Teknologi.id - Indonesia termasuk salah satu negara yang mengalami krisis ekonomi akibat pandemi Corona lalu. Dampak Perekonomian Indonesia pun sangat dipengaruhi oleh daya beli Masyarakat yang menyusut sangat drastis pada masa ini. Sehingga, beberapa cara diupayakan oleh pemerintah untuk mengatasi masalah ini.
Bentuk upaya Pemerintah diantaranya dengan terus meningkatkan penjualan aneka produk lokal hasil rintisan masyarakat. Dari hal ini, diharapkan semakin menumbuhkan industri secara nasional, agar nantinya para penjual produk lokal ini mampu berkontribusi secara positif pada perekonomian di Indonesia.
Dengan upaya tersebut pun turut ikut mendorong masyarakat untuk membeli dan memakai aneka produk lokal. Selain mengatasi masalah perekonomian, hal ini juga dapat dilakukan sebagai bentuk mencintai produk buatan dalam negeri .
Tetapi, bagaimana cara untuk memulai menjual dan memasarkan produk lokal?
TokoRumahan hadir untuk menjawab solusi tersebut dengan mengusung tema “Bangga Buatan Sendiri”. Platform ini menyediakan wadah bagi mereka yang membuat produk dari rumah (wirausawan rintisan) dan menjual produk lokal atau disebut “Usaha Rintisan Rumahan”.
Awal mula ketika Nada Nuraidah (selaku CHRO), Arinal Adiputro (selaku CEO), dan Rijal Wrisaba (selaku Operation Coordinator) yang melihat kondisi Pandemi Covid-19 dapat mengubah cara hidup dan perilaku sebagian masyarakat. Dimana sebagian besar kegiatan pasti tidak akan lepas dengan digital, terutama dalam kegiatan Transaksi Penjualan dan Pembelian yang dapat dilakukan secara Online.
“Pada pertengahan tahun 2020, terlintas dari kita bagaimana bisa membantu entrepreneurdadakan yang hadir di tengah pandemi. untuk mereka bisa meningkatkan penjualan mereka, seperti platform apa yang kira - kira dapat membantu mereka. Semakin ke sini kita melihat banyak produk yang lahir dari rumah dan tentunya perlu dukungan teknologi dan digitaliasi untuk berkembang. Dari sinilah kita tergerak untuk berkembang bersama para enterpreneur yang lahir dari rumah-rumah. Selain itu pun kita punya keyakinan, bahwa banyak brand, bisnis, dan enterprise besar yang mengawali usahanya dari rumah dalam bentuk usaha rintisan Contohnya Yahoo, Amazon, Alibaba, danbanyak unicorn lain yang lahir dari rumah.“ Ujar Nada selaku CHRO dari TokoRumahan, Jumat (15/10/2021)
Walaupun terbilang masih baru, TokoRumahansaat ini sudah berjalan di Area Wilayah Kota Bandung dan selanjutnya akan mengembangkan cakupan bisnisnya ke wilayah Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Beberapa pendekatan dan sosialisasi dilakukan oleh TokoRumahan seperti penggunaan Media Sosial seperti Instagram, Facebook dan Youtube. Guna platformnya dapat menyesuaikan dan membantu permasalahan pada Target Utamanya yakni Usaha Rintisan Rumahan.
“Karena Kita Pertama dan Beda. Cara Pendekatan terhadap Seller atau Customer kita sendiri pun juga berbeda. Kita mulai dengan cara masuk ke lingkungan mereka agar tahu Customer Needs dan keresahaan mereka apa. Tujuannya kita ada di market agar bisa menyelesaikan problematika yang berada di market. ” Ujar Arinal selaku CEO dari TokoRumahan, Jumat (15/10/2021)
Sesuai dengan Fokus Utamanya, TokoRumahan berupaya membantu pengembangan brand-brand produk lokal hasil dari Usaha Rintisan Rumahan dan juga menumbuhkan kebanggaan pada produk dalam negeri. Karena itu, TokoRumahan punya concern yang tinggi dengan lahirnya brand-brand lokal. Hal ini pun menjadi peluang bagi mereka dengan memberikan prospek yang menantang sekaligus menjanjikan.
Beragam produk - produk yang tersedia di TokoRumahan yaitu merupakan kebutuhan sehari-hari pada masyarakat. Mulai dari Kerajinan Barang, Makanan Olahan, Produk Fashion dan Perawatan Tubuh atau Kecantikan tersedia semua secara lengkap pada platformnya. Selain itu, TokoRumahan sendiri terbuka akan Produk apa saja selama produk tersebut merupakan Produk asli buatan sendiri atau produk lokal Indonesia yang dibuat oleh usaha rintisan rumahan atau dibuat oleh individu.
Mempergunakan Pasar Digital sebagai Diferensiasi Produk
Tidak berupa slogan semata, tetapi secara nyata TokoRumahan telah menyediakan wadah dan sarana berupa Pasar Digital. Penggunaan Pasar Digital ini akan mempertemukan antara mereka pemilik dan pembuat produk lokal dengan mereka para konsumen yang punya passion dan minat pada brand produk lokal. Hal ini diungkapkan TokoRumahan, bahwa penerapan Pasar Digital merupakan salah satu Keunggulannya tersendiri.
