Kenali Kecanduan Gadget dengan Tanda-tanda Berikut Ini!

Andi Nabiilah Nur Ashiilah . October 21, 2024

tanda-tanda kecanduan gagdet
Foto: Inc Magazine

Teknologi.id - Gadget telah menjadi bagian penting yang tak terlepas dari kehidupan sehari-hari di era modern ini. Gadget seperti Smartphone, tablet, laptop, dan perangkat lainnya akan terus membantu kita tetap terhubung dengan berbagai aktivitas seperti bekerja, belajar, atau sekedar mencari hiburan. Meski membawa banyak hal positif, nyatanya penggunaan gadget secara tidak bijak dapat menghadirkan sejumlah masalah seperti menimbulkan kecanduan.

Seringkali orang yang kecanduan gadget tidak akan menyadari dirinya telah terjebak. Mereka hanya dapat merasakan dampak buruk yang perlahan terjadi seperti masalah kesehatan mental, fisik, dan hubungan sosial.

Maka dari itu, artikel ini akan membahas tanda-tanda orang yang telah kecanduan gadget yang dapat kamu jadikan acuan. Seandainya tanda-tanda ini ada padamu, tenang saja, artikel ini juga akan memberikan solusi cara mengatasi kecanduan gadget. Simak artikel berikut ini:

1. Screentime berlebih

Salah satu tanda kecanduan gadget yang paling jelas adalah waktu screen time yang berlebihan. Seringkali kamu tidak menyadari seberapa lama waktu yang kamu habiskan di depan layar. Kamu dapat mencoba fitur yang telah tersedia di berbagai perangkat gadget yang menunjukkan durasi kamu menggunakan gadget.

Screen time yang normal untuk anak-anak usia 2-5 tahun adalah 1 jam per hari nya. Sementara untuk usia 5 tahun ke atas termasuk orang dewasa, sebaiknya membatasi waktu screen time maksimal 2 jam saja per harinya. Jangan lupa bahwa screen time berlebih juga dapat berdampak buruk pada kesehatan mata, pola tidur, serta gangguan konsentrasi.

2. Merasa gelisah tanpa gadget

Sering merasa gelisah ketika tidak memegang ponsel juga dapat menjadi indikasi seseorang telah kecanduan gadget. Seseorang dapat merasa gelisah, mudah cemas, atau bahkan marah yang tidak dapat dikendalikan ketika tidak bisa mengakses ponselnya. Hal ini menjadi pertanda bahwa kecanduan gadget dapat mengganggu emosional dari penggunanya.

3. Rusaknya hubungan sosial

Berikutnya adalah merusak hubungan sosial. Orang yang kecanduan gadget seringkali lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan gadget ketimbang berbicara dengan orang lain di sekitarnya. Orang tersebut akan menjadikan gadget sebagai pusat perhatiannya sehingga menyebabkan interaksi sosial berkurang secara drastis.

Baca Juga: FaceTime Tidak Berfungsi di iPhone? Begini 10 Cara Mengatasinya!

4. Sulit beristirahat

Orang yang kecanduan gadget akan menggunakan ponselnya hingga larut malam sehingga mengabaikan waktu tidur. Hal ini dapat mengganggu kualitas tidur akibat terlena ketika memainkan gadget dengan melihat media sosial ataupun menonton video. Menurunnya kualitas tidur juga dapat memberikan dampak negatif pada suasana hati seseorang serta menurunkan konsentrasi.

5. Terus memeriksa gadget

Berikutnya adalah kamu yang selalu merasa harus memerika ponsel bahkan jika tidak ada notifikasi. Orang yang kecanduan gadget seringkali terus membuka aplikasi berulang-ulang tanpa alasan yang jelas. Hal ini sering terjadi seperti saat menunggu antrean atau saat berbicara dengan orang lain.

Selain itu, kebiasaan buruk ini juga dapat menggangu produktivitasmu. Jika tidak ada notifikasi saja sudah membuat tidak tahan untuk membuka aplikasi, apalagi jika ada notifikasi. Orang yang kecanduan gadget akan dengan mudah mengalihkan perhatian mereka dari suatu pekerjaan atau tugas penting untuk memeriksa ponsel. Sehingga menyebabkan sulitnya fokus dan berujung pada menunda-nuda pekerjaan.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

Meski menakutkan, kamu tetap dapat mengatasi kecanduan gadget dengan melakukan langkah-langkah tertentu, seperti:

1. Batasi waktu penggunaan

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah kecanduan gadget adalah dengan membatasi waktu penggunaan. Kamu dapat mencoba untuk menetapkan durasi screen time yang sehat dan mematuhi jadwal tersebut. Manfaatkanlah berbagai fitur bawaan dari ponselmu seperti Screen Time di iOS atau Digital wellbeing di Android untuk memantau waktu screen time mu.

Selain itu, kamu juga dapat membatasi waktu penggunaan dengan berkomitmen pada diri sendiri untuk tidak menggunakan gadget dalam kegiatan tertentu. Contohnya, kamu dapat berlatihan mengontrol diri untuk tidak memegang ponsel saat makan atau saat berbicara dengan orang lain.

Baca Juga: Kenali Circle To Search: Fitur Canggih Samsung A35 Bikin Belanja Online Lebih Mudah

2. Matikan notifikasi

Notifikasi yang tiba-tiba muncul dapat menjadi salah satu penyebab utama yang menyebabkan kita terus-menerus memegang ponsel. Kamu dapat mematikan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang seringkali mengganggu fokus seperti media sosial dan game. Sehingga kamu dapat lebih fokus pada hal-hal yang jauh lebih penting dan mengurangi screen time tanpa sadar.

3. Cari aktivitas lain

Kamu dapat mencoba untuk mencari aktivitas lain agar tidak terus-menerus terpaku pada gadget. Dengan melibatkan diri dalam kegiatan fisik, kamu dapat menjadi lebih produktif serta teralihkan dari gadget. Ada banyak contoh aktivitas fisik yang dapat kamu gunakan, seperti berolahraga atau bersosialisasi yang sebelumnya jarang dilakukan. Kamu juga dapat mencari hobi dan aktivitas baru yang dapat dilakukan ketika waktu luang.

4. Lakukan detoks gadget

Detoks gadget dapat kamu lakukan dengan cara menetapkan waktu tertentu untuk tidak menggunakan ponsel sama sekali dalam satu hari penuh. Hal ini dapat membantu kamu untuk menyegarkan pikiran dan lebih produktif dalam mengerjakan hal-hal lain. Saat pertama mencoba detoks gadget memang akan terasa berat, namun jika terbiasa kamu akan merasa bahwa memiliki kehidupan yang tidak terpaku pada gadget merupakan suatu hal yang menyegarkan.

Itu dia tanda-tanda serta cara mengatasi kecanduan gadget yang beresiko besar dialami di era digital ini. Pastikan untuk selalu aware terhadap perubahan diri sendiri yang bisa jadi merupakan gejala awal terjadinya kecanduan.

Baca berita dan artikel lainnya di: Google News

(ANNA)



Share :