Teknologi VR Pertemukan Seorang Ibu dengan Anaknya yang Telah Meninggal

Teknologi.id . February 17, 2020

Foto: YouTube MBC Life via AndroidPit

Teknologi.id - 
Berkat keberadaan teknologi VR ( virtual reality), seorang ibu di Korea Selatan bisa bertemu kembali dengan anaknya yang telah meninggal.

Pertemuan ibu bernama Jang Ji-sung dengan putrinya, Nayeon yang telah meninggal dunia sejak 2016 dalam usia tujuh tahun akibat sakit tersebut difilmkan dalam sebuah film dokumenter berjudul “I Met You”.

Film “I Met You” telah disiarkan oleh Munhwa Broadcasting Corporation, melalui kanal YouTube-nya pada 6 Februari 2020.

Nayeon diketahui mengidap penyakit langka sampai ajal harus menjemputnya. Di tengah rasa kehilangan yang masih begitu terasa, Jang Ji-Sung ditawari oleh MBC, perusahaan media Korsel, untuk kembali bertemu dengan Nayeon lewat teknologi Virtual Reality (VR). 

Proses pembuatan film dokumenter tersebut membutuhkan setidaknya waktu 8 bulan untuk menciptakan karakter Nayeon dan lingkungan yang sesuai kebiasaan Jang Ji-sung dan putrinya biasa berinteraksi.

Baca juga: China Pakai CT Scan Deteksi Virus Corona, Jumlah Korban Melonjak Drastis!

Menggunakan teknologi VR, karakter Nayeon dibuat sedetail mungkin, mulai dari wajah, tubuh, hingga suara pun benar-benar dibuat mirip. 

Dalam proses syuting film, Jang Ji-sung mengenakan headset VR dan sarung tangan khusus untuk melihat, mendengar, dan menyentuh putrinya dalam versi virtual.

Lalu ia berjalan mengelilingi green room, di mana dalam penglihatannya, ia tengah berada di sebuah taman dan seolah-olah sedang berinteraksi dengan putrinya, Nayeon. 

Tak hanya itu, Jang Ji-Sung dan putrinya juga menghabiskan waktu bersama-sama dengan saling berpegang tangan, memetik bunga, dan merayakan ulang tahun Nayeon lengkap dengan kue kesukaannya.

Baca juga: Diklaim 8 Kali Lebih Cepat, Tri Indonesia Resmi Pakai Jaringan 4,5G Pro

"Mungkin itu benar-benar surga. Aku bertemu Nayeon yang memanggilku dengan senyum untuk waktu yang sangat singkat, tapi ini dapat membuatku sangat bahagia", ucap Jang Ji-sung dalam film dokumenter tersebut. 

Suami dan saudara Nayeon yang menonton secara langung di area luar VR pun turut menangis. Terlebih saat Ji-sung merasakan genggaman tangan Nayeon karena air matanya terus mengalir.

Film dokumenter "I Met You" telah ditonton sebanyak 13 juta kali di kanal YouTube MBClife, dan mendapat reaksi komentar dari banyak orang yang mengaku ikut merasakan kesedihan dari Jang Ji-sung.

(dwk)

Share :