Gampang! Ini Dia Cara Mengatur Satu STB untuk Dua TV Analog Sekaligus

Afiyah Khaulah . February 23, 2023
Foto: CNBC Indonesia.


Teknologi.id - Sudah sebulan lalu sejak pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan peralihan TV analog ke siaran TV digital atau analog switch off (ASO). Karena itu, banyak masyarakat yang masih menyesuaikan diri dengan penggunaan siaran TV digital. Pasalnya, untuk menikmati siaran TV digital pada TV analog, kamu harus memiliki alat tambahan set top box (STB).

Namun, tahukah kamu bahwa satu STB dapat digunakan untuk dua TV analog secara bersamaan? Ya, tidak hanya satu TV, tapi satu STB dapat membantu dua TV analog segaligus secara bersamaan. Pastinya ini menjadi solusi untuk berhemat, karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang Rp 100 ribuan untuk membeli STB lagi. Lantas bagaimana cara mengatur agar satu STB dapat dipakai dua TV analog sekaligus? simak penjelasannya sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Mudah Cek Jangkauan Sinyal TV Digital

Gunakan Splitter HDMI atau RCA

Apabila kamu ingin menghubungkan satu STB ke dua TV analog dengan kabel HDMI, maka kamu memerlukan splitter HDMI. Splitter HDMI adalah alat yang berfungsi untuk menghubungkan satu kabel HDMI untuk ke dua TV secara bersamaan. Kamu hanya perlu memasukkan kabel HDMI ke input splitter dan menghubungkannya ke dua TV dengan kabel HDMI yang berbeda. Perlu diketahui, kabel HDMI umumnya digunakan pada TV LED. apabila TV dirumahmu tidak menggunakan kabel HDMI, maka kamu dapat menggunakan kabel RCA sebagai penggantinya.

Umumnya, TV analog masih menggunakan kabel RCA atau yang berwarna merah, kuning, dan putih. Apabila TV analog yang kamu miliki di rumah menggunakan kabel RCA, maka kamu memerlukan splitter RCA. Splitter RCA memiliki tiga port input yang sesuai dengan tiga kabel RCA berwarna merah, kuning, dan putih. Kamu hanya perlu menghubungkan tiga kabel RCA dari STB ke input splitter dan menghubungkannya ke dua TV analog dengan kabel RCA yang berbeda.

Apakah kamu masih kesulitan dalam pemasangan STB ke dua TV analog? jangan khawatir, berikut adalah langkah langkah untuk memasangkan satu STB ke dua TV analog baik itu menggunakan kabel HDMI maupun RCA.

Cara Pasang Satu STB ke 2 TV Menggunakan Kabel HDMI

  1. Pastikan STB dan dua TV analog yang akan digunakan sudah siap untuk dipasang.
  2. Hubungkan kabel HDMI dari port HDMI STB ke port HDMI TV LED atau datar. Kabel HDMI adalah kabel dengan ujung yang lebih kecil dan biasanya berwarna hitam.
  3. Hubungkan kabel RCA dari port RCA STB ke port RCA TV tabung. Kabel RCA adalah kabel dengan tiga ujung warna merah, kuning, dan putih.
  4. Hidupkan STB dan TV LED atau datar. Pastikan kabel HDMI terpasang dengan baik dan saluran TV yang dipilih pada TV LED atau datar sesuai dengan masukan HDMI yang digunakan.
  5. Hidupkan TV tabung dan pastikan kabel RCA terpasang dengan baik dan saluran TV yang dipilih pada TV tabung sesuai dengan masukan RCA yang digunakan.

Cara Pasang Satu STB ke 2 TV Menggunakan Kabel RCA

  1. Pastikan STB dan dua TV analog yang akan digunakan sudah siap untuk dipasang. 
  2. Hubungkan kabel RCA dari port RCA STB ke port RCA TV tabung. Kabel RCA adalah kabel dengan tiga ujung warna merah, kuning, dan putih.
  3. Hubungkan kabel RCA dari port RCA STB ke port RCA TV LED atau datar. Jika TV LED atau datar tidak memiliki port RCA, Anda dapat menggunakan konverter HDMI to RCA.
  4. Hidupkan STB dan kedua TV analog. Pastikan kabel RCA terpasang dengan baik dan saluran TV yang dipilih pada TV tabung dan TV LED atau datar sesuai dengan masukan RCA yang digunakan.
  5. Atur STB pada saluran yang diinginkan dan pastikan kedua TV analog menampilkan siaran TV digital yang sama.

Baca Juga : Hanya Modal Rp 10 Ribu! Ini Cara Mengatur TV Analog untuk Nonton Siaran TV Digital

(ak)

Share :