Fakta Menarik Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945

Muhammad Iqbal Mawardi . August 17, 2021

Foto: Mapel

Teknologi.id - 17 Agustus merupakan tanggal bersejerah bagi bangsa Indonesia. Bagaimana tidak, tepat 76 tahun lalu alias 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia resmi menjadi bangsa yang berdaulat serta merdeka dari penjajahan.

Namun, rupanya terdapat berbagai fakta unik nan menarik dari hari kemerdekaan bangsa Indonesia ini. Apa saja fakta menarik tersebut? Berikut di antaranya.

Bendera Pusaka Merah Putih Dijahit dari Kain Sprei

Sehari sebelum hari kemerdekaan, yakni 16 Agustus 1945, istri Soekarno, Ibu Fatmawati telah menyiapkan kain yang khusus untuk bendera merah putih. Namun, kain itu berukuran sangat kecil, yakni dengan panjang hanya 50 sentimeter.

Dikarenakan waktu yang sempit, Ibu Fatmawati akhirnya mencari kain di lemari bajunya. Lalu, ia menemukan kain putih dari kain sprei. Sementara kain merah ia dapat dari seorang pemuda bernama Lukas Kastaryo yang dibeli dari seorang penjual soto di jalanan.

Fatmawati pun menggabungkan kedua kain tersebut dan jadilah bendera merah putih yang dikibarkan ketika hari kemerdekaan.

Baca juga: Link Download Twibbon HUT RI Ke-76 untuk Dipakai di Medsos

Upacara Proklamasi Dibuat Sangat Sederhana

Upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia dibuat sesederhana mungkin. Tiang bendera dibuat menggunakan batang bambu kasar serta ditanam beberapa menit sebelum upacara dimulai. Dan ada yang mengatakan, katrol tiang bendera dibuat menggunakan gelas bekas sahur Moh Hatta.

Negatif Film Foto Kemerdekaan Disimpan di Bawah Pohon Karena Kebohongan

Ketika tentara Jepang ingin merampas negatif foto yang mengabadikan Proklamasi Kemerdekaan, Frans Mendoer, fotografer Proklamasi berbohong kepada para tentara Jepang tersebut.

Mendoer mengelabui bahwa ia tak memiliki foto negatif itu dan sudah diserahkan kepada Barisan Pelopor. Hal tersebut membuat tentara Jepang marah besar. Padahal, negatif film itu ditanam di bawah sebuah pohon di halaman kantor harian Asia Raja.

17 Agustus 1945 Jatuh di Hari Jumat Bulan Ramadan

Pada kalender Islam, 17 Agustus 1945 sama dengan 9 Ramadhan 1364 H. Pemilihan tanggal tersebut sebagai hari proklamasi kemerdekaan dinilai sebagai waktu yang tepat di mata para kalangan Islam. Sebab, hari tersebut merupakan hari baik yakni hari Jumat di bulan suci Ramadan.

(MIM)

Share :