Punya UMKM Ini Segmentasi Pasar Paling Berpengaruh Saat Ini

Muhammad Iqbal Mawardi . May 07, 2021

Foto: Wallpaper Cave

Teknologi.id – Segmentasi pasar merupakan salah satu strategi pemasaran yang biasa digunakan oleh pemilik usaha dalam menumbuhkan market share atau pangsa pasar. Segmentasi pasar dilakukan dengan cara mengelompokan pelanggan dalam berbagai kelompok pasar.

Menurut Philip Kotler, seorang professor pemasaran asal Amerik Serikat, terdapat 3 subkultur digital yang paling berpengaruh di era digital. 3 segmentasi pasar tersebut adalah Youth, Women, dan Netizen yang ia singkat menjadi YWN.

Anak Muda untuk Mind Share

Foto: Unsplash

Anak muda adalah segmen pasar yang sangat potensial. Selain karena jumlah yang besar, mereka adalah penganjur yang sangat diikuti suaranya oleh orang disekitarnya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa anak muda atau yang selama ini kita kenal sebagai milenials adalah orang yang suka dengan eksperimen. Mereka suka mencoba hal-hal baru yang selama ini dianggap terlalu beresiko oleh golongan orang dewasa.

Itu artinya, tren peluncuran produk dalam versi beta sangat membutuhkan peran anak muda yang pada basic-nya memang suka mencoba dan memberikan saran perbaikan.

Selain itu anak muda adalah trendsetter. Mereka selalu mengikuti apa saja hal baru yang saat itu menjadi tren. Senang mencoba hal baru, dan selalu mengikuti tren terbaru membuat suaranya selalu diperhitungkan oleh kalangan lainnya.

Pada akhirnya, kaum muda lah yang akan menjadi pengubah permainan.. Berani melakukan hal baru, terkenal objektif, peduli dengan apa yang terjadi disekitar, dan sangat vokal pada akhirnya berujung pada kesimpulan, anak muda adalah kunci mind share. Anak muda merupakan target yang sangat tepat jika kamu ingin mempengaruhi pikiran pelanggan dalam segmen umum.

Baca juga: 5 Alasan Digital Marketing Sangat Penting untuk Perusahaan

Perempuan untuk Market Share

Foto: Wallpaper Flare

Perempuan juga menjadi salah satu segmen pasar paling berpengaruh di era digital. Selain karena jumlahnya yang besar, philip kotler juga menjelaskan bahwa profil wanita sebagai segmen pasar sangat istimewa. Jika dibagi dalam beberapa sub segmen, perempuan dapat dibagi menjadi 3 segemen. Yakni perempuan rumah tangga, ibu rumah tangga yang ingin bekerja, dan juga juga wanita karier. Jika kita kerucutkan, dunia wanita berada di lingkaran keluarga dan pekerjaan.

Perlu kita ketahui bahwa perempuan adalah seorang yang suka mengmpulkan informasi, hal ini bisa kita lihat dari aktivitas perempuan ketika berada di mall dalam membeli produk. Mereka cenderung akan pergi dari gerai satu ke gerai lainnya, lalu kembali ke titik sebelumnya. Sifat ini sangat kontras dengan pria yang segalanya ingin cepat selesai.

Suka mengumpulkan informasi dan berbagi, memiliki pengaruh yang kuat di rumah dan tempat kerja, membuat wanita patut untuk menjadi salah satu kadidat kuat untuk diprioritaskan dalam segmentasi pasar. Jika brand kamu ingin menjadi yang menonjol di segemen utama, setidaknya brand tersebut harus bisa melewati proses penyaringan keputusan komprehensif yang biasa dilakukan oleh perempuan.

Netizen untuk Heart Share

Foto: Wallpaper Safari

Pertama, kita harus memiliki perspektif yang sama terlebih dahulu soal Netizen atau Warganet. Perlu kita sepakati bersama bahwa tidak semua pengguna internet bisa kita sebut sebagai netizen.

Sederhannya warganet atau netizen adalah pengguna internet yang suka berkontribusi. Ciri-cirinya adalah mereka suka mengumpulkan informasi, pengkritik, ataupun content creator. Mereka tidak hanya mengonsumsi konten di internet, tapi juga terlibat aktif didalamnya.

Philip Kotler menjelaskan bahwa peran warganet untuk mempengaruhi orang lain sangat besar. Hal ini karena mereka selalu memiliki hasrat untuk terhubung dan berkontribusi. Selain itu, warganet adalah pembela ekspresif yang sangat vokal, dengan berinteraksi secara anonim, membuat mereka sangat agresif dalam menyampaikan pendapat.

Nah, untuk kamu para pemilik usaha atau brand, sekarang ini Teknologi.id menghadirkan fitur yang tentunya sangat bermanfaat untuk bisnis kamu. Jadi, Teknologi.id memfasilitasi kamu untuk dapat menuliskan tulisan terkait usaha dan brand yang kamu miliki saat ini.

Tulisan tersebut bisa berupa guest post atau content placement apabila kamu ingin mempromosikan produk dari bisnis atau brand yang kamu miliki. Menarik bukan?

Berikut merupakan rincian dari rate card menulis di Teknologi.id.

  1. 135 USD / article with backlink if the article already written
  2. 160 USD / article  with a backlink if we write the article
  3. 100 USD for x1 story ad ONLY

Jika tertarik, kamu bisa langsung kontak ke nomor WhatsApp +62 857-2644-8131 (Putri) atau ke alamat email admin@teknologi.id.

(MIM)

Share :