Update Lightroom Bisa Bikin Koleksi Foto Hilang, Serius?

Alda Yuriska . August 21, 2020

Foto: Endgadget

Teknologi.id - Nasib nahas baru saja dirasakan oleh pengguna software editing foto, Adobe Lightroom. Pasalnya, mereka dilaporkan kehilangan ribuan foto dan settingan presets setelah memperbarui software tersebut.

Kasus ini pertama kali dilaporkan oleh seorang pria bernama Mohamad Alif Eqnur berdasarkan postingan yang diunggahnya di forum Photoshop. Eqnur menyatakan bahwa ia kehilangan foto dan presets Adobe Lightroom nya usai ia memperbarui software Lightroom ke versi 5.4 di perangkat iOS miliknya.

Tak hanya Eqnur, ada juga seorang pengguna lainnya yang mengaku kehilangan seluruh foto dan presets yang telah ia kumpulkan selama dua tahun terakhir.

Baca Juga: Oppo A53, Ponsel Murah Keunggulan Melimpah

"Saya telah menghubungi layanan customer service selama empat jam dalam dua hari terakhir. Hasil edit foto selama dua tahun lebih hilang begitu saja karena Adobe," tulis pengguna Reddit Extraccount-13.

Menanggapi permasalahan tersebut, pihak Adobe membenarkan pernyataan yang diunggah oleh Eqnur, dan mengatakan bahwa masalah ini hanya dialami oleh pengguna iOS saja serta tidak akan memengaruhi pengguna Lightroom di platform Android, PC, maupun Lightroom Classic.

Lebih lanjut, pihak Adobe juga menyebut bahwa hilangnya seluruh data pengguna hanya dialami oleh aplikasi Lightroom versi iOS yang tidak terhubung dengan layanan Lightroom Cloud.

Baca Juga: Google Meet Kini Bisa Diakses di TV

Namun bagaimanapun, pihak Adobe tetap meminta maaf kepada seluruh pengguna Lightroom yang telah dirugikan akibat dari permasalahan pada layanan miliknya tersebut.

"Kami tahu bahwa beberapa foto dan presets milik pelanggan tidak dapat dipulihkan. Kami minta maaf sebesar-besarnya kepada semua pelanggan yang terdampak oleh masalah ini," tulis pihak Adobe dalam blog resminya.

(ay)

Share :