Menkominfo Ungkap Rencana Bos NVIDIA Sambangi Indonesia September Nanti

Teknologi.id . July 31, 2024


Menkominfo Ungkap Rencana Bos NVIDIA Sambangi Indonesia September Nanti
Foto: Kompas


Teknologi.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkapkan bahwa bos perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, NVIDIA direncanakan hadir di Indonesia pada bulan September mendatang.

"Saya sudah kirim surat, semua (NVIDIA) rencananya akan datang (ke Indonesia) bulan September, membahas soal AI dan mungkin yang lainnya," ujar Menkominfo Budi pada Rabu, 31 Juli di acara DTI-CX, JCC Senayan, dikutip dari VOI (31/07/2024).

Foto: Notebookcheck.net

Budi sendiri belum dapat memastikan kapan tanggal pasti bos NVIDIA, Jen-Hsun Huang akan berkunjung. Namun, Budi menegaskan bahwa kehadiran NVIDIA akan menumbuhkan iklim investasi dan percepatan perkembangan digitalisasi di Tanah Air.

"Tunggu saja tanggalnya. Yang pasti ini akan menumbuhkan iklim investasi dan juga bagaimana proses digitalisasi Indonesia akan mengalami percepatan," lanjut Budi.

Baca juga: Kominfo Beberkan Modus Judi Online yang Jerat Ratusan Ribu Anak di Bawah Umur

Sejak awal April lalu, Menkominfo memang telah mengumbar kabar rencana investasi NVIDIA di Indonesia. Ketika itu, Budi mengatakan bahwa NVIDIA dan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berencana untuk menggelontorkan investasi sebesar 200 juta dolar AS (Rp3 triliun) untuk pendirian pusat AI di Indonesia.

Pusat AI Indonesia yang rencananya akan dinamai Indonesia AI Nation tersebut akan dibangun di Kota Solo, tepatnya di Solo Technopark. Hal itu dikarenakan Kota Solo memiliki kesiapan baik dari segi sumber daya manusia maupun dukungan infrastruktur yang ada.

"Tadi sudah bicara Dirut Indosat dan juga mas Gibran, kita akan coba eksekusi," ujar Budi lebih lanjut.

(dwk)

Share :