Cara Stabilkan Video Menggunakan Google Photos

Nova Dila Amalia Robo . October 23, 2024

Cara Stabilkan Video Menggunakan Google Photos
Foto: Fast Company

Teknologi.id- Pernah merekam video lewat handphone dan mendapatkan hasil yang goyang dan tidak stabil? hal ini terjadi karena kita menggunakan tangan untuk merekam. Dalam mengambil video, kita tentunya menginginkan hasil video yang kita rekam untuk terlihat lebih stabil. Hasil video yang stabil akan memberikan kesan yang lebih profesional dan nyaman ditonton. 


Selain itu, video yang stabil juga akan lebih mudah diedit jika kamu ingin menambahkan efek atau teks. Untuk mengatasi hasil video yang tidak stabil ini sebenarnya kita tidak memerlukan aplikasi edit video tambahan yang dapat memakan banyak waktu. Google hadir membawa solusi.


Google Photos , salah satu aplikasi bawaan Google yang secara default ada di handphone Android ternyata punya fitur keren yang bisa menstabilkan videomu secara otomatis. Yuk, simak cara mudahnya!

Baca Juga : Nama-nama Lokasi Google Maps di Bahrain Mendadak Berubah Jadi 'AFC Mafia'

Cara Menstabilkan Video di Google Photos

  • Buka Aplikasi Google Photos dan Pastikan kamu sudah menginstal aplikasi Google Photos di smartphone android maupun iOS mu. 
  • Pilih salah satu video yang ingin kamu stabilkan, lalu buka.
  • Di bagian bawah layar, kamu akan menemukan opsi "Edit". Tap opsi tersebut.
  • Setelah masuk ke mode edit, cari ikon fitur yang mewakili stabilisasi. Biasanya berbentuk persegi panjang atau gambar yang menunjukkan gerakan stabil. Tap ikon tersebut.
  • Secara otomatis, Google Photos akan mulai memproses videomu. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada panjang video dan spesifikasi perangkatmu.
  • Setelah proses selesai, kamu bisa langsung menyimpan video yang sudah stabil.

Hasil stabilisasi oleh Google Photos tentunya akan bergantung pada kualitas video asli. Semakin baik kualitas dari video asli, maka hasil stabilisasi juga akan semakin bagus.


Sebaiknya, ketika mengambil video hindari pergerakan kamera yang terlalu cepat ataupun yang terlalu ekstrem, dan pastikan untuk mendapatkan pencahayaan yang baik. Untuk lebih memaksimalkan, tripod dapat digunakan untuk mengambil video agar memberi hasil lebih baik,


Untuk video dengan goyangan yang sangat kecil, fitur stabilisasi di Google Photos biasanya sudah cukup efektif untuk menghasilkan video yang lebih stabil.

 

Sedangkan, untuk video dengan goyangan yang besar, hasil stabilisasi Google Photos bisa saja tidak sempurna. Untuk itu, kamu bisa menggunakan aplikasi ketiga untuk melakukan editing video lebih lanjut. 

Baca Juga : Ini Cara Menggunakan Locked Folder untuk Sembunyikan Foto di Google Photos

Jangan takut untuk mencoba berbagai pengaturan dan fitur lain yang tersedia di Google Photos. Tentu penggunaan Google Photos untuk membantu kita dalam menstabilkan video tidak membutuhkan proses yang sulit dan juga tidak memerlukan keahlian khusus. 


Fitur ini juga sudah tersedia secara gratis bagi pengguna dan tidak melibatkan batas penggunaan. Selain itu, kita tidak perlu khawatir hasil video stablisasi Google akan menurun kualitasnya, karena secara otomatis, Google Photos akan mempertahankan kualitas video yang asli. 


Hasil editan Google Photos juga akan otomatis tersimpan sehingga bisa diakses di perangkat yang berbeda. Walaupun begitu, fitur ini mungkin saja tidak selalu tersedia di semua jenis perangkat, baik itu Android maupun iOS atau pada beberapa versi Google Photos.

Baca Juga : Ini Dia Aplikasi Maps Terbaik Selain Google Maps, Wajib Tahu!

Jika hasil yang didapat belum memuaskan, mungkin dpaat digunakan aplikasi pihak ketiga yang secara khusus dirancang untuk dapat menstabilkan video, seperti aplikasi KineMaster yang dillengkapi fitur stabilisasi yang sangat baik, dan aplikasi Adobe Premiere Rush yang merupakan aplikasi video editing profesional dengan dilengkapi fitur stabilisasi yang sangat baik.


Namun, perlu diketahui aplikasi pihak ketiga tentunya membutuhkan keahlian khusus dalam penggunaannya, oleh karena itu penggunaan Google Photos sudah menjadi pilihan terbaik. 


Dengan fitur stabilisasi di Google Photos, kamu bisa dengan mudah membuat videomu terlihat lebih profesional tanpa harus repot-repot mencari aplikasi tambahan.


Dengan beberapa langkah sederhana saja, kamu dapat mengubah video yang tadinya goyang menjadi lebih Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba stabilkan videomu sekarang!


Baca berita dan artikel lainnya di Google News.


(nda)

Share :