Maksimalkan SEO dengan Strategi Media Placement

Muhammad Iqbal Mawardi . May 07, 2021

Foto: Pinterest

Teknologi.id – Apakah kamu memiliki bisnis tertentu dan ingin memanfaatkan media digital sebagai medium untuk pengembangannya? Jika iya, maka kamu harus mencoba mengerahkan staf PR (Public Relations), khususnya digital PR dan SEO Specialist agar metode pemasaran content placement ini dapat mendongkrak nama brand kamu semakin besar.

Usman Raza, seorang marketing strategist menyimpulkan ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan strategi media placement. Berikut beberapa diantaranya.

Tidak Harus Menjadi Brand Besar untuk Beriklan di Media

Mendapatkan media placement di suatu portal media besar memang bukanlah hal yang mudah. Ini membuat banyak orang berpikir bahwa praktisi PR tersebut kurang berpengalaman, dan itu akan membuat peluang semakin sulit ditembus.

Namun, hal tersebut tidaklah benar. Setelah menganilisis 20 laman website yang muncul di artikel sampel mereka, Usman Raza menemukan banyaknya backlink yang merujuk ke perusahaan-perusahaan kecil dan baru.

Oleh karenanya, kesimpulan yang dapat diambil adalah strategi pemasaran ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai skala perusahaan, tidak hanya terbatas pada perusahaan skala besar saja.

Beriklan di Blogger

Selain memasang tautan editorial di portal besar, kamu juga dapat mendapatkan tautan editorial di artikel-artikel blog personal. Semakin banyak narablog atau jurnalis yang mengunggah artikel editorial, maka hal ini bisa mendongkrak nama brand kamu.

Biasanya, para narablog dan wartawan yang menulis artikel di website pribadi semacam ini telah membekali diri mereka dengan teknik menulis artikel SEO yang mutakhir. Ini membuat nama produk atau bisnis kamu pun akan memiliki peluang yang lebih besar untuk muncul di baris teratas mesin pencarian Google, bahkan mendapatkan featured snippet atau cukplikan khusus.

Baca juga: Cara Pakai WhatsApp Bisnis untuk Meningkatkan Cuan Usaha

Menggunakan Clique Hunter

Fitur Clique Hunter ini juga dapat digunakan untuk menemukan perspektif baru. Melalui fitur Clique Hunter, kamu akan mendapatkan data terkait situs-situs mana saja yang memberikan tautan editorial kepada kompetitor.

Dengan fitur ini, selain mendapatkan gambaran media apa saja yang dapat dimasuki oleh bisnis kamu, praktisi PR juga dapat memperoleh gambaran mengenai strategi macam apa yang digunakan oleh kompetitor, sehingga kamu akan mendapatkan perspektif baru dan memetakan peluang.

Memilih Media Wajib

Tips terakhir ini merupakan langkah dalam menargetkan media mana yang akan kita upayakan untuk mendapatkan tautan editorial untuk mendongkrak SEO website. Terdapat hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih media yang akan sangat dipriorotaskan untuk mendapatkan tautan editorial. Diantaranya adalah:

  • DA website yang tinggi (untuk memaksimalkan SEO).
  • Tema website, akan lebih baik jika kamu berhasil mendapatkan tautan editorial yang memiliki basis pengunjung sejalan dengan bisnis kamu.
  • Keyword dari artikel ditorial, usahakan untuk menargetkan long tail keyword yang minim persaingan agar lebhi mudah muncul di Google.

Nah, untuk kamu para pemilik usaha atau brand, sekarang ini Teknologi.id menghadirkan fitur yang tentunya sangat bermanfaat untuk bisnis kamu. Jadi, Teknologi.id memfasilitasi kamu untuk dapat menuliskan tulisan terkait usaha dan brand yang kamu miliki saat ini.

Tulisan tersebut bisa berupa guest post atau content placement apabila kamu ingin mempromosikan produk dari bisnis atau brand yang kamu miliki. Menarik bukan?

Berikut merupakan rincian dari rate card menulis di Teknologi.id.

  1. 135 USD / article with backlink if the article already written
  2. 160 USD / article  with a backlink if we write the article
  3. 100 USD for x1 story ad ONLY

Jika tertarik, kamu bisa langsung kontak ke nomor WhatsApp +62 857-2644-8131 (Putri) atau ke alamat email admin@teknologi.id.


Share :