Kabel Headphone Pintar Google, Mainkan Lagu Hanya dengan Sentuhan

Indah Mutia Ayudita . May 20, 2020


Foto: 9to5google


Teknologi.id - Google diketahui sedang membuat sebuah prototype kabel headphone yang dilengkapi dengan helical sensing matrix, semacam teknologi sensor sentuh.

Dengan sensor sentuh tersebut, pengguna dapat mengatur fungsi pemutar lagu menggunakan beberapa gestur gerakan yang berbeda. Misalnya dengan mengetukkan jari pada kabel dua kali untuk memilih trek lagu selanjutnya, ketuk sekali untuk memainkan atau menjeda lagu, dan memutar kabel untuk mengatur volume.


Foto: 9to5google


Dalam kabel headphone tersebut terdapat kawat kain yang dibalut serat optik menyala dengan warna yang berbeda-beda untuk menujukkan gestur apa yang sudah dilakukan pengguna.


Foto: 9to5google


Baca juga: Google Chrome Siapkan Update Agar Hemat Baterai dan Kuota Internet

Google mengungkapkan teknologi ini dalam sebuah postingan blognya setelah menunjukan prototypenya dalam sebuah pameran kecerdasan buatan (AI) di San Fransisco awal tahun ini.

Pengujian yang dilakukan terhadap prototype kabel headphone pintar ini mampu membaca gerakan dan sentuhan dengan akurasi mencapai 94%.

Google mengklaim bahwa memutar kabel lebih cepat dan efisien dibandingkan harus menekan tombol kontrol pada ponsel atau pada headphone.

Baca juga: Skor AnTuTu Google Pixel 4a Dibocorkan YouTuber


Teknologi helical sensing matrix dalam kabel headphone pintar Google. Foto: Google AI Blog


Kabel headphone pintar yang dilengkapi kawat sensor sentuh ini sebenarnya hanyalah contoh kecil dari proyek penelitian Google.

Teknologi tersebut nantinya akan dapat diimplementasikan ke dalam berbagai produk. Contoh lainnya, seperti tali hoodie dengan sensor sentuh yang mampu mengontrol pemutar musik di smartphone, dan juga kabel speaker yang mampu mengatur volume dan pemutar lagu


Foto: 9to5google



(im)

Share :