengapa demikian? Kita hidup dalam visual culture. Informasi yang mungkin membutuhkan waktu berjam-jam untuk dipahami dapat direpresentasikan dengan motion graphic yang sederhana dan mudah dikonsumsi secara tertulis.
Motion
graphic dapat digunakan untuk mengekspresikan ide, bagan, grafik, dan
barang atau jasa dengan cara yang murah dan kontemporer. Anda dapat menggunakan
motion graphic untuk menceritakan kisah yang ingin Anda sampaikan dengan
menggunakan gerakan tanpa perlu bertubi-tubi. Ditambah lagi, Motion graphic
memang terbukti lebih memanjakan mata untuk dilihat, dan meningkatkan engagement
pengguna.
2. AI Art: Teman atau Lawan?
Dengan munculnya Dall-E 2 yakni kecerdasan buatan (AI) yang dapat menghasilkan gambar dari serangkaian kata, media sosial dikagetkan dengan betapa mudahnya mewujudkan imajinasi mereka menjadi gambar hanya dengan menggunakan serangkaian kata dalam platform tersebut. Meskipun AI juga cukup menuai beberapa kontroversi dikalangan seniman dan desainer di dunia maya, suka atau tidak, tidak bisa dipungkiri kalau desain yang dihasilkan AI akan terus bermunculan, terutama dengan GPT-4 OpenAI yang akan datang.
3. Bentuk-Bentuk yang
Mencolok
Untuk menarik perhatian,
desainer telah menggunakan bentuk dan warna yang mencolok dalam desain mereka
agar menonjol di antara perusahaan lain. Tentu saja dengan begitu tren ini tidak akan tersingkirkan di tahun 2023.
4. Makin Banyak Dimensi
Dengan kemajuan
teknologi, kini sudah kian sangat mudah untuk menghasilkan rendering berbentuk tiga
dimensi. Kita dapat mengharapkan tahun 2023 untuk memiliki logo, halaman web,
dan lainnya yang hadir dengan elemen 3D yang membuat yang melihat tertarik dan tetap
berada dihalaman website Anda. Rendering akan menciptakan dampak dalam hal-hal
seperti tipografi dan penambahan karakter.
5. Kreatif sambil Inklusif
Gerakan yang menciptakan
dampak sekaligus mempromosikan inklusivitas memainkan peran besar di tahun
2022. Dengan demikian, tidak aneh untuk berasumsi bahwa pada tahun 2023,
desainer akan terus memasukkan inklusivitas dalam visual mereka. Perlu diingat
bahwa setiap brand bertujuan untuk memenangkan hati setiap pengikutnya,
sehingga dapat dipastikan inklusivitas untuk terus tercermin dalam brand
perusahaan, terutama dalam desainnya.
6. Dunia Virtual
Menghasilkan Desain Virtual
Semakin banyaknya perusahaan
yang mencoba terjun ke dalam dunia VR, kita dapat pastikan desain grafis untuk
mengikutinya. Desainer dapat memanfaatkan keterampilan mereka untuk membuat
desain yang benar-benar menarik perhatian Anda dan lebih imersif dari
sebelumnya. Dengan platform seperti Metaverse, PSVR, serta Quest 2, kreativitas
makin tidak terbatas dari sebelumnya.
7. Masa Lalu Adalah Masa
Depan
Gaya visual tahun 90-an
yang melimpah di tahun 2022 akan berlanjut hingga tahun 2023, sehingga kita
dapat mengharapkan lebih banyak ilustrasi dengan palet warna cerah retro di
setiap sampul poster dan hal lain yang dijamin akan membangkitkan rasa
nostalgia.
8. Minggir ya Minimalis, Kini
Saatnya Maximalis
Dari tahun 2020 hingga 2022, kita melihat banyak sekali perusahaan mulai dari Firefox, Google, dan masih banyak lagi yang mengadopsi desain minimalis pada logo mereka. Meskipun ada keindahan dalam kesederhanaan dalam dunia desain, belum ada yang menyaingi pesan visual yang dapat disampaikan.
Meskipun pada masa pasca-pandemi perusahaan banyak yang berfokus pada desain minimalis, dapat dipastikan bahwa desainer grafis akan menjelajahi kebebasan dunia yang baru di era pasca-pandemi covid-19 ini. Kini saatnya mereka mendapatkan inspirasi untuk menghasilkan karya yang mendobrak batasan dan mengisi ruang kosong secara efektif yang dihasilkan oleh desain minimalis.