Konsumsi Internet Meningkat Selama Ramadhan, Ini Medsos yang Paling Banyak Digunakan

Firyal Tiara Nuraisy . April 02, 2024

Foto : Shutter Stock

Teknologi.id – Penyedia survei dan layanan data, Populix memproyeksikan adanya peningkatan hingga lebih dari 40% pada pola konsumsi internet selama bulan puasa tahun ini. Peningkatan tersebut terlihat dari kebutuhan pada layanan internet, seperti panggilan telepon, pengiriman pesan, serta konten digital.

“Pada bulan Ramadan ini terlihat lonjakan penggunaan data internet,” kata Head of Research Populix, Indah Tanip, melalui keterangan tertulis pada Senin 25 Maret 2024.

Ia juga menjelaskan bahwa kemudahan serta kenyamanan yang ditawarkan oleh teknologi menjadi faktor penting bagi masyarakat dalam mengisi waktu selama di bulan ramadhan, seperti untuk menyambung silaturahmi.

Hasil survei yang bertajuk “Ramadan 2024: Connectivity, Media Consumption, and Delivery Dynamic,” memperlihatkan bahwa layanan voice call dan video lebih banyak dipilih oleh masyarakat dibanding teleconference (sambungan bersama).

Dari 1.029 orang yang telah disurvei, sebanyak 60% responden memilih untuk berlangganan paket spesial edisi ramadhan. Hal itu dikarenakan penawaran yang diberikan sesuai dengan kebutuhan digital serta harga paket yang lebih terjangkau.

Di sisi lain, terkait konsumsi konten digital, hasil survei menunjukkan bahwa tiga dari empat responden mengaku secara rutin mengakses konten media selama ramadhan, khususnya pada media sosial dan platform streaming video YouTube, sementara televisi dan layanan video-on-demand kurang diminati.

Pemilihan Youtube sebagai platform yang digemari selama bulan ramadhan ini karena media sosial tersebut memiliki ragam konten yang relevan dengan para responden. Selain itu, penyajian informasi yang digunakan terbilang efektif dalam menyederhanakan berbagai topik yang kompleks.

Baca juga: Hyppe, Media Sosial Karya Anak Bangsa Tembus 300 Ribu Pengguna Aktif

Hasil survei ini juga memperlihatkan bahwa setidaknya ada empat jenis konten yang paling banyak diakses, yaitu jadwal ibadah selama bulan puasa, resep makanan, program kuliner untuk sahur dan berbuka, hingga konten hiburan.

Sebanyak 42% responden mengatakan bahwa mereka mengakses konten-konten tersebut pada waktu sebelum berbuka puasa. Hal ini menunjukkan kecenderungan responden yang memanfaatkan konten digital sebagai pengisi waktu untuk menunggu berbuka.

Selain itu, 81% responden juga mengungkapkan keinginan untuk berbagi aktivitasnya selama bulan Ramadan. Dalam hal ini, WhatsApp dan Instagram menjadi media sosial yang banyak dipilih untuk berbagi pengalaman.

Di sisi lain, konsumsi internet juga terjadi pada layanan pengiriman yang digunakan oleh para konsumen untuk membeli hidangan menu sahur dan berbuka puasa. Sebanyak 42% responden menyatakan lebih sering menggunakan layanan pengiriman pada bulan puasa dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Layanan pengiriman terebut digunakan untuk membeli makanan dan minuman untuk sahur maupun berbuka sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, layanan pengiriman juga banyak digunakan untuk membeli pakaian, hampers lebaran, barang kebutuhan sehari-hari, serta dokumen dan surat.

Namun, sebanyak 70% responden mengaku adanya perbedaan pengalaman pengiriman mereka di bulan puasa ini di mana mereka merasa waktu pengiriman yang dibutuhkan lebih lama dibandingkan bulan-bulan lainnya. Kendati demikian, 58% responden tetap merasa puas dengan layanan pengiriman selama bulan ramadhan.

Baca juga berita dan artikel yang lain di Google News

(ftn)

Share :