Praktis! Begini Cara Pesan Tiket Kereta Api Go Show di KAI Access

Ni'matul Rihhadatil Aisy . September 24, 2023

Foto: Keretaapikita

Teknologi.id – Sebagai salah satu transportasi umum yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk pergi dari satu tempat ke tempat lainnya, tentu tidak heran apabila tiket perjalanan dengan kereta api cepat terjual. Sebab itu, jika ingin menggunakan transportasi tersebut, calon penumpang harus stand by untuk memesan tiket yang belum terjual.

 

Untuk memudahkan pembelian tiket tersebut, kini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menawarkan layanan tiket Go Show yang tersedia untuk masyarakat. Tiket Go Show ini merupakan tiket yang belum terjual dalam pemesanan tiket kereta api. Tiket tersebut juga memungkinkan penumpang untuk memesan tiket di hari keberangkatan secara mendadak.

 

Dalam hal ini, penumpang dapat melakukan pembelian tiket kereta api Go Show secara offline ketika tiba di stasiun, maupun lewat aplikasi KAI Access yang dapat di download di Google Play Store atau App Store.

 

Baca Juga: Google Docs Sempat Kena Blokir, Kominfo Beri Penjelasan


Jika anda ingin membeli tiket dengan praktis melalui aplikasi KAI Access, anda dapat membelinya dengan langkah-langkah berikut.

 

Cara Beli Tiket Kereta Api Go Show di Aplikasi KAI Access:

  • Download aplikasi KAI Access di Play Store atau App Store.
  • Lakukan log in dengan masukkan email atau nomor telepon anda.
  • Kemudian, pada halaman beranda pilij jenis kereta “Antar Kota” atau Lokal”.
  • Pilih tanggal keberangkatan.
  • Klik “Cari Tiket Antar Kota”.
  • Pilih jenis kereta dan cek kuota kursi yang masih tersedia.
  • Lalu isi data penumpang dengan lengkap dan tekan opsi “Lanjutkan”
  • Pastikan data yang terisi sudah benar, kemudian pilih metode pembayaran yang akan dipakai.
  • Setelah proses pembayaran selesai, anda akan mendapatkan kode booking atau pemesanan yang akan ditunjukkan kepada petugas.

Sebagai catatan penting, meskipun tiket dapat dipesan secara tiba-tiba pada hari keberangkatan, tetap memiliki batas maksimal waktu pemesanan, yakni maksimal 2 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Jadi, anda tetap harus memerhatikan jadwal keberangkatan jika ingin pesan tiket mendadak.


Baca Juga: Hati-hati! Bikin Stiker Whatsapp Pakai Foto Orang Bisa Dipenjara & Denda Rp 2 Miliar 


Fitur Lain di KAI Access

Aplikasi yang dibuat oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) tidak hanya menawarkan pembelian tiket kereta api untuk antar kota dan lokal saja, namun termasuk pembelian tiket kereta api commuter line, LRT, kereta bandara, dan juga kereta cepat yang akan dirilis nanti. Untuk cara pembeliannya, hampir sama dengan pembelian tiket kereta api antar kota atau lokal, namun untuk pembayaran dilakukan dengan KAIPay.

 

Anda juga dapat melihat rute dan jalur kereta api commuter line di aplikasi tersebut. Selain itu, anda bisa mengecek jadwal kereta selama 1 jam kedepan, seharian, atau anda bisa mengatur jam dari waktu ke waktunya sendiri. Fitur ini sangat berguna untuk para pengguna commuter line agar mereka tidak tertinggal oleh kereta tujuan. Selain itu, ada pula fitur cek tarif yang memungkinkan pengguna transportasi umum ini untuk memperkirakan estimasi tarif perjalanan yang akan di keluarkan.

 

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Resmi Dinamai 'Whoosh', Ini Artinya


Fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut juga tidak hanya seputar kereta api saja, melainkan ada fitur pencarian hotel yang dimana akan menawarkan hotel terdekat dari stasiun yang akan anda tuju. Bukan hanya itu saja, anda bisa membeli pulsa, paket data hingga membayar tagihan listrik pada fitur PLN. Anda juga dapat menonton hiburan yang disediakan selama perjalanan di kereta api dengan aplikasi KAI Access.

 

Demikianlah beberapa fitur serta cara memesan tiket kereta api pada aplikasi KAI Access, aplikasi yang dibuat untuk memberikan kemudahan penumpang dalam memesan tiket kereta.


Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.


(NRA)

Share :