Kereta Otonom Tanpa Rel di IKN Siap Mengaspal 5 Agustus 2024

Afroza . July 30, 2024
Kereta Otonom Tanpa Rel IKN Siap Beroperasi 5 Agustus 2024
Foto: Kompas


Teknologi.id - Ibu Kota Nusantara (IKN) akan segera menyaksikan lembaran baru dalam sejarah transportasi Indonesia dengan hadirnya Autonomous Rail Transit (ART) atau kereta otonom tanpa rel.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa inovasi transportasi ini akan memulai uji coba perdananya pada Senin, 5 Agustus 2024, di kawasan Sumbu Kebangsaan IKN.

Dalam pernyataannya di Istana Garuda IKN pada Senin (29/7/2024), Menhub Budi Karya menjelaskan rencana operasional ART:

"Jadi saat itu akan ada dua transit, masing-masing tiga kereta akan berputar dari Sumbu Kebangsaan, Sumbu Barat, Sumbu Timur, keliling dengan headway 5 menit," ujar Budi.

Informasi ini menunjukkan bahwa sistem ART akan beroperasi dengan frekuensi tinggi, memberikan layanan transportasi yang efisien bagi pengguna di kawasan utama IKN.

Persiapan dan Kerjasama Internasional

Menhub Budi juga mengonfirmasi bahwa sarana perkeretaapian atau rolling stock kereta ART telah tersedia di Kota Balikpapan. Hal ini menandakan bahwa persiapan fisik untuk peluncuran sistem transportasi baru ini telah mencapai tahap akhir.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan adanya skema kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan dua perusahaan China, yakni CRRC Zhuzhou Institute Co Ltd dan Norinco, sebagai penyedia kereta ART. Kerjasama ini mencakup layanan gratis selama periode Agustus hingga Desember 2024 bagi pengguna, menunjukkan komitmen untuk memperkenalkan dan membiasakan masyarakat dengan moda transportasi baru ini.

Baca Juga: Starlink Milik Elon Musk Mulai Uji Coba di IKN pada Bulan Mei Mendatang

"Kita memberikan jalan yang sudah dikonstruksi oleh Otorita IKN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan membuat marka-marka," tambah Budi, menjelaskan kontribusi pihak Indonesia dalam proyek ini.

Dukungan Presiden dan Visi Masa Depan

Menhub Budi menekankan bahwa inisiatif ART mendapat dukungan penuh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Dari sejak pertama kali saya melapor Presiden, beliau sangat ingin untuk menjadikan ini sebagai moda transportasi yang ada di IKN," ungkapnya.

Pernyataan ini menegaskan bahwa ART bukan hanya sekadar proyek transportasi, tetapi merupakan bagian integral dari visi jangka panjang untuk IKN sebagai kota modern dan berkelanjutan.

Peluncuran Autonomous Rail Transit di IKN menandai langkah besar dalam modernisasi sistem transportasi di Indonesia. Dengan kombinasi teknologi otonom, efisiensi operasional, dan dukungan pemerintah yang kuat, ART diharapkan dapat menjadi model transportasi perkotaan yang dapat diadopsi di kota-kota lain di Indonesia di masa mendatang.

Masyarakat Indonesia, khususnya calon penghuni dan pengunjung IKN, dapat menantikan pengalaman baru dalam bertransportasi yang lebih efisien, modern, dan ramah lingkungan. Uji coba perdana pada 5 Agustus 2024 akan menjadi tonggak sejarah yang penting dalam perkembangan transportasi perkotaan di Indonesia.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

(afr)

Share :