Kenali Circle To Search: Fitur Canggih Samsung A35 Bikin Belanja Online Lebih Mudah

Nova Dila Amalia Robo . October 18, 2024

Samsung A35
Foto : Radarpena

Teknologi.id- Samsung A35 hadir dengan sederet fitur menarik, salah satunya adalah Circle to Search. Fitur unggulannya yakni salah satu fitur dari Galaxy AI yang diberi nama Circle to Search. Sebelumnya fitur ini hanya ada di seri smartphone flagship milik Samsung seperti Galaxy S24 Series dan smartphone dengan layar lipat Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6.

Fitur ini Circle to Search dirancang untuk mempermudah pengguna dalam mencari produk secara visual saat melakukan kegiatan belanja online. Dengan hanya melingkari gambar produk yang diinginkan, pengguna dapat langsung menemukan produk tersebut atau produk serupa.

Circle to Search merupakan fitur berbasis kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian gambar secara langsung pada perangkat. Fitur ini sangat berguna saat pengguna melihat produk menarik di media sosial, website, atau aplikasi lain, namun tidak tahu nama produk tersebut.

Misalnya, pengguna dapat memanfaatkan fitur Circle to Search ini untuk mencari referensi produk yang muncul di postingan sosial media seperti Instagram, TikTok, atau media sosial lainnya. Kemudian, fitur akan membantu pengguna menemukan produk serupa dari berbagai toko dan sumber, tanpa harus bersusah payah mengetik deskripsinya.

Sekain pencarian produk pada foto, fitur ini juga dapat melakukan pencarian pada gambar bergerak atau video. Pengguna cukup tekan dan tahan tombol Home beberapa detik, kemudian lingkari gambar yang ingin dicari informasi lokasi pembeliannya.

Baca Juga : Persaingan Teknologi Apple dan Samsung Imbang di Pasar HP Global

Cara kerja Circle to Search cukup sederhana. Pengguna hanya perlu:

  • Membuka aplikasi yang mendukung fitur ini. Saat ini, fitur Circle to Search sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi bawaan Samsung dan aplikasi pihak ketiga.
  • Menemukan gambar produk yang diinginkan. Gambar bisa berasal dari galeri foto, aplikasi kamera, atau bahkan dari layar aplikasi lain.
  • Melingkari gambar produk. Gunakan jari untuk melingkari bagian produk yang ingin dicari.

Tunggu hasil pencarian. Sistem akan secara otomatis mencari produk yang mirip dengan gambar yang dilingkari.

Fitur ini juga dapat dengan mudah menemukan barang maupun produk yang anda temui di jalanan tapi nama produknya tidak diketahui.

Fitur ini tentu saja memiliki keunggulan, diantaranya :

  • Pencarian lebih cepat dan akurat: Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi mengetikkan kata kunci yang mungkin tidak tepat.
  • Menemukan produk unik: Fitur ini sangat berguna untuk menemukan produk-produk unik atau produk yang sulit ditemukan dengan kata kunci.
  • Meningkatkan efisiensi belanja: Pengguna dapat dengan cepat menemukan produk yang diinginkan tanpa harus beralih ke banyak aplikasi atau website.
  • Dapat membandingkan harga : keunggulan lain dari fitur ini adalah dapat digunakan untuk mengecek harga produk di beberapa toko sekaligus. Fitur ini akan menampilkan harga dan juga pilihan dari beberap toko online, sehingga pengguna dapat menentukan toko yang tepat untuk berbelanja.
  • Menemukan inspirasi belanja: Fitur ini dapat membantu pengguna menemukan produk-produk baru yang mungkin belum pernah terpikirkan sebelumnya.
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan: Dengan pengalaman belanja yang lebih mudah dan menyenangkan, pelanggan akan lebih puas dan loyal terhadap merek.

Baca Juga : Samsung Berambisi untuk Gantikan Settings dengan AI

Meskipun sangat bermanfaat, Circle to Search masih memiliki beberapa keterbatasan. Misalnya, hasil pencarian mungkin tidak selalu akurat, terutama jika gambar yang dilingkari kurang jelas atau produk yang dicari sangat unik. Selain itu, fitur ini mungkin tidak tersedia untuk semua bahasa dan wilayah.

Circle to Search adalah fitur inovatif yang dapat mengubah cara kita berbelanja online. Dengan fitur ini, proses pencarian produk menjadi lebih mudah, cepat, dan menyenangkan. Meskipun masih ada beberapa keterbatasan, Circle to Search memiliki potensi yang besar untuk menjadi fitur standar pada smartphone di masa depan.

Samsung A35 sudah tersedia di Indonesia dengan banyak pilihan warna sesuai preferensi pengguna Awesome Lilac, Awesome Ice Blue, Awesome Navy, dan warna yang terbaru adalah Awesome Lemon.

Baca berita dan artikel lainnya di Google News

(nda)

Share :