Ini Jumlah Kuota yang Dihabiskan Orang Indonesia per Bulan

Fabian Pratama Kusumah . December 24, 2021

Foto: Pixabay

Teknologi.id – Perusahaan riset jaringan seluler, OpenSignal kembali mengungkap penggunaan kuota internet seluler oleh masyarakat global, termasuk Indonesia.

Laporan ini menganalisis lima operator seluler yang beroperasi di Indonesia. Hasilnya, pengguna Indosat Ooredoo rata-rata paling banyak mengkonsumsi kuota internet dengan 17,7 GB per bulan.

Di peringkat kedua ada 3 (Tri) dengan jumlah 16,5 GB per bulan. Selanjutnya ketiga ada Telkomsel dengan rata-rata 16,4 GB per bulan.

Posisi keempat dan kelima ditempati XL Axiata dan Smartfren dengan masing-masing penggunaan kuota internet 15,4 dan 14,6 GB per bulan.

OpenSignal juga merilis kategori pengguna yang mengkonsumsi kuota internet paling besar per hari.

Dalam laporannya, OpenSignal membaginya ke dalam tiga kategori seperti 0-50 MB per hari, 50-500 MB per hari, dan lebih dari 500 MB per hari.

Hasilnya, Indosat menjadi operator seluler tertinggi yang memiliki 39 persen pengguna dengan konsumsi kuota internet di atas 500 MB per hari.

Di bawah Indosat ada Smartfren (38,5 persen), 3 (35,7 persen), XL (34,4 persen) dan Telkomsel (34,3 persen).

Baca juga: Google Beri 10.000 Kuota Pelatihan IT Gratis, Ini Cara Daftarnya

Berikut daftar pengguna operator seluler yang paling banyak memakai kuota internet per bulan:

  1. Indosat = rata-rata 17,7 GB per bulan
  2. 3 = rata-rata 16,5 GB per bulan
  3. Telkomsel = rata-rata 16,4 GB per bulan
  4. XL Axiata = rata-rata 15,4 GB per bulan
  5. Smartfren = rata-rata 14,6 GB per bulan

Selain itu OpenSignal juga mengungkap bahwa orang-orang Indonesia mudah pindah ke layanan milik operator seluler lain. Alasannya, pasar seluler Indonesia saat ini didominasi oleh pengguna prabayar.

Analisis Opensignal tentang Churn rate atau tingkat persentase pelanggan yang beralih ke operator lain di Indonesia menunjukkan bahwa pengalaman seluler penting bagi pelanggan.

(fpk)

Share :