Aplikasi komunikasi pendukung aktivitas bekerja dari rumah menjadi kian populer saat ini. Hal ini tak lepas dari kebiasaan baru yang berkembang sejak pemerintah Indonesia menganjurkan masyarakat untuk melakukan aktivitas dari rumah. Keputusan tersebut adalah langkah yang diambil pemerintah sebagai upaya dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di tanah air.
Nah, di artikel ini kami mencoba memberikan daftar rekomendasi aplikasi yang dapat menunjang komunikasi jarak jauh kamu dengan tim ketika bekerja dari rumah. Daftar rekomendasi aplikasi ini dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:
- Aplikasi komunikasi untuk rapat dan presentasi saat bekerja dari rumah
- Aplikasi komunikasi untuk berkolaborasi dan manajemen proyek dari rumah
- Aplikasi komunikasi untuk obrolan santai dan berbagi file saat bekerja dari rumah
Biar kamu tidak penasaran dengan aplikasi apa saja yang masuk dalam kategori di atas, silakan simak rangkuman kami di bawah sampai selesai, ya!
Aplikasi Komunikasi untuk Rapat dan Presentasi saat Bekerja dari Rumah
Saat bekerja di kantor, kita terbiasa melakukan rapat dengan atasan atau rekan kerja karena hampir setiap hari bertemu. Namun, aktivitas ini menjadi sebuah tantangan baru ketika kita diharuskan bekerja dari rumah. Maka dari itu, kita perlu menggunakan aplikasi yang tepat supaya komunikasi lintas jarak bisa berjalan dengan lancar saat rapat. Berikut ini adalah daftar rekomendasinya:
- Zoom: Aplikasi Zoom menjadi salah satu pilihan aplikasi komunikasi populer di kalangan pekerja untuk melakukan rapat dan presentasi ketika bekerja dari rumah. Pasalnya, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis dan menyajikan kualitas video HD dengan audio yang jernih. Dengan demikian, rapat bisa terasa lebih nyaman dan tanpa gangguan. Jika digunakan secara gratis, Zoom dapat menampung peserta sampai 100 orang dengan batasan waktu mencapai 45 menit. Kalau kamu butuh lebih dari itu, maka kamu harus membayar langganan.
- Google Meet: Aplikasi komunikasi yang bisa dipakai untuk rapat jarak jauh saat bekerja dari rumah selain Zoom adalah Google Meet. Layanan dari Google ini bisa digunakan secara gratis untuk mendukung kegiatan rapat dan presentasi dengan rekan kerja. Jika digunakan secara gratis, Google Meet dapat menampung peserta rapat sampai 100 orang dengan batas maksimal waktu rapat mencapai satu jam.
Aplikasi Komunikasi untuk Kolaborasi dan Manajemen Proyek
Aplikasi manajemen proyek dapat mempermudah aktivitas kamu ketika harus bekerja dari rumah. Apalagi jika aplikasi tersebut mendukung fitur untuk berkolaborasi dan berkomunikasi antar tim, niscaya produktivitas bisa terjaga. Berikut ini adalah daftar rekomendasinya:
- Trello: Aplikasi Trello cukup populer di kalangan pekerja kantoran untuk membantu manajemen sebuah proyek. Dengan Trello, kamu bisa mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh rekan kerja dalam satu tim. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Trello sebagai aplikasi komunikasi saat bekerja dari rumah dengan memberikan komentar pada tugas yang sedang dikerjakan oleh rekan kerja di tim. Trello dapat digunakan secara gratis dan versi gratisnya pun sudah sangat membantu dalam menunjang produktivitas sebuah tim.
- Jira: Jika dilihat secara fungsi, Jira tidak jauh berbeda dengan Trello yang dapat digunakan untuk berkolaborasi dalam manajemen proyek. Namun, secara spesifik, aplikasi Jira ini sangat cocok dipakai apabila perusahaan kamu berfokus pada agile development karena memungkinkan setiap anggota tim untuk melakukan planning, melacak progress, dan melihat laporan performa tim secara real-time. Sama seperti Trello, versi gratis dari aplikasi Jira juga sudah cukup untuk menunjang produktivitas sebuah tim.
- Git: Salah satu aplikasi favorit untuk menunjang produktivitas tim pengembang atau tim teknis adalah Git. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memeriksa kode dan mengerjakannya bersama-sama dengan lebih mudah. Kamu bisa tahu bila ada perubahan di barisan kode, siapa yang mengubahnya, dan kapan kode tersebut diubah. Git juga dapat digunakan secara gratis.
- Google Drive: Dengan Google Drive, kamu dan rekan kerja satu tim bisa mengunggah, menyimpan, mengedit, dan mengunduh file dengan mudah. Dari Google Drive juga kamu bisa mengakses layanan Google Docs, Google Slide, Google Sheet, dan masih banyak layanan Google lain yang bisa dimanfaatkan untuk berkolaborasi ketika bekerja dari rumah. Meski secara keseluruhan fiturnya tidak selengkap Ms.Office, Google Document menawarkan kemudahan dalam memberikan komentar, revisi, dan menambahkan konten secara real-time.
Aplikasi Komunikasi untuk Obrolan Santai dan Berbagi file
Bekerja dari rumah, berarti terpisah secara jarak dengan rekan kerja dan atasan. Namun, melakukan koordinasi dengan rekan kerja tetap penting untuk menjaga agar tidak ada miskomunikasi meski terpisah oleh jarak. Selain aplikasi yang sudah disebutkan di atas, masih ada aplikasi komunikasi yang dapat kamu gunakan untuk menjaga koordinasi, mengobrol santai, dan berbagai file secara real-time. Berikut adalah rangkumannya:
- Slack: Slack adalah aplikasi pesan yang fokus untuk memfasilitasi ruang kerja antara rekan kerja dalam tim. Menggunakan aplikasi Slack bisa menunjang produktivitas lebih baik karena slack dapat terhubung dengan banyak aplikasi penunjang produktivitas kerja seperti Trello dan Jira. Slack juga bisa menjadi alternatif komunikasi utama selain email.
- Hi App: Hi App adalah aplikasi komunikasi sosial multifungsi untuk memfasilitasi gaya hidup digital yang dinamis. Hi App dapat membantu kamu dalam menjaga komunikasi ketika bekerja dari rumah lewat fitur-fitur interaktif yang ditawarkan. Lewat Hi App, kamu bisa mengirimkan pesan teks, gambar, dan video dengan mudah. Selain itu, kamu bisa menerjemahkan pesan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Kamu juga tidak perlu khawatir salah mengirim pesan karena ruang obrolan pribadi dan grup kamu itu terpisah. Hi App dapat digunakan secara gratis dan diunduh melalui Play Store maupun Apps Store.
Akhir Kata
Itu adalah beberapa daftar rekomendasi aplikasi komunikasi yang bisa kamu pertimbangkan ketika bekerja dari rumah. Sesuaikan aplikasi yang akan kamu pilih dengan kebutuhan serta anggaran perusahaan, ya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke rekan kerja kamu yang lain lewat aplikasi Hi App agar mereka juga ikut mendapatkan manfaatnya.
Penulis: Adjie Priambada
Sumber Gambar: Photo by Peter Olexa from Pexels