Foto: AllBusiness.com
Teknologi.id - Para pemilik bisnis online atau online shop terkadang hanya menuliskan deskripsi produk jualannya secara asal-asalan bin ala kadarnya. Bahkan, beberapa penjual hanya mengunggah foto produk tanpa diberi deskripsi tentangnya.
Hal semacam ini tentunya akan sangat berpengaruh terhadap penjualan produk tersebut. Calon pembeli pastinya akan lari ke toko sebelah yang menjual produk dengan menyertakan deskripsi menarik tentang detail produk tersebut.
Nah, bagi kalian yang ingin memulai bisnis online atau pun yang sudah menjalankan namun penjualannya belum maksimal, kalian bisa mengikuti tips menulis deskripsi produk jualan online yang ampuh ini agar produk kalian auto laris!
Tips Menulis Deskripsi Produk Jualan Online Agar Laris Terjual
Gunakanlah kalimat persuasif untuk menuliskan deskripsi sebuah produk jualan online. Kalimat ini merupakan kalimat dengan tujuan mengajak calon pembeli atau konsumen secara halus serta meyakinkan mereka untuk membeli produk yang ditawarkan.
Bila menggunakan kalimat yang terlalu panjang, calon konsumen cenderung merasa bosan. Pentingnya menggunakan kalimat persuasif ini selain meyakinkan calon konsumen, juga sebagai membangun awareness.
Pengunjung toko online (dalam hal ini calon konsumen) seolah-olah sedang berbicara langsung dengan kamu sebagai penjual. Meskipun keduanya terpisah tempat, kalimat perusasif ini mampu membuat konsumen merasa nyaman.
Pastikan kalian sudah mengetahui seluk beluk produk yang akan kalian jual sebelum menuliskan deskripsi dan memasarkan produk jualan online kamu. Penjual yang baik pastinya adalah mereka yang mengetahui spesifikasi produk secara jelas.
Untuk itulah kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu, caranya adalah dengan melihat toko online lainnya atau langsung membuka website dari produk tersebut. Setelah kamu tahu tentang produk tersebut, tuliskan deskripsinya agar calon konsumen lebih tertarik untuk membeli.
Manfaat lainnya mendeskripsikan produk jualan online dengan membandingkan kompetitor adalah, kamu akan lebih mendetail dan lebih baik serta profesional dalam menuliskan keunggulan produk.
3. Gunakan keyword yang sesuai
Deskripsi produk jualan online memiliki perbedaan dengan menuliskannya di media offline seperti majalah atau surat kabar semisalnya. Dalam menuliskan deskripsi secara online, kamu juga harus memikirikan SEO-nya.
Maka dari itu, sebaiknya jangan lupakan untuk meletakkan keyword di setiap deskripsi produk yang kamu tuliskan di website, karena hal ini akan berpengaruh di mesin pencari. Sebaiknya, dalam menuliskan keyword kamu perlu berpikir sebagai seorang konsumen yang akan membeli produk tersebut.
Semisalnya kamu menjual dan mendeskripsikan produk online berupa baju renang. Maka keywords yang perlu dan sering kamu gunakan adalah ‘Baju Renang’. Selain itu, buatlah secara lebih spesifik. Contohnya, ‘Baju Renang Pria Terbaik’ agar memudahkan calon konsumen menemukan produk yang mereka cari.
Selain menulis deskripsi produk jualan online dengan format biasa, tidak ada salahnya kalian juga menuliskan deskripsi produk dengan format infografis yang menarik.
Hal ini karena seseorang biasanya cenderung akan merasa bosan dengan bacaan yang terlalu panjang dan terlalu banyak penjabaran. Kalimat yang terlalu padat juga cenderung membuat pembaca bingung.
Dengan tampilan infografis yang singkat, padat, dan jelas, calon konsumen akan lebih mudah menangkap pesan dari produk yang kamu jabarkan. Mereka pun akan menjadi betah untuk berlama-lama mengunjungi toko online kamu dan kemungkinan mereka membeli pun akan lebih besar.
(dwk)