Foto: Telkomsel
Teknologi.id - Telkomsel melebur beberapa produknya, yaitu Simpati,
Loop, dan Kartu AS. Ketiga produk itu dipadukan dalam satu nama, yaitu
Telkomsel Prabayar.
Menilik sejarahnya, ketiga produk
tersebut sudah lama beredar di masyarakat Indonesia. Kartu Simpati adalah yang
paling awal meluncur dibandingkan dengan Kartu AS serta Loop.
Simpati diperkenalkan Telkomsel
pada tahun 1997 atau pada 24 tahun yang lalu. Simpati memang produk terawal pra
bayar Telkomsel.
Kartu AS meluncur pada tahun 2004
dengan slogan Pas Buat Semua. Sedangkan Loop adalah produk pra bayar terbaru
dari Telkomsel.
Peluncurannya adalah pada tahun
2014 atau 7 tahun silam. Loop ditujukan untuk segmen kawula muda dengan tarif
yang cukup bersahabat.
Adapun, pelanggan pasca bayar yang sebelumnya bernama Kartu Halo, sekarang diubah menjadi Telkomsel Halo.
Baca juga: Tips Mencegah Foto Selfie Pegang KTP Tidak Bocor di Sosmed
VP Corporate Communications
Telkomsel, Denny Abidin menjelaskan langkah ini sebagai transformasi dalam wujud
integrasi produk-produk dan layanan yang akan memberikan kemudahan, serta
kenyamanan pelanggan.
Penggabungan ini merupakan
strategi untuk menyederhanakan merek. "Tujuannya agar integrasi produk dan
layanan berbasis digital lebih menyeluruh, guna menghadirkan produk dan layanan
yang memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi para pelanggan,"
Ungkap Denny dikutip dari Kompas hari Sabtu 26 Juni 2021. Denny mengungkapkan, pelanggan lama dari merek Simpati, Kartu AS, dan Loop tak perlu risau.
Baca juga: Setelah Telkomsel, Indosat Sambut Gelar 5G Komersial
Pasalnya, meski sudah digabung,
nomor pelanggan lama masih dapat digunakan seperti biasa. "Masih dapat
digunakan tanpa mengubah mekanisme pada layanan sebelumnya, baik itu voucher
isi pulsa, penawaran paket, masa aktif nomor, masa berlaku paket, skema tarif
dan varian paket," jelas Denny
Denny mengatakan, ke depannya
layanan untuk pelanggan kartu prabayar Simpati, Kartu AS, dan Loop juga akan
digabungkan secara bertahap, yakni mengikuti layanan untuk pelanggan Telkomsel
PraBayar.
"Sebagai contoh, salah satu
customer touchpoints yaitu UMB yang disatukan ke *363#, tidak akan terpisah per
brand lagi," kata Denny.
Ia melanjutkan, sedangkan untuk
paket internet sebelumnya, masih akan tersedia dan menyesuaikan dengan
spesifikasi dan harga paket di masing-masing merek kartu prabayar lama.
(fpk)