Segini Kapasitas RAM yang Pas Biar Lancar Main TikTok di HP Android

Adellia Irmanda Azzahra . October 16, 2024

RAM TikTok HP Android
Foto: CNN

Teknologi.id - Setiap ponsel pasti menggunakan Random Access Memory (RAM) untuk menyimpan program yang sedang berjalan, data, dan sistem operasi. Selama sepuluh tahun terakhir, jumlah RAM pada ponsel android telah mengalami peningkatan yang signifikan. Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru, penting untuk mempertimbangkan kapasitas RAM yang ditawarkan.

Dulu, banyak ponsel yang dilengkapi dengan RAM hanya 512MB atau 1GB. Kemudian pada tahun 2014, ponsel pada umumnya memiliki 3GB RAM, dan kapasitas tersebut terus naik hingga 4GB.

Kapasitas RAM memegang peranan yang krusial dalam menjaga kelancaran kinerja ponsel saat menjalankan berbagai aplikasi. Saat ini, 4GB dianggap sebagai jumlah minimum untuk ponsel baru agar dapat menjalankan aplikasi dengan lancar, terutama aplikasi-aplikasi yang membutuhkan pemrosesan yang cukup berat.

Hal tersebut sangat berhubungan dengan TikTok sebagai salah satu platform media sosial paling yang dominan, yang telah berhasil menarik perhatian lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia.

Meskipun TikTok dapat diunduh pada berbagai jenis ponsel, kualitas pengalaman pengguna dapat sangat bervariasi. Pengalaman yang mulus dan responsif saat menggunakan TikTok sangat bergantung pada spesifikasi ponsel yang digunakan, terutama kapasitas RAM yang dimiliki.

Dengan demikian, mengetahui spesifikasi yang disarankan, utamanya kapasitas RAM, menjadi langkah penting bagi pengguna untuk memastikan bahwa mereka dapat menikmati konten video tanpa lag, buffering, atau gangguan lainnya pada ponsel android.

Simak penjelasan mengenai kapasitas RAM yang diperlukan untuk menjalankan TikTok dengan lancar pada ponsel android di bawah ini!

Kapasitas RAM yang Pas untuk Bermain TikTok di Ponsel Android

Kapasitas RAM yang direkomendasikan untuk dapat menggunakan TikTok di ponsel android cukup bervariasi, tergantung pada seberapa sering pengguna menggunakannya. Melansir Android Authority, panduan umum mengenai kapasitas RAM yang diperlukan untuk bermain TikTok di ponsel android adalah sebagai berikut.

4GB RAM dianggap sebagai batas minimum untuk kebutuhan penggunaan mendasar, seperti scrolling media sosial dan browsing. Meskipun demikian, kinerja ponsel mungkin akan sedikit terganggu, terutama ketika pengguna menggunakan fitur TikTok yang lebih berat.

Dalam kondisi, seperti streaming video, mengedit konten, atau berpindah antar aplikasi, pengguna mungkin akan mengalami penurunan responsivitas dan kelancaran.

Baca juga: Anti Ribet! Begini Cara Membersihkan RAM Secara Praktis di Android

Oleh karena itu, untuk pengalaman yang lebih baik saat menggunakan fitur-fitur berat, pengguna disarankan untuk memiliki RAM yang lebih besar, yaitu 6GB dan 8 GB.

Kapasitas 6GB pas untuk pengguna yang sering berpindah antar berbagai aplikasi atau melakukan multitasking dengan tingkat sedang. Dengan RAM sebesar ini, TikTok bisa beroperasi dengan lancar, bahkan ketika pengguna membuka beberapa aplikasi lain secara bersamaan.

Kapasitas 8GB juga merupakan pilihan yang tepat untuk pengguna yang menggunakan aplikasi atau game berat bersamaan dengan TikTok. Dengan 8GB RAM, pengalaman multitasking akan menjadi jauh lebih lancar, tanpa perlu khawatir akan adanya lag.

Lebih lanjut, beberapa pengguna mungkin memiliki ponsel dengan kapasitas RAM yang lebih dari 8GB. Kapasitas ini mungkin terlihat terlalu banyak. Akan tetapi, kapasitas ini sangat bermanfaat bagi mereka yang menggunakan ponsel untuk bermain game, mengedit video, atau menjalankan tugas berat lainnya selain menggunakan TikTok.

Dengan RAM sebesar 12GB atau lebih, pengguna dapat memastikan kelancaran dan responsivitas maksimal saat melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk pengguna yang membutuhkan performa tinggi dalam penggunaan sehari-hari.

Cara Mengatasi TikTok Ngelag di Ponsel Android

Terkadang TikTok mengalami masalah dalam pemutaran video atau mengalami lag karena masalah teknis pada aplikasi. Ketidakmampuan TikTok untuk memuat video sering disebabkan oleh banyaknya data sampah dan cache yang tersimpan di dalam aplikasi.

Melansir Repair It, berikut 7 cara untuk mengatasi lag pada TikTok.

  1. Menghapus cache TikTok.
  2. Memperbarui aplikasi TikTok melalui App Store atau Play Store.
  3. Me-restart ponsel.
  4. Memeriksa masalah jaringan dan koneksi internet.
  5. Membersihkan data sampah (junk) pada TikTok.
  6. Melakukan paksa henti (force stop) pada TikTok.
  7. Me-restart router dan modem.

Baca berita dan artikel yang lain di Google News.

(aia)

Share :