7 Tools Buat Kamu yang Ingin Membuat Game Sendiri!

Teknologi.id - Dari segi bisnis dan platform, video game memiliki kemampuan luar biasa untuk terus berkembang dan bertransisi dari satu jenis permainan ke jenis permainan berikutnya. Sebagai contoh nyata dari hasil transisi ini, para penikmat eSports telah digantikan oleh pemain dan desainer seiring berjalannya generasi; perangkat genggam juga telah digantikan oleh perangkat seluler dengan teknologi yang lebih maju, dan konsol juga telah digantikan oleh konsol portabel.

Dari hal yang bertransformasi secara dinamis itu, banyak tools yang dapat digunakan untuk membuat game gratis atau tidak mahal, dan hanya sedikit di antaranya yang memerlukan pengetahuan atau pelatihan sebelumnya dari pihak pengguna. Kami telah mengumpulkan beberapa favorit kami:

5 Tools Buat Kamu yang Ingin Membuat Game Sendiri!


1. GameSalad

GameSalad merupakan aplikasi web yang mudah digunakan dan dapat diakses oleh programmer dalam hitungan menit. Sesederhana menambahkan secangkir kopi. Teknologi ini memungkinkan produksi game gratis, serta game dengan kemungkinan iklan dalam game. GameSalad juga memfasilitasi penggunaan berbagai saluran publikasi, serta memiliki akses jaringan sosial yang diperlukan untuk pihak pengembang game menyebar hasil karyanya.

2. Unity

Unity adalah platform pengembangan game profesional yang cantik yang mencakup semua alat yang kamu perlukan untuk membuat judul 2D dan 3D yang menakjubkan. Semua yang kamu butuhkan untuk mengisi “alam semesta” kamu ada di sini: modul pelajaran, manual, dan bahkan toko tempat pengguna dapat membeli efek khusus tekstual serta lanskap yang baru digambar.

Baca juga: Game-game Terbaik yang Bisa Bikin Belajar Coding Jadi Menyenangkan!

3. RPG Maker

Role-playing game (RPG) telah lama menjadi kategori favorit bagi para pemain, dan RPG Maker yang luar biasa ini dapat memungkinkan siapa saja untuk membuat latar yang unik dan kisah yang spektakuler. Selama Anda memiliki plot dan ide yang bagus, RPG Maker memiliki semua yang kamu butuhkan untuk mengubahnya menjadi video game dan akan dapat diakses di sejumlah platform. Namun, kamu membutuhkan pengetahuan tentang JavaScript agar kamu dapat menggunakan program ini dengan maksimal.

4. GameMaker Studio

Platform ini menggunakan pendekatan drag-and-drop yang serupa untuk pengembangan game. Untuk menggunakan GameMaker, pengguna bahkan tidak perlu tahu cara membuat kode. Untuk memulai mendevelop game dengan software ini, ia hadir dengan bahasa pemrograman yang disebut GML yang membantu kamu belajar sambil menjalani program ini. Namun, lisensi yang dibutuhkan mungkin cukup mahal ($ 479,99). Harga ini dirasa sesuai dengan adanya beberapa judul game yang menjadi pemenang berbagai penghargaan dalam bidang gaming, seperti Hotline Miami dan Gunpoint.

5. Construct 3

Alat pengembangan game ini digerakkan oleh GUI, dan ini berarti bahwa semuanya adalah drag-and-drop. Variabel dan permainan diimplementasikan dengan menggunakan fitur desain yang disertakan dalam aplikasi. Dengan perangkat lunak ini, kamu dapat mengekspor pekerjaan kamu ke banyak platform dan format yang berbeda, dan kamu tidak perlu mengubah satu hal pun dalam permainan kamu untuk mengakomodasi opsi ini.

6. Sploder

Ini merupakan salah satu perangkat lunak pembuatan game untuk pemula, yang memungkinkan pemula dapat mempelajari dunia pengembangan program dengan berbagai tools yang diperlukan bersama dengan interface yang ramah. Meskipun program ini merupakan platform yang cukup bagus untuk membuat game, sayangnya, program tersebut tidak mendukung monetisasi aplikasi. Kamu tidak akan dapat mempublikasikan game kamu ke gamestore.

Di sisi lain, kamu dapat mempublikasikan game kamu di situs web besutan Sploder sendiri, dan kamu akan menerima peringkat dari anggota lain. Sploder adalah ruang di mana setiap orang dapat membuat game online dan membaginya dengan seluruh dunia, dan semua yang kamu butuhkan untuk ini adalah imajinasi yang hebat dan juga keinginan untuk berkreasi.

7. Gamefroot

GameFroot adalah rekomendasi tools online untuk membuat game yang terakhir, tetapi jika kamu berpikir untuk memonetisasi game yang kamu buat, Kamu harus tahu bahwa membayar untuk ini. Alat ini mencakup banyak fitur berguna untuk pengguna profesional seperti grup pribadi, yang mendorong pengembang untuk membuat game secara bersamaan.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi di Laptop, Gampang Banget!

(aks)

Share :