Sensor Kamera IMX500 dan IMX501 Milik Sony, Bakal Punya Teknologi AI

abdurrahmansaleh . May 18, 2020

Foto: The Verge

Teknologi.id - Baru-baru ini Sony dalam situs resminya mengatakan tengah berencana membuat dua sensor kamera terbaru IMX500 dan IMX501.

Sony mengklaim kedua sensor itu sebagai sensor kamera pertama yang dibekali dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dijuluki Intelligent Vision Sensors.

Baca JugaHuawei Patenkan Kamera Ponsel Tersembunyi di Bawah Layar

Sensor tersebut disebut mampu memproses gambar yang diambil dan mengekstraksi metadata cerdas dalam kecepatan tinggi. 


Dilansir dari Xda-Developers, Senin (18/5/2020), IMX500 dan IMX501 dipasangkan dengan layanan cloud. Kehadiran AI yang terintegrasi itu disebut bisa mengurangi latensi transmisi data, dan meminimalkan masalah privasi, serta mengurangi konsumsi daya.

Salah satu penerapan AI di sensor ini adalah sensor akan bisa menganalisa sebuah gambar tanpa perlu direkam terlebih dahulu. Metode seperti ini bisa menghasilkan analisa yang lebih cepat serta lebih aman untuk privasi pengguna.

Untuk diketahui, kedua sensor ini tidak ditujukan untuk kamera ponsel. Sony menyasar pasar industri peralatan ritel dan industri pengembang "sistem optimal" cloud. Salah satu industri yang dimaksud Sony seperti Amazon Go.

Baca juga: WhatsApp Beta Terintegrasi Messenger Rooms, Bisa Video Call 50 Orang

Jadi kameranya akan memantau pergerakan pembeli dan merekam barang yang mereka ambil, dan langsung memasukkannya ke dalam tagihan mereka.

Sony merinci ukuran sensor IMX500 dan IMX501 ialah 1/2,3 inch dengan backside-illuminated dengan resolusi sekitar 12,3 megapixel dan kemampuan merekam video 4K/60fps.

Terkait harga sensor ini, Sony memperkirakan masing-masing harga kedua sensor ini adalah USD 93 dan USD 187.

(Rmn)

Share :