Cara Pakai Zoom Escaper, Aplikasi untuk Kabur dari Meeting

Fabian Pratama Kusumah . August 16, 2021

Foto: Jabar Ekspres

Teknologi.id – Pada masa pandemi Covid-19 membuat sebagian besar aktivitas yang melibatkan interaksi tatap muka, dialihkan secara virtual.

Salah satunya meeting atau rapat kerja hingga kegiatan belajar mengajar kini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi video conference.

Salah satu aplikasi yang banyak digunakan adalah Zoom. Meski terbilang praktis karena bisa dilakukan dari rumah, namun terkadang muncul rasa bosan.

Hal ini biasa disebut sebagai "Zoom Fatigue". Nah, bagi Anda yang merasa jenuh dan ingin kabur saat rapat menggunakan Zoom, ada aplikasi unik yang bisa dimanfaatkan, yakni Zoom Escaper.

Baca juga: Fitur Baru Zoom Ini Bisa Bikin Virtual Meeting Semakin Seru

Aplikasi ini dibuat oleh seorang seniman asal New York, Amerika Serikat bernama Sam Lavigne. Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana.

Zoom Escaper memungkinkan pengguna untuk menciptakan suara-suara bising palsu selama rapat berjalan.

Dengan demikian, suara tersebut bisa dijadikan sebagai alasan untuk keluar dari rapat Zoom yang tengah berjalan.

Di dalam aplikasi ini, ada sebanyak delapan jenis suara gangguan palsu yang bisa dipilih oleh pengguna.

Dilansir dari Kompas, adapun kedelapan efek audio yang tersedia terdiri dari suara gema, tangisan bayi, suara angin yang kencang, suara konstruksi bangunan, koneksi yang terputus-putus, suara tangisan seseorang, gonggongan anjing, dan suara buang air kecil.

Pertama, untuk bisa menggunakan efek audio ini, pengguna dapat mengunjungi situs Zoom Escaper.

Baca juga: Zoom Hadirkan Fitur Baru, Bisa Main Game Selama Meeting!

Selanjutnya, pengguna juga wajib mengunduh aplikasi tambahan bernama VB-Audio yang tersedia di halaman tersebut.

Aplikasi ini berfungsi sebagai jembatan untuk mengantarkan efek audio dari situs Zoom Escaper ke dalam Zoom meeting.

Apabila VB-Audio sudah diinstal, pengguna harus mengubah pengaturan output yang ada di halaman Zoom Escaper menjadi "VB Cable (virtual)".

Setelah itu, klik tombol "start" yang ada di halaman Zoom Escaper. Setelah aktif, Anda bisa memilih suara-suara palsu apa yang ingin digunakan.

Sebagai catatan, aplikasi ini sebaiknya digunakan hanya untuk hiburan semata, gunakan dengan bijak, sebaiknya jangan gunakan saat ada agenda online yang penting.

(fpk)

Share :