Tips Menggunakan Canva untuk Tingkatkan Produktivitas

Vanessa Netanya . September 27, 2024

Tips menggunakan fitur Canva

Foto: Canva

Teknologi.id - Di zaman yang serba digital ini, media visual sangat dibutuhkan untuk berbagai kebutuhan dalam hidup. Setiap harinya, orang akan selalu berhadapan dengan grafis visual sebagai media komunikasi yang harus dipahami oleh penerima pesan.

Canva hadir sebagai platform desain gratis dan dapat digunakan dengan mudah bagi pemula hingga profesional. Platform ini sangat terkenal di kalangan masyarakat luas. Kepraktisan yang ditawarkan oleh Canva membuatnya disenangi oleh pengguna.

Platform ini juga telah terintegrasi dengan kecerdasan buatan (AI) yang semakin memanjakan pengguna dalam membuat desain sesuai yang diinginkan.

Dikutip dari IDN Times pada Jumat (27/9/2024), Laporan Ekonomi Visual Canva memberikan data bahwa 81% pemimpin bisnis di Indonesia berinvestasi pada alat komunikasi visual dengan tenaga AI dibandingkan tahun lalu.

Tips Menggunakan Canva Untuk Menaikkan Produktivitas

Canva menyediakan berbagai fitur atau tools yang dapat mendukung produktivitas penggunanya. Gunakan fitur-fitur tersebut untuk memaksimalkan proses dan hasil dari pembuatan desain Anda.

  • Tool Work Kit

Fitur ini menyediakan template desain dengan berbagai kriteria. Pengguna dapat menggunakan template yang telah disediakan, baik secara gratis maupun khusus bagi pelanggan berbayar.

Melalui fitur ini, pengguna dapat memilih berbagai macam variasi templaete sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Template-template tersebut tersedia mulai dari template presentasi, resume, untuk berjualan, hingga kreativitas lain yang tidak ada batasnya.

  • Tool Brand Kit

Selain template, terdapat juga tool Brand Kit yang membantu kreator atau pengusaha mempertahankan konsistensi sebuah brand. Tools ini menyediakan berbagai elemen visual, seperti logo, color palette, hingga font yang sudah tergabung dalam sebuah template.

Fitur ini memiliki fungsi untuk mempertahankan pilihan visual dalam berbagai desain agar tetap konsisten. Hal ini sangat berguna bagi perusahaan yang membutuhkan konsistensi dalam berbagai desain yang dihasilkan. Pengguna hanya perlu membuka satu lokasi yang menjadi tempat penyimpanan template brand.

  • Tool AI Generatif

Canva pun memiliki AI yang dapat mempermudah penggunanya dalam mendesain elemen visual. Beberapa fitur tersebut antara lain Magic Switch yang dapat menerjemahkan dokumen dalam satu kali klik, Text to Image yang dapat mencarikan gambar secara otomatis melalui perintah tertulis, Magic Eraser yang dapat menghapus objek yang tidak diinginkan, dan Translate untuk menerjemahkan ke dalam bahasa lain.

Terdapat juga Magic Design yang berguna untuk membuat pilihan template berdasarkan gambar atau foto yang telah diunggah, juga Instant Presentation yang memiliki kemampuan untuk membuat deretan slide presentasi melalui sebuah prompt text

Baca juga: Fitur Magic Write di Canva, Begini Cara Praktis Menggunakannya

  • Fitur Video Recorder

Canva semakin memanjakan penggunanya dengan memberikan fitur untuk merekan presentasi. Fitur Video Recorder memungkinkan pengguna untuk merekan slide presentasi sekaligus rekaman diri dan suara. Rekaman ini dapat digunakan untuk menampilkan presentasi kepada audiens dalam bentuk rekaman, sehingga Anda dapat melakukan aktivitas lain secara bersamaan.

  • Kolaborasi Dengan Pengguna Lain

Mungkin fitur ini telah diketahui oleh sebagian besar pengguna Canva. Platform desain sejuta umat ini memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk mengedit sebuah desain bersama-sama dengan real-time.

Pengguna dapat membagikan link desain yang sudah mendapat akses untuk berbagi ke setiap pembuka link, kemudian berbagai akun dapat mengerjakan desain secara bersamaan.

Demikian beberapa fitur dari Canva yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses editing atau mendesain keperluan visual masing-masing pengguna.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(vn)

Share :