Spotify Akan Tambahkan Paket Premium Harga Tinggi dengan Fitur Baru

Karissa Anindya Ramadhani . June 16, 2024

Spotify harga premium

Foto: Pocketlint

Teknologi.id - Spotify dikabarkan akan mengeluarkan paket premium baru dengan harga yang lebih mahal. Paket ini bernama Spotify Hifi, menghadirkan audio dengan kualitas audio lossless yang memberikan pengalaman mendengarkan yang lebih baik bagi para penggemar musik.

Dilansir dari Bloomberg, Spotify akan membebankan biaya tambahan sebesar $5 atau Rp81.975 (kurs 16.395) per bulannya kepada pengguna untuk mengakses paket Spotify Hifi yang memiliki audio lossless

Audio lossless sendiri adalah jenis audio yang mempertahankan kualitas musik saat rekaman dengan kompresi yang lebih minim. Untuk menghemat ruang disk dan bandwidth, file musik biasanya dikompresi menjadi ukuran lebih kecil sehingga beberapa data harus dibuang. Ketika data dibuang maka kualitas audio akan menurun. Namun, berbeda dengan audio lossless yang juga dikompresi tetapi dengan cara mempertahankan detail audio sehingga lebih jernih.

Baca Juga: Spotify Hadirkan Fitur 'Song Physic', Cara Baru Meramal Lewat Lagu

Kabar paket baru ini pertama kali diumumkan Spotify pada tahun 2021 tetapi telah berulang kali ditunda, hingga pada akhirnya muncul sekitar seminggu setelah Spotify mengumumkan kenaikkan Paket Premium di Amerika Serikat menjadi $11,99 per bulan. Jika sudah diluncurkan maka nantinya pengguna di AS harus membayar  $16,99 untuk menikmati audio lossless.

Selain itu, pengenalan Spotify HiFi ini hadir di tengah persaingan industri streaming musik yang semakin ketat. Pesaing seperti Apple Music dan Tidal sudah telebih dahulu menawarkan opsi audio dengan kualitas tinggi. Namun, semua platform tersebut memiliki harga yang sama dengan paket individual Spotify saat ini.

Baca Juga: Tak Lagi Gratis, Kini Akses Lirik Lagu di Spotify Harus Langganan Premium

Fitur Daftar Putar Baru

Sumber Bloomberg selanjutnya mengatakan bahwa akan ada fitur baru dalam Spotify Hifi untuk daftar putar. Berdasarkan deskripsi laporan tersebut, fitur ini akan membuat daftar putar khusus untuk aktivitas, tanggal, dan waktu tertentu dalam setahun secara instan yang didukung dengan AI. 

Fitur lainnya adalah aplikasi ini akan mempelajari kebiasaan mendengarkan pengguna untuk membuat koleksi lagu tanpa perintah/langsung sehingga pengguna akan menikmati lebih banyak jenis daftar putar dalam aplikasi ini.

Masih belum ada kabar kapan Spotify HiFi akan diluncurkan di AS, tetapi dengan beredarnya beberapa bocoran tentang layanan ini, peluncuran resminya mungkin sudah dekat.


Baca Berita dan Artikel Lainnya di Google News

(kar)

Share :