“Dari awal disini kita tidak menggunakan terms (ketentuan) marketplace yang ada, kita menggunakan terms Pasar Digital. Kita ingin buat istilah baru selain marketplace sebenarnya. Mungkin hal ini dapat dijadikan sebuah magnet kepada Customer bahwa penggunaan Pasar Digital ini dapat memudahkan mereka pastinya ”. Ujar Arinal
Sebagai platform Pasar Digital untuk Usaha Rintisan Rumahan, layanan TokoRumahan tentu saja telah membantu banyak bagi mereka. TokoRumahan mempertemukan Penjual dan Pembeli dan juga layanan lain yang seperti menyediakan Bagaimana Produsen dan Penjual Produk dapat Mengembangkan Brand-nya. TokoRumahan juga telah menyiapkan beberapa program - program lain sebagaimana bentuk kecintaan kita sebagai warga Indonesia bangga dengan produk dalam negeri.
“Di saat kita bangga dan mencintai produk dalam negeri, akan banyak keuntungan yang dapat diperoleh oleh negeri tercinta kita ini. Seperti event Erigo kemarin yang dimana mereka membuktikan bahwa produk lokal Indonesia bisa membuat produk dalam negeri pantas bersaing di kancah Internasional.” Lanjut Arinal
Terapkan Transparansi
Ketika banyak platform serupa diluar sana yang kerap membatasi mekanisme penjualannya, TokoRumahan meyakinkan penggunanya dengan cara yang berbeda. Adanya Transparansi pada layanannya menegaskan bahwa TokoRumahan tidak akan berkompetisi soal harga dan juga menerapkan Less Gimmick dalam transaksi. Mereka berupaya agar dapat menjadi sesuatu yang bisa membidik segmen - segmen tertentu.
“TokoRumahan memiliki jalan yang berbeda. Tidak akan banyak gimmick dan cerita yang membuat harga produk lebih murah tetapi mereka membayar dengan harga yang sama (dibandingkan produk lain). Transparansi merupakan Pondasi utama kita . Nah dari sini, usaha - usaha tadi kita bantu scale up mereka dengan cara mengedukasi bagaimana cara berinovasi dan mengembangkan bisnis - bisnis dengan cara kita sendiri. Dengan ini sesuai dengan fokus kita untuk menjadi wadah memperdayakan bisnis lokal di Indonesia. ” Ujar Arinal
Sebagai pendatang baru, TokoRumahan tentunya memiliki tantangan. Baik sebagai Pasar Digital untuk brand produk lokal maupun usaha rintisan yang baru muncul. Dari Aspek Market, mereka tertantang untuk Meyakinkan Pasarnya . Sementara dari sisiketika sudah memang saatnya investor nanti akan masuk, pun menjadi tantangan sendiri karena saat ini TokoRumahan bekerja secara mandiri seperti belum melibatkan Investor. Namun, ketika Investor sudah masuk mereka akan menerima dengan senang hati, terlebih jika Investor tersebut memahami Ide dan Gagasannya.
“Tantangan yang kami hadapi sejauh ini bagaimana cara untuk memberi aware terhadap pengguna kami sendiri, bagaimana cara meyakinkan pasar, struggling dari sisi pemodelan. Sama kita pun bekerja secara mandiri. karena tidak melibatkan banyak partner, sehingga kita membentuk organisasi ini se-slim mungkin.” ungkap Nada.
Sejak awal merintis, TokoRumahan sudah berkolaborasi dengan beberapa pihak - pihak dengan menyesuaikan konsepnya yaitu “Berkembang Bersama”. Untuk menunjang pada sisi Teknologi, mereka berkolaborasi dengan Digital Platform NEXTPLATFORM yang juga digunakan oleh beberapa Perusahaan besar dan beberapa Startup. serta dari sisi Human Capital mereka bekerjasama dengan Makers Institute. dimana mereka dapat membantu untuk pengembangan pelatihan atau workshop untuk para mitra TokoRumahan.
Sesuai dengan temanya yaitu “Bangga Buatan Sendiri”. TokoRumahan sebagai sebuah platform pasar digital untuk brand lokal dan produk lokal turut melahirkan suatu bentuk kebanggaan tersendiri terhadap produk dan brand lokal asli Indonesia. Produk tersebut tercipta dari hasil Usaha Rintisan dan Bisnis Rumahan. Inovasi yang mereka harapkan agar bisa lebih mengembangkan lagi platformnya menjadi Learning platform baik bagi para pelaku brand lokal Indonesia kedepannya, dan juga menjadi platform yang Inovatif namun tetap up-to-date menyesuaikan perkembangan zaman.
Saat ini TokoRumahan dapat dikunjungi melalui situs resminya www.tokrum.com dan Media Sosial Seperti Instagram, Facebook, dan juga YouTube. Kedepannya, TokoRumahan akan segera merilis dengan versi Mobile Apps yang akan tersedia baik melalui Play Store (Android user) maupun App Store (Apple user) untuk memudahkan penggunaan platformnya.