7 Situs Komunitas Developer yang Wajib Kamu Ikuti

Aprilia Khairul Amalia . July 28, 2022

Foto: Unsplash

Teknologi.id - Jika kamu tidak banyak berinteraksi dengan sesama developer, pemrograman dengan cepat menjadi terasa seperti aktivitas membosankan. Tetapi bila bergabung dengan komunitas developer dapat membantu kamu merasa terhubung, mengikuti industri, dan mendapatkan dukungan dari developer lain. Oleh karena itu, berikut adalah tujuh komunitas online untuk developer yang harus kamu ikuti:

7 Situs Komunitas Developer yang Wajib Kamu Ikuti

1. GitHub

Jika kamu seorang developer, kamu pasti sudah tahu dengan GitHub, salah satu komunitas terbesar untuk developer. GitHub memiliki lebih dari 73 juta anggota. Selain code sharing dan fitur lainnya, GitHub memiliki forum dengan anggota yang cukup aktif dan mendukung.

Di sini, kamu dapat menemukan banyak hal yang terjadi di dekatmu, kamu juga bisa mengajukan pertanyaan pemrogramanmu, dan mendapatkan bantuan mengenai GitHub itu sendiri. Karena GitHub menyediakan forum diskusi mengenai topik pemrograman yang berbeda seperti bahasa dan pengembangan API.

Karena sudah ada ratusan ribu pertanyaan yang diposting di sini, kamu dapat mencari terlebih dahulu dan melihat apakah seseorang telah menjawab pertanyaan yang kamu cari. Jika tidak ada, kamu dapat memposting atau mencari pertanyaan dalam kategori yang relevan dengan tag yang tepat untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan balasan dan jawaban yang tepat.

Pengguna di sini akan diberikan lencana atas kontribusi mereka dalam membantu developer lain. Jadi, jika kamu mencari bantuan, lencana ini akan membantu kamu mengukur apakah orang tersebut dapat diandalkan. Dengan jutaan anggota aktif, kamu dapat mengandalkan komunitas ini untuk mendapatkan bantuan atau jawaban kapan pun yang diperlukan.

2. CodeProject

CodeProject adalah situs dengan 15 juta anggota forum yang kuat dari developer. Ada beberapa board yang tersedia di sini, dibagi ke dalam kategori yang berbeda.

Pada board artikel, kamu dapat membaca artikel panjang yang diposting oleh anggota komunitas tentang berbagai topik seperti algoritma, AI, IoT, bahasa pemrograman, dll. Jika kamu memerlukan bantuan dengan pertanyaan tertentu, kamu dapat mengajukan pertanyaan di board quick answer.
Selain itu, ada board diskusi bagi developer untuk terlibat dalam diskusi yang lebih dalam. CodeProject memiliki board diskusi untuk pemrograman umum, web development, mobile development, database, dll.

Board yang sangat menarik di forum ini adalah Lounge, yang merupakan tempat untuk membahas kehidupan para developer. Sebagai anggota CodeProject, kamu dapat mengambil bagian dalam survei dan kompetisi, tetap mengikuti berita, dan berlangganan buletin.

3. freeCodeCamp

Dengan lebih dari 8.000 tutorial, freeCodeCamp adalah tempat yang tepat untuk belajar kode online secara gratis. Situs ini juga memiliki forum yang sangat membantu untuk developer.

Di freeCodeCamp, ada sub-forum untuk JavaScript, HTML, CSS, Python, Project feedback, dan Career advice. Demikian pula, kamu dapat bergabung dengan sub-forum yang tersedia dari berbagai bahasa seperti Spanyol, Cina, Italia, dan Portugis untuk mendapatkan bantuan yang diperlukan.

Selain disediakan leaderboard, freeCodeCamp juga memiliki lencana untuk pengguna aktif dan yang saling membantu. Berkat sistem chatroom yang dihosting sendiri, kamu dapat bergabung dengan ruang obrolan resmi platform dan berdiskusi langsung dengan para developer.

Baca juga: Berikut Rekomendasi 4 Fintech Developer di Indonesia

4. Stack Overflow

Stack Overflow adalah situs tanya jawab untuk developer yang bertujuan untuk membuat pustaka jawaban untuk setiap pertanyaan pemrograman. Ada pertanyaan tentang ratusan topik dan bahasa pemrograman yang berbeda seperti JavaScript, machine learning, Nginx, debugging, networking, dll.

Sistem up-votes dan down-votes, serupa dengan Reddit, memastikan kamu bisa menentukan jawaban terbaik. Demikian pula, Stack Overflow juga memberikan lencana dan mengukur reputasi setiap profil, dan menampilkannya beserta nama mereka.

Lebih penting lagi, poin reputasi ini dapat memberimu hak istimewa seperti kemampuan untuk mengedit pertanyaan atau jawaban orang lain, akses ke alat moderasi, dan kemampuan untuk membuat ruang obrolan.

Stack Overflow memungkinkan kamu membangun komunitas pribadi untuk berkolaborasi dengan tim. Selain itu, Stack Overflow memiliki work board bagi developer untuk mendapatkan pekerjaan impian mereka.

Meskipun Stack Overflow memiliki perpustakaan besar pertanyaan yang dijawab, jika pertanyaan dalam pikiran kamu belum pernah dijawab sebelumnya, kamu dapat menanyakannya dan mendapatkan balasan dalam waktu singkat.

5. r / programming

R / programming adalah situs dari Reddit atau Subreddit yang populer di mana kamu dapat mendiskusikan pemrograman dan mengikuti semua yang terjadi di industri pemrograman. Subreddit ini sudah memiliki lebih dari 3,8 juta anggota, dan situs ini adalah komunitas yang aktif. Tapi, Subreddit ini hanya untuk diskusi, jadi kamu tidak bisa mendapatkan bantuan pemrograman dari sini.

Jika kamu sangat tertarik untuk mendapatkan bantuan, kamu dapat menjelajahi subreddit lain seperti r/learnprogramming, r/AskProgramming, r/coding, r/webdev, dan r/gamedev. Jika kamu sudah menggunakan Reddit, akan lebih mudah untuk bergabung dengan subreddit ini.

6. CodeAcademy

CodeAcademy adalah situs lain untuk belajar kode secara gratis. Tetapi yang lebih penting, CodeAcademy ini memiliki komunitas developer yang dapat membantu kamu. CodeAcademy juga memiliki forum online melalui server Discord.

Di forum tersebut, kamu dapat menemukan diskusi tentang Python, HTML, Java, dan apa saja yang berhubungan dengan pemrograman. Kamu dapat membagikan proyek kamu di forum CodeAcademy dan mendapatkan feedback dari sesama developer. CodeAcademy juga sering melakukan acara online, webinar, dan tutorial, sehingga kamu dapat bergabung dengan mereka juga.

7. DEV Community

DEV Community adalah situs untuk developer tempat kamu dapat berdiskusi, belajar, dan berkolaborasi. Dibangun pada open-source software, DEV Community memiliki hampir 800.000 developer.

Di komunitas developer ini, kamu akan melihat banyak artikel tentang pendapat dari para developer, berbagi pengalaman, dan cerita para developer. 


Di sini kamu dapat menemukan kontributor untuk proyek kamu atau berkontribusi pada orang lain, mempekerjakan atau dipekerjakan, dan menawarkan atau mendapatkan bimbingan. Kamu juga bisa mendapatkan bantuan dengan mengajukan pertanyaan. Selain itu, ada daftar alat, event, barang untuk dijual, dan pendidikan.

DEV Community memungkinkan kamu untuk menonton video komunitas, mendengarkan podcast, dan membeli merchandise. Yang terbaik dari semuanya, hal ini secara teratur menjadi tantangan, sehingga kamu dapat mengambil andil di dalamnya dan memenangkan hadiah.

Baca juga: Passive Income untuk Software Developer

(aka)

Share